ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Desa Wisata Pela Tampil Kekinian melalui Sarana Website

August 30, 2021 by  
Filed under Wisata

Share this news

Vivaborneo.com, Kukar — Desa Wisata Pela di Kecamatan Kota Bangun, Kabupaten Kutai Kartanegara, kini tampil kekinian dengan hadirnya sebuah laman (website) untuk mempromosikan potensi dan keunggulan desa tersebut.

Terbangunnya sebuah laman beralamat di www.desawisatapela.com berkat bantuan dari Politeknik Negeri Samarinda (POLNES), khususnya Jurusan Pariwisata.

Dosen Jurusan Pariwisata, M. Fauzan Noor, SE.Par.,M.Par mengatakan Desa Wisata Pela merupakan obyek program Pengabdian Desa Binaan (PDB) POLNES sejak beberapa tahun sebelumnya.

“Kami di POLNES telah memprogramkan beberapa kegiatan seperti  pemanduan wisata, penyiapan paket wisata, pengelolaan dan dekorasi homestay hingga kegiatan hari ini, pembuatan website dan dan pelatihan operator konten,” ujarnya saat pembukaan acara pelatihan content operator di Desa Wisata Pela, pada Minggu (29/8/2021).

Ditambahkannya, POLNES juga mengajak beberapa mahasiswa TI yang turut serta membangun website. Seperti Safruddin, yang turut menjadi asisten instruktur kegiatan ini agar dapat belajar dan membagikan ilmunya kepada peserta lainnya.

Menurut Fauzan, kegiatan ini juga bertepatan dengan kegiatan POLNES lainnya yang difokuskan di Desa Jembayan Tengah, Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kukar. Namun di Desa Tanjung Tengah masih dalam tahap persiapan untuk dijadikan sebuah desa wisata baru.

Sementara seorang dosen Teknologi Informasi (TI) POLNES, Tien Rahayu Tulili, S.T., M. Tech. menjelaskan jika kedatangan mereka di Desa Wisata Pela ini merupakan kegiatan lanjutan khusus pelatihan bagi operator dan pengelola website.

“Pembuatan website telah kita laksanakan beberapa waktu lalu. Kini kita berikan lagi pelatihan pengisian dan pengelolaan kontennya. Baik pengisian gambar, teks, cara editing dan sedikit kode program. Sehingga, nantinya website ini  dapat dikelola oleh perangkat desa dan pengurus Pokdarwis,” ujar  Tien.

Pelatihan pembuatan website dan bagaimana menjadi operator pengelola ini  diajarkan melalui pelatihan yang bertema “Peningkatan Kapasitas SDM Masyarakat Desa wisata Pela melalui Pendampingan dan Pembinaan menuju Desa Wisata Maju”.

Ditambahkan Tien, dari kegiatan ini  peserta mengikuti dengan  sangat antusias. Diharapkan,  nantinya website ini mampu menjadi media promosi bagi Desa Wisata Pela. Tidak saja untuk sarana promosi keunggulan pariwisata yang dimiliki tetapi dapat juga mendukung sistem tata kelola pemerintahan desa, sosial budaya warga setempat dan mengangkat perekonomian desa.

“Diharapkan diantara peserta bisa menjadi sebagai administrator website yang mampu mengelola misalnya melakukan editing ataupun proses lainnya, seperti  mengisi konten berupa menambah gambar, menambah teks,  serta berita tentang event pariwisata yang terjadi di Desa Pela,” harapnya.

Ketua Pokdarwis Bekayuh, Beumbai dan Bebudaya (3 B), Alimin,  mengucapkan rasa terima kasih kepada akademisi POLNES dan Pemerintah Desa Pela yang memfasilitasi kerjasama ini.

Alimin berharap, anak-anak muda yang dipercaya mengelola website ini dapat dan mampu mengisi dan mengelola konten dengan baik. Diharapkan delapan orang pengelola website ini akan mampu mempromosikan potensi wisata Desa Pela dengan segala keunggulannya.

“Semua informasi tentang Desa Wisata Pela sudah dapat dilihat di  baik  berupa foto, video, maupun konten berita.  Kami berterima kasih kepada POLNES yang telah memberikan pembuatan dan pelatihan ini. Dengan begitu kami di Desa Pela sudah menggunakan teknologi informasi dalam penyebaran informasi tentang Desa Pela,” ujar Alimin.(VB/YA)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.