ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Stok Darah Plasma Konvalesen Minim, Pasien Menunggu Pendonor

August 3, 2021 by  
Filed under Kesehatan

Share this news

SAMARINDA – Meningkatnya permintaan darah plasma konvalesen akibat tingginya angka kasus Covid-19 menyebabkan kekosongan di Palang Merah Indonesia (PMI) Samarinda.

“Stok darah plasma konvalesen saat ini masih minim, terdapat 23 pasien harus menunggu antri pendonor dan terbanyak untuk golongan darah B,”ungkap Plt.Direktur Unit Donor Darah (UDD) PMI Samarinda Helda Fitriyani, saat dikonfirmasi melalui sambungan telepone. Senin (3/8/2021)

Helda mengatakan, persediaan darah plasma konvalesen sudah sepekan lebih mengalami kekosongan di PMI. Hal ini terjadi karena tinggi kasus Covid di kota Samarinda.

Dirinya menyebutkan terdapat kendala dalam memenuhi ketersedian seperti mendapatkan penyintas Covid yang memenuhi standar tidak lah mudah. Sementara alat dimiliki PMI sendiri sempat mengalami trouble dan juga ketersediaan kantong mengalami kendala dari pihak suplyer.

Dalam perekrutan dan pendataan penyintas Covid, pihaknya telah bekerja sama dengan Pemerintah Kota dan Rumah Ulin Arya dalam gerakan pahlawan plasma.

“Kami sendiri selama ini memberikan pelayanan plasma konvalesen tidak hanya wilayah Samarinda, tapi juga diluar Samarinda seperti Tenggarong, Balikpapan, Paser, Tarakan dan Nunukan,”ungkapnya

Untuk memenuhi stok plasma PMI juga melakukan rekrutmen kembali dari pendonor penyintas Covid baik yang lama maupun yang baru.

“Kepada masyarakat yang pernah terpapar covid-19 dan sudah dinyatakan sembuh atau negative, agar bisa mendonorkan darahnya, karena darah plasma konvalesen sata ini sangat dibutuhkan,” tutupnya. (*/smr)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.