Puslatbang KDOD Samarinda Gelar Pelatihan Kepemimpinan Nasional 2021

July 22, 2021 by  
Filed under Politik dan Pemerintahan

Vivaborneo.com, , Samarinda — Kepala Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI) , Adi Suryanto menegaskan di tengah situasi pandemi Covid-19 yang terus meningkat dan meluas, maka dipersilahkan untuk melakukan pembelajaran secara virtual, sebagai ganti pembelajaran classical.

Kepala LAN RI, adi Suryanto

“Dalam situasi pandemi Covid-19 saat ini, kita tidak boleh terlalu takut namun juga tidak boleh abai. Kita tetap beraktivitas, tetap produktif dengan menerapkan protokol kesehatan.

Sehingga, dalam Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan XXI Tahun 2021, tolong dipantau kesehatan dari setiap peserta agar tetap selalu sehat,” pesan Adi Suryanto, saat membuka acara pada Kamis (22/7/2021).

Adi berpesan, agar panitia memberikan toleransi kepada peserta yang memiliki masalah kesehatan. Menurutnya, pembelajaran virtual bukan berarti memindahkan pembelajaran classical  tanpa mengingat waktu dan kemampuan peserta.

Menghadapi situasi yang tidak menentu saat ini, diharapkan dapat menjadi peluang dan tantangan untuk berinovasi dan berkreasi. Pandemi dan segala keterbatasan, tidak menghalangi produktivitas ataupun prestasi setiap peserta.

“Peran kepemimpinan ini menjadi sangat luar biasa. Sehingga, Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan XXI Tahun 2021 diharapkan  menghasilkan pemimpin yang berkarakter dan berkualitas serta berani memberikan contoh yang terdepan,” ujarnya.

Dengan adanya keterbatasan ini, tegas Adi, hendaknya seluruh peserta dapat belajar baik belajar menghadapi krisis hingga belajar mengantisipasi perubahan yang tidak pasti. 

“Sehingga kuncinya adalah learning. Kuncinya adalah belajar. Kita harus terbuka, belajar dari situasi saat ini. Dalam konteks Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan XXI Tahun 2021 ini, kita ingin memperkuat karakter kepemimpinan dalam birokrasi yang butuh kerja keras dan ketekunan,” ujar Adi.

Kepala Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Kajian Desentralisasi dan Otonomi Daerah Lembaga Administrasi Negara (Puslatbang KDOD LAN) Samarinda, Mariman Darto.

Sementara itu, Kepala  Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Kajian Desentralisasi dan Otonomi Daerah Lembaga Administrasi Negara (Puslatbang KDOD LAN) Samarinda, Mariman Darto menjelaskan, Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan XXI Tahun 2021 terpaksa dilakukan secara virtual karena meningkatnya kasus pandemi Covid-19 hingga PPKM (Pengaturan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) pada level – III dan  IV saat ini.

“Sehingga Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan XXI Tahun 2021 yang seyogyanya kita laksanakan secara classical harus digelar secara virtual dengan tetap menjaga kualitas sistem pembelajaran,” ujarnya.

Ditambahkan Mariman, Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan XXI Tahun 2021 diikuti oleh 56 peserta yang terdiri dari kementerian dan lembaga empat peserta, pemerintah provinsi empat peserta, pemerintah kabupaten dan kota sebanyak 48 orang.

Adapun materi yang akan diterima peserta yaitu embat agenda pembelajaran yaitu Agenda Mengelola Diri, Agenda Kepemimpinan Strategis, Agenda manajemen Strategis dan Agenda Aktualisasi Kepemimpinan.(VB/YA)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.