Masjid Agung Baiturrahim Barong Tongkok Potong Sepuluh Sapi Qurban

July 22, 2021 by  
Filed under Religi, Sosial & Budaya

SENDAWAR – Hari kedua Idul Adha 1442 H, panitia qurban Masjid Agung Baiturrahim Barong Tongkok, Kutai Barat (Kubar), memotong sepuluh sapi dan satu kambing. Hewan kurban tersebut berasal dari masyarakat sebanyak 8 sapi dan 1 kambing, Pemkab dan PT Barinto Ekatama (BEK) masing-masing 1 sapi.

Ktua panitia qurban yang juga sekretaris pengurus Masjid Agung Baitrrahim Fachrujiansyah Bahsan mengatakan, penyembelihan hewan qurban disepakati hari kedua Idul adha, karena menurutnya hari pertama idul adha khusus kumpul bersama keluarga dirumah.

“Kami dari panitia sudah sepakat untuk penyembelihan hewan qurban pada hari kedua idul adha,”ujar Oji, panggilan akrabnya didampingi Kabag Keuangan Pengurus masjid Baiturrahim Anis Rivaldi, Rabu (21/7/2021).

Oji menuturkan, penyembelihan sapi qurban ini dilaksanakan rabu pagi pukul 10.00 wita, dan selesai sekitar pukul 15.00 wita. Pukul 16.00 wita daging qurban dibagikan kepada masyarakat muslim Barong Tongkok dan sekitarnya.

“Panitia membagikan kupon kepada masyarakat sebanyak 1.080 kupon untuk pengambilan daging qurban,”ungkapnya.

Diakui Oji, jumlah hewan qurban tahun ini memang agak menurun di banding tahun 2020. Saat ini hanya 10 sapi dan satu kambing. Sedangkan tahun kemarin sebanyak 14 sapi dan pembagian dagingnya lebih banyak tahun kemarin dibanding tahun ini.

“Setelah kita timbang dan dibagi semua daging hanya mendapatkan 9 ons perkantong karena dibagi 1.080 kantong,”jelasnya.

Ia membeberkan, sebelum panitia membagikan hewan qurban, panitia sudah membuat aturan kepada masyarakat agar tetap menerapkan prokes. Mereka harus antri dan jaga jarak, apabila mereka tidak menjaga jarak tidak akan dibagikan hewan qurbannya, harus memakai masker, dan cuci tangan.

“Kami cek dulu suhu tubuh masyarakat yang mau ambil, apabila suhu tubuh diatas 37 derajat kami suruh pulang,”ungkapnya.

Pengetatan pembaguan hewan qurban ini dilakukan karena pandemi covid 19 ini sangat signifikan.

Dijelaskan Oji, panitia yang dilibatkan untuk memotong dan membersihkan hewan qurban sudah diperiksa semua sebelum membersihkan hewan qurban. Semua yang ada di lingkungan masjid yang ikut membersihkan disini sudah steril semua.

Atas nama panitia qurban dan pengurus masjid Agung Baiturrahim Oji menyampaikan ucappan terimakasih kepada Koramil dan Polsek Barong Tongkok yang ikut mengamankan mulai dari penyembelihan hingga pembagian hewan qurban.

“Terima kasih kepada masyarakat yang sudah berqurban, dan alhamdulillah hewan qurban yang disumbangkan ke masjid Agung Baiturrahim sudah terbagi secara merata kepada masyarakat muslim Barong Tonkok dan sekitarnya,” kata Oji. (arf)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.