DPMPD – Dispora Bangun Sinergi Minat Olahraga Sepak Bola Masyarakat Desa

July 2, 2021 by  
Filed under Sepakbola

SAMARINDA — Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim dan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim membangun sinergi berkolaborasi mewujudkan upaya meningkatkan minat Olahraga Sepakbola bagi masyarakat desa. Tindaklanjutnya berupa pendataan klub sepak bola dan sekolah sepak bola yang ada di 841 desa se Kaltim.

“Dispora minta fasilitasi pendataan klub sepak bola atau sekolah sepak bola yang ada di desa-desa wilayah Kabupaten se Kaltim. Ini untuk mewujudkan minat masyarakat perdesaan terhadap olahraga sepak bola, ” ujar Kepala DPMPD Kaltim M Syirajudin didampingi Kabid Pembangunan Desa dan Kawasan Perdesaan Sri Wartini, Jumat (2/7).

Sejalan dengan itu, DPMPD Kaltim telah bersurat ke DPMD kabupaten se Kaltim perihal permintaan data klub sepak bola dan sekolah sepak bola yang ada di desa. Data dukung dimaksud diharapkan secepatnya dikirim kabupaten. Dan paling lambat pada 7 Juli 2021.

Iyad sapaan akrab M Syirajudin mengaku bersyukur atas komitmen Dispora Kaltim dalam upaya pembinaan olahraga menyasar hingga ke desa. Terlebih sebelumnya sudah diagendakan penyerahan bantuan 1.000 bola sepak bola bagi desa Kaltim. Penyerahan secara simbolis dilakukan Gubernur Kaltim Isran Noor kepada Kepala DPMPD Kaltim M Syirajudin untuk diserahkan ke desa.

Menurutnya Sepak Bola merupakan olahraga yang paling digemari masyarakat dan prestasinya paling bergengsi.

Penyerahan bola dan pendataan yang akan dilakukan bagi desa menjadi wujud keseriusan pemerintah dalam pembinaan prestasi olahraga melalui pembibitan atlet hingga ke desa.

Sejalan dengan itu, desa memiliki kegiatan rutin tahunan Liga Desa Nusantara yang diselenggarakan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi dalam menyukseskan bidang olahraga. Khususnya dalam mencari bibit berbakat sepak bola dari berbagai desa di tiap wilayah nusantara.

“Ini tentu sejalan. Targetnya sama-sama ingin agar bibit-bibit atlet bermunculan dari desa, ” katanya.(AM)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.