Sopir di Kota Balikpapan Dapatkan Pelatihan Service Excellence

July 1, 2021 by  
Filed under Wisata

Vivaborneo.com, Balikpapan – Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur, bekerjasama dengan Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI), Dinas Perhubungan Kota Balikpapan. Kegiatanyang digelar yaitu Service Excellence Bagi Sopir Angkutan Wisata Kalimantan Timur pada Selasa, 29 Juni 2021 bertempat di Hotel Mega Lestari.

Kegiatan yang pertama kali dilaksanakan ini bertujuan untuk memberi pemahaman lebih kepada para sopir angkutan, agar mengetahui obyek-obyek wisata di Kaltim yang dapat kenalkan kepada para penumpang. Selain itu, para sopir juga dibekali dengan cara berkendara yang aman (Safety Driving) oleh Satlantas Kota Balikpapan.

Kepala Dinas Pariwisata Kaltim, Sri Wahyuni yang diwakili oleh Kepala Bidang Pengendalian Usaha Jasa & Sarana Pariwisata (PUJSP), Asrani Rasidi, mengatakan output dari kegiatan ini ke depannya para sopir dapat menambah kenyamanan penumpang dalam berwisata.

“Kami berharap setiap sopir akan mampu melayani para wisatawan. Tentunya juga akan menambah kenyamanan penumpang dalam informasi berwisata. Kita berharap penumpang akan merasa puas saat mereka berkunjung ke Kaltim sehingga dapat berkunjung kembali,” tutur Asrani.

Kegiatan ini menghadirkan 31 peserta yang terdiri dari sopir biro perjalanan, sopir taksi bandara dan sopir bus Balikpapan City Tour. Menghadirkan empat narasumber yang kompeten dibidangnya, yaitu Kasatlantas Kota Balikpapan, Kepala Dinas Perhubungan Kota Balikpapan, Praktisi HPI dan Kepala Dinas Pariwisata Kaltim yang dalam hal ini diwakilkan oleh Asrani Rasyidi selaku Kepala Bidang PUJSP.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kota Balikpapan, Doortje Marpaung yang membuka acara mewakili Kepala Dinas Pariwisata Katim dalam sambutannya menuturkan sangat mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan ini.

“Sebuah kehormatan bagi kami, Balikpapan menjadi kota pertama diselenggarakannya kegiatan ini. Dan teman-teman kita semua disini, saya berharap sopir-sopir di Kota Balikpapan khususnya dan Kaltim pada umumnya, dapat melayani para wisatawan dengan menawarkan “service extra”, tidak hanya menyetir saja tetapi juga dapat menjelaskan kepada tamunya tentang wisata di Kaltim ini,” tutur Doortje.

Selain itu, Doortje berharap kepada para sopir yang mengikuti kegiatan ini selain menambah ilmu dan pengetahuan juga pastinya menambah jejaring baru. “Kalau tamu nyaman pasti mereka akan berkesan dan akan mencari kita lagi,” ujar Doortje.(Vb/Yul)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.