Pokdarwis Swarga Bara Terima Bantuan Tenda dari Dispar Kaltim

June 26, 2021 by  
Filed under Politik dan Pemerintahan, Wisata

Vivaborneo.com, Kutai Timur — Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Swarga Bara menerima bantuan tenda expo dari Dinas Pariwisata (Dispar)  Provinsi Kaltim yang diberikan secara simbolis oleh Gubernur Kaltim Isran Noor, M.Si kepada Ketua Pokdarwis Swarga Bara, Kamis (24/8/2021).

Bantuan tenda yang diserahkan gubernur kepada Pokdarwis ini sebanyak tujuh unit. Penyerahan bantuan ini dilaksankan dalam rangkaian kunjungan kerja gubernur ke wilayah Utara Kaltim, bersama rombongan dinas terkait di Setdaprov Kaltim.

“Saya berharap dengan Pemberian dukungan berupa tenda kepada Pokdarwis Swarga Bara semakin memacu kinerja dan memotivasi serta selalu berinovasi dalam mengembangan dan memberdayaan para anggota Kelompok Sadar Wisata,” ujar Isran Noor.

Sementara, Kepala Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Restiawan Baihaqi, S.T mewakili Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kaltim, Sri wahyuni menjelaskan ada beberapa alasan yang menjadi kriteria penerima bantuan  tenda kepada Pokdarwis ini.

“Salah satu kriteria  penerima sarana prasarana produktif ini adalah Pokdarwis tersebut memiliki prestasi baik daerah maupun nasional. Kali ini Pokdarwis Swara Bara merupakan salah satu penerima bantuan ini karena Pokdarwis Swara Bara merupakan Juara I Lomba Pokdarwis Tingkat Provinsi Kaltim pada tahun 2014 dan Juara Harapan III Tingkat Nasional pada tahun 2015,”  jelas Baihaqi.

Selain itu, Baihaqi menambahkan bahwa di Desa Swarga Bara terdapat salah satu destinasi unggulan wisata yang menjadi primadona para wisatawan mancanegara yaitu Prevab Mentoko.

Prevab Mentoko merupakan kawasan konservasi orangutan Kalimantan dan beberapa flora dan fauna endemik Kalimantan di bawah naungan Taman Nasional Kutai.

“Pokdarwis ini juga menghasilkan beberapa produk unggulan ekonomi kreatif salah satunya Batik Wakaroros yang merupakan kerjasama antara warga Swarga Bara dengan Pokdarwis Swarga Bara semakin menambah poin mengapa bantuan tenda ini diberikan kepada Pokdarwis Swarga Bara,” ucap Baihaqi.(Vb/Ya/Foto: Istimewa)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.