Paripurna LKPj, DPRD Samarinda Sampaikan Rekomendasi Wali Kota

May 1, 2021 by  
Filed under Samarinda

SAMARINDA – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Samarinda menggelar rapat paripurna dengan agenda penyampaian rekomendasi terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Wali Kota Tahun Anggaran 2020 masa persidangan I/2021. Rapat tersebut diselenggarakan di ruang rapat utama, Lantai III, Gedung DPRD Samarinda, Jalan Basuki Rahmat pada Jum’at (30/4/2021).

Rapat paripurna LKPj turut dihadiri oleh Andi Harun selaku Wali Kota Samarinda didampingi oleh Sekda Samarinda Sugeng Chairuddin beserta tamu undangan lainnya. Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Samarinda, Sugiyono dan didampingi oleh para Wakil Ketua yakni Helmy Abdullah, Subandi dan Rusdi.

Ketua Pansus LKPj, Eko Elyasmoko menyampaikan, ada tiga hasil rekomendasi yang perlu ditindaklanjuti oleh Wali Kota Samarinda yaitu DPRD menilai bahwa pemerintah kota (Pemkot) belum serius menangani masalah banjir di Kota Tepian yang merupakan masalah klasik di tengah masyarakat. Kedua, penerangan jalan umum masih belum maksimal ditangani oleh Pemkot, terutama di perbatasan antar kabupaten/kota. Ketiga, DPRD Samarinda meminta Pemkot terus melakukan inovasi untuk meningkatkan pendapatan asli daerah sehingga Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) terus meningkat.

“Mudah-mudahan tiga poin hasil rekomendasi yang strategis yang telah dirangkum oleh Pansus LKPj ini dapat dijalankan oleh Pemkot sebaik-baiknya,” ungkap Eko Elyasmoko.

Sementara itu, dalam sambutannya Andi Harun menyampaikan, tiga rekomendasi yang telah disampaikan oleh tim Pansus tersebut nantinya akan dijawab. Namun, saat ini Pemkot tengah melakukan penyisiran di tiga kawasan yang sering banjir, yaitu Simpang Empat Lembuswana, Simpang Empat Sempaja dan di Jalan DI Panjaitan.

“Masyarakat Samarinda mohon bersabar karena di dalam kegiatan pengendalian banjir memang membutuhkan anggaran yang cukup besar. Berbeda jika penanganan sampah, meskipun dana terbatas tetap kami kerjakan, apalagi dibantu dengan sinergitas oleh masyarakat. Insyaa Allah Samarinda bakal bersih,” ungkapnya.

Selain itu, berdasarkan rekomendasi LKPj, penerangan jalan umum akan digarap menggunakan APBD perubahan 2021.

Dia juga mengucapkan apresiasinya kepada seluruh Pansus LKPj atas rekomendasi yang dilayangkan kepada Pemkot Samarinda melalui rapat paripurna tersebut.

“Terima kasih banyak teman-teman DPRD, khususnya pansus LKPj telah memberikan masukan dan saran kepada kami,” tutup mantan Wakil Ketua DPRD Kaltim ini.(adv/man)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.