ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Kunjungi Bumdes Payang Sejahtera, Mendes PDTT Tunjukkan Komitmen

May 1, 2021 by  
Filed under Kalimantan Timur

Share this news

KUKAR — Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar melakukan kunjungan kerja ke BUMDes Payang Sejahtera, Desa Sungai Payang, Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara, Sabtu (1/5/2021).

Abdul Halim menegaskan kunjungannya ke Kaltim merupakan komitmennya terhadap urusan pembinaan BUMDes. Menurutnya BUMDes dalam kondisi sekarang sudah setara dengan BUMN dan BUMD karena sudah berbadan hukum. Yang membedakan hanya levelnya. BUMN level nasional, BUMD daerah, dan BUMDes pada level desa.

Dia mengaku yakin seperti BUMDes Payang Sejahtera bisa tergolong BUMDes maju seperti sekarang tidak luput dukungan daerah.

Karenanya dia mengajak provinsi dan kabupaten juga ikut memberikan perhatian terhadap pengembangan BUMDes di wilayah masing-masing.

“Saya melihat Desa Sungai Payang dengan BUMDes Payang Sejahtera menjadi masa depan cerah. Semoga desa-desa lain juga dapat mengikuti, ” katanya.

Disisi lain, dia mengaku setelah kembali ke Jakarta akan langsung bertemu Menteri ESDM membicarakan kemungkinan agar usaha sektor migas dan pertambangan ikut memberi dukungan pengembangan BUMDes di wilayah operasionalnya. Mengingat banyak perusahaan migas dan batubara yang lokasinya di desa-desa.

Abdul Halim yakin, Desa Sungai Payang yang dikelilingi perusahaan tambang dengan dukungan perusahaan status desa tidak hanya maju, tapi bisa menjadi mandiri.

Sementara Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah menyebutkan kedatangan Gus Menteri bagian mendorong desa berbuat terbaik dalam penyelenggaraan pemerintahan desa, khususnya pengelolaan BUMDes.

“Dengan pengelolaan BUMDes meningkat diharap memberi manfaat bagi masyarakat desa. Meningkatkan harkat martabat masyarakat desa, ” katanya.

Dia mengaku bangga dengan Desa Sungai Payang yang berhasil mengelola BUMDes, sehingga menjadikan status desanya dari sangat tertinggal menjadi maju. Di Kutai Kartanegara kata dia terdapat 188 BUMDes, 31 pemula, 70 berkembang, dan 29 maju.
“BUMDes Payang Sejahtera termasuk yang maju. Dan lomba tingkat nasional menjadi terbaik II” katanya.

BUMDes Payang Sejahtera mengembangkan beberapa unit usaha, yakni jasa angkutan TBS, jasa angkutan CPO, pengelolaan BRILink, jasa perantara BBM, jasa angkutan batu palu, catering karyawan , suplai air minum karyawan, KPS SPAM, peternakan sapi, jasa bus angkutan karyawan, jasa laundry dan housekeeping di mess karyawan.(AM)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.