BI Kaltim Janjikan Virtual Expo 2021 Dilaksanakan Selama Setahun

April 15, 2021 by  
Filed under Ekonomi & Bisnis

Vivaborneo.com, Samarinda — Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Timur, Tutuk SH Cahyono mengatakan masyarakat Kaltim sangat siap menerima perubahan di era digital. Hal ini dibuktikan perkembangan QRIS di Kaltim paling cepat penetrasinya di Kalimantan dan berada di atas rata-rata perkembangan nasional.

“Demikian pula, secara kesiapan infrastruktur digital juga masuk dalam kategori provinsi yang paling baik diantara banyak provinsi lainnya di Indonesia jika menggunakan ukuran indeks ICT (Iinformation, Communication and Technology),” jelas Ttutuk dalam sambutannya pada Peluncuran dan Pembukaan QRIS Expo di Samarinda, Rabu (14/4/2021).

Rangkaian kegiatan tersebut diawali dengan peluncuran “Virtual Banking dan QRIS Expo 2021” pada tanggal 14 April 2021 yang dihadiri oleh Gubernur Provinsi Kalimantan Timur, H.Isran Noor, Kepala Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Kalimantan Timur, Made Yoga Sudharma. Selain itu, hadir pula Perwakilan dari Badan Pendapatan Daerah, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi (Disperindagkop) dan UMKM Provinsi Kalimantan Timur, serta Pimpinan Perbankan dan Penyelenggara QRIS se-Kalimantan Timur.

Dengan tema “BI FITRAH” atau Bulan Inspirasi Festival QRIS dan Cinta diharapkan rangkaian edukasi selama bulan Ramadhan 2021 ini dapat meningkatkan pemahaman dan kesadaran terhadap digitalisasi keuangan masyarakat dan pemerintah.

Kegiatan ini juga merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Festival Ekonomi dan Keuangan Digital (FEKDI) yang telah dilaksanakan pada 5-8 April 2021.

Untuk mendapatkan pelayanan perbankan digital dan melakukan pendaftaran QRIS, masyarakat dapat menggunakan Platform Virtual Banking dan QRIS Expo 2021 yang telah disediakan oleh 29 Bank dan 23 Penyelenggara QRIS.

Digital Platform tersebut juga menjadi one stop shopping produk perbankan dan pembayaran digital yang dapat diakses secara non-stop oleh masyarakat umum selama 24 jam sehari dalam 7 hari seminggu hingga Maret 2022.
Virtual Banking dan QRIS Expo 2021 tersebut merupakan bentuk kolaborasi antara Bank Indonesia bersama dengan Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) dan Penyelenggara QRIS Kalimantan Timur.

Sebagai rangkaian program dan guna meningkatkan experience penggunaan non-tunai di Kalimantan Timur juga akan dilaksanakan berbagai kegiatan selama bulan Ramadhan seperti QRIS Komunitas Award untuk menjaring komunitas menjadi merchant QRIS, Bazar QRIS Drive Thru berupa pengalaman berbelanja menggunakan QRIS secara online melalui minishop.id, serta QRIS Transaction Awards di lingkungan Pemda dan Pasar Citraniaga.

“Virtual Expo lalu kita telah laksanakan selama satu bulan. Namun kali ini kita laksanakan selama satu tahun penuh. Jika (tanggapan masyarakat) bagus, kita akan kembali melanjutkan,” ujar Tutuk.(*)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.