Sigap Sejahtera Beri Kontribusi Perbaikan IDM

March 15, 2021 by  
Filed under Berau

Tanjung Redeb – Bupati Berau, Hj Sri Juniarsih Natsir memberikan apresiasinya kepada para pihak yang telah berperan dalam menyukseskan program Sigap Sejahtera. Program ini dinilai telah memberikan kontribusi besar bagi terciptanya perbaikan Indeks Desa Membangun (IDM) di Kabupaten Berau.

“Pembangunan kampung di Kabupaten Berau mengalami kemajuan yang pesat, maju, mandiri dan ini dapt dibuktikan tidak adanya lagi kampung yang sangat tertinggal. Angka indeks desa membangun pun terus mengalami kenaikan, sehingga Berau mendapatkan penghargaan dari berbagai pihak,” ungkapnya saat melaunching Sigap Sejahtera 2021 Kabupaten Berau di Ruang Rapat Kakaban Sekretariat Peemkab Berau, Senin (15/4) tadi pagi,

Program Sigap Sejahtera ini merupakan program yang melibatkan pemerintah Kabupaten Berau, Yayasan Konservasi Nusantara, Universitas Gadjah Mada, dan perusahaan batubara PT Berau Coal. Berdasarkan data yang dirilis dari program Sigap Sejahtera ini, perubahan IDM terlihat pada desa berstatus sangat tertinggal, tertinggal, dan menjadi berkembang.

“Sehingga pendidikan, ekonomi kampung menjadi baik, remaja kampung terfasilitasi kiprahnya dan kredibilitasnya. Begitu dengan sumber daya alamnya dapat dikelola dengan baik, serta disektor lainnya pun semakin baik,” tuturnya.

Oleh sebab itu pejuang Sigap Sejahtera diharapkan agar supaya lebih ditingkatkan lagi kapasitas terhadap para pejuang Sigap Sejahtera ini.

“Tentunya harus terus di support bagaimana melatih mereka agar bisa terkoneksi antara kebutuhan dan keinginan pemerintah daerah, dengan tugas mereka sebagai pendamping desa,” imbuhnya.

Dikatakan, sejak beberapa tahun tahun masa kerja Pejuang Sigap Sejahtera, telah terlihat hasil yang menggembirakan. Selain kenaikan pada indikator Indeks Desa Membangun (IDM) pada seluruh kampung di Kabupaten Berau, ia juga melihat sudah terbangunnya pengetahuan tentang metode dan sistematika penyusunan RPJM Kampung serta badan usaha kampung.

“Adanya pejuang Sigap ini sangat membantu juga pemerintahan desa, dalam pengisian data dasar keluarga dan pembuatan profil kampung secara online,”ujarnya. (roz)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.