ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Samarinda Tambah TPID Award

October 23, 2020 by  
Filed under Berita

Share this news

 

JAKARTA – Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang diakhir masa jabatan kembali menambah koleksi penghargaan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) untuk yang ke empat kalinya.

Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang (kanan) menerima penghargaan yang diserahkan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto

“Alhamdulillah kembali saya yang juga ketua TPID Kota Samarinda berhasil menerima penghargaan TPID. Ini adalah yang ke empat kali khusus TPID,” kata Jaang seusai menerima penghargaan yang diserahkan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto ruang Graha Sawala Kemenko Perekonomian Jakarta, Kamis(22/10/2020).

Perlu diketahui empat kali penghargaan TPID yang diraih Samarinda yakni TPID Berprestasi tahun 2015 diserahkan Presiden RI Joko Widodo, kemudian TPID Terbaik Nasional tahun 2017 diserahkan tahun 2018 oleh Presiden RI, TPID 2018 yang diserahkan Wapres RI di tahun 2019 dan tahun ini TPID Kota Berkinerja Terbaik Wilayah Kalimantan tahun 2019 diserahkan Menko Perekonomian mewakili Presiden RI yang membuka kegiatan secara virtual.

Jaang mengatakan keberhasilan ini tidak terlepas dari kekompakan TPID kota Samarinda, juga dukungan Pemerintah Propinsi Kaltim yang mana Samarinda sebagai ibukota propinsi.

Menurut Jaang dari tahun ke tahun berbagai persoalan yang berbeda mengancam inflasi di kota Samarinda, namun berkat kekompakan dan sigap menyikapi persoalan sehingga inflasi terkendali.

“Tahun ini secara global kita dihadapkan dengan masalah pandemi Covid-19 yang tentunya jika tidak diambil langkah cepat dan sigap oleh TPID kota Samarinda maka akan semakin menambah persoalan,” tegas Jaang.

Intinya lanjut Jaang bagaimana mereka selalu bekerja ekstra menjaga kecukupan pasokan agar terhindar dari kelangkaan sembako, keterjangkauan harga, kelancaran distribusi dan komunikasi efektif.

“Kelancaran distribusi ini pun cukup vital dampaknya, terutama dari jalur bongkar muat di pelabuhan. Ini harus dijaga. Melalui TPID kita berkoordinasi mengatasi permasalahan dan rutin melakukan pertemuan koordinasi,” bebernya.

Oleh karena itu Jaang menyampaikan terima kasih kepada TPID kota Samarinda, baik Bank Indonesia (BI) Perwakilan Kaltim, Bulog, BPS, Distributor maupun lembaga dan OPD terkait serta para stakeholder juga masyarakat.

Terkait penyerahan penghargaan ini adalah rangkaian acara Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi Tahun 2020 dengan tema Transformasi Digital UMKM Pangan, Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Stabilitas Harga Menuju Indonesia Maju.

Rakor yang dibuka Presiden RI Joko Widodo secara virtual ini diikuti 635 peserta secara virtual dan peserta terbatas di gedung Graha Sawala Kemenko.

Selain Kota Samarinda, 2 kota dan 2 kabupaten lainnya yaitu Gorontalo, Jayapura, Banyuwangi dan Bungo juga mendapat penghargaan ini. Gubernur Kalimantan Timur pun juga mendapat penghargaan bersama Walikota Samarinda.(kmf/adv)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.