Sigit Wibowo : Pembangunan Kaltim tahun 2021 Melambat

May 4, 2021 by  
Filed under DPRD Kaltim

SAMARINDA – Rapat Paripurna ke-11 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Timur (Kaltim) yang di lakukan tertutup di Komplek DPRD Kaltim, gedung D lantai 6 tersebut mengagendakan pembacahaan hasil kunjungan Panitia Khusus (pansus) Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Gubernur Kaltim Tahun 2020. Senin (3/5/2021)

Sigit Wibowo

Wakil Ketua DPRD Kaltim Sigit Wibowo mengatakan, pembangunan di Kaltim pada tahun 2021 melambat. Sebab proyek pembangunan masih dalam tahap tender. Menurutnya, tender atau proses lelang tersebut terlalu lama.

“Tidak menutup kemungkinan anggaran Pemprov Kaltim tahun 2021 sebesar Rp11,61 triliun tidak terserap maksimal,” katanya.

Ia memprediksi, sisa lebih pembiayaan anggaran tahun berkenaan (Silpa) 2021 kembali bertambah jika dibandingkan tahun lalu yang tersisa sebesar Rp2,2 triliun.

“Jika lelang tender tertunda pasti berpengaruh, mestinya lelang dimulai paling lambat Maret. Kalau lambat sampai sekarang ini, apa yang mau dikerjakan. Membutuhkan waktu yang besar paling tidak tiga bulan,” ucap Sigit.

Sigit meminta pemerintah menggenjot masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) untuk bergerak cepat dalam penyerapan anggaran. Jika tidak terserap, maka pembangunan di Kaltim akan melambat. (adv/nin)

Sigit Wibowo : Pembangunan IKN Perlu Libatkan Perguruan Tinggi

April 29, 2021 by  
Filed under DPRD Kaltim

SAMARINDA – Wakil Ketua DPRD Kaltim, Sigit Wibowo memandang pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kalimantan Timur dapat melibatkan berbagai pihak. Salah satunya perguruan tinggi dalam hal pembangunan IKN.

Menurut politisi dari Fraksi PAN ini, pemerintah harus melibatkan kampus dalam pembangunan IKN. Karenanya ia akan mengkoordinasikan atau merekomendasikan keterlibatan kampus ke pemerintah dan daerah.

Sigit Wibowo

Dikatakan Sigit, DPRD Kaltim sangat intens dalam menyikapi persiapan Kaltim menghadapi pembangunan IKN. Beberapa waktu silam, pemerintah pusat melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) serta Kementerian Perencanaan dan Pembangunan Nasional/Bappenas sudah menyambangi dan meninjau lokasi pembangunan IKN. Peletakan batu pertama pun kabarnya akan segera dilakukan dalam waktu dekat.

“Perlu ada perencanaan yang matang dan pasti sehingga keterlibatan perguruan tinggi di Kaltim bisa membantu pembangunan IKN nanti. Pihaknya akan fokus mengawal perencanaan hingga tahapan demi mencetak SDM daerah yang unggul,” katanya.

Selain itu, Sigit juga berpendapat pembangunan SDM di Kaltim harus menjadi prioritas. Kurangnya kualitas masyarakat lokal dapat berpotensi menyebabkan kegagalan dalam hal bersaing antar warga lokal dan pendatang. (*/adv)

Ananda Emira Moeis : Penanganan Sungai Karang Mumus Perlu Perhatian Serius

April 28, 2021 by  
Filed under DPRD Kaltim

Ananda Emira Moeis

SAMARINDA – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim Ananda Emira Moeis mendorong penanganan Sungai Karang Mumus di Samarinda mendapat perhatian serius sehingga dapat mengurangi banjir yang kerap terjadi di kota ini.

Menurut Ananda, bantaran Sungai Karang Mumus (SKM) Samarinda bisa steril bangunan. Saat ini bangunan yang ada di tepi Sungai Karang Mumus mengganggu aliran air.

“Sungai Karang Mumus perlu mendapat perhatian. Kami kader PDI P di parlemen juga akan terus aktif, menjalankan dan menyerap aspirasi untuk mewujudkan komitmen politik hijau,” kata Ananda di Samarinda, Selasa (27/4/2021)

Ananda juga meminta penurapan sisi tepi sungai segera dilakukan. Karena bantaran Sungai merupakan kawasan hijau yang mestinya jadi ruang terbuka hijau bagi masyarakat.

Pemerintah Kota Samarinda sejak tahun lalu telah membongkar259 bangunan di bantaran Sungai Karang Mumus (SKM), segmen Pasar Segiri Samarinda RT 26. Kemudian pada Maret 2021, Tim Gabungan Satpol PP kembali membongkar bangunan Pasar Segiri, atau tepatnya di Gang Nibung. Pembongkaran ditujukan kepada rumah milik warga yang telah bersedia menerima uang santunan atau biaya ganti rugi. Saat itu, sebanyak 40 bangunan yang akan dibongkar.

Pemkot Samarinda rencananya akan segera melakukan penurapan di lokasi bangunan yang telah dibongkar ini. (*/Adv)

Komisi III Rekomendasikan Pidanakan PT ADB dan PT FBL

April 27, 2021 by  
Filed under DPRD Kaltim

SAMARINDA – Anggota Komisi III DPRD Kaltim, Syafruddin menyampaikan, Komisi III merekomendasikan PT Anugrah Dondang Bersaudara (ADB) dan PT Fajar Baru Lines (FBL), membayar ganti rugi serta dipidanakan setelah tongkang Batubara Prima Sakti 06 menabrak jembatan Dondang di Kecamatan Muara Jawa, Kutai Kartanegara (Kukar), pada pukul 23.30 Wita, Selasa (2/3/ 2021) lalu.

Hal itu dikatakan Syafruddin usai mengikuti rapat dengar pendapat (RDP) bersama OPD Pemprov Kaltim dengan pihak PT Anugrah Dondang Bersaudara dan PT Fajar Baru Lines, di ruang rapat Gedung E DPRD Kaltim, Senin (26/4/2021)

Syafruddin

Diungkapkan Syafruddin, salah satu hasil rapat adalah mengajukan ke jalur hukum dan bisa dipidanakan. Hal ini dilakukan karena jembatan merupakan objek vital. Apalagi jembatan ini sudah berulangkali ditabrak dan tidak menutup kemungkinan akan ambruk.

“Komisi III mendorong adanya pengusaha angkutan sungai yang menabrak jembatan ditindak keras dan tegas,” kata Syafruddin.

Politisi PKB ini menjelaskan, dana ganti rugi yang dialokasikan ini terbagi dalam dua kali penganggaran. Pertama Rp1 miliar, dan kedua Rp 3 miliar. Tambahan Rp3 miliar tersebut merupakan garansi biaya ganti rugi dan syarat melepas ponton untuk berlayar.

“Serta jaminan jika sewaktu-waktu ponton kembali menabrak, meki hal tersebut tidak kita harapkan,” kata Syafruddin.

Dikatakan Syafruddin, besaran ganti rugi ini juga dikritisi karena rapat membahas penetapan angka ganti rugi yang sepihak. Selain itu, model perbaikan terhadap kerusakan jembatan tidak melibatkan tim ahli independen yang berasal dari universitas.

Menurutnya, perlu ada tim ahli UWGM atau Unmul agar perbaikan kerusakan jembatan Dondang bisa tepat sasaran.

Dikatakan Syafruddin, menurut komisi III, perbaikan jembatan belum terlalu kuat dan kokoh untuk mengantisipasi terjadinya kejadian serupa pada jembatan Dondang. (*/adv)

Ely Hartati Rasyid : DPRD Siap Terima Laporan Mengenai THR

April 27, 2021 by  
Filed under DPRD Kaltim

SAMARINDA – Wakil Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Wakyat Daerah (DPRD) Kaltim Ely Hartati Rasyid mengatakan DPRD siap menerima laporan dan membantu penyelesaian masalah jika ada pihak-pihak yang ingin melaporkan hal-hal terkait THR.

Ely Hartati Rasyid

Hal ini Berkaca dari pengalaman di tahun lalu, saat memasuki hari raya Idul Fitri, banyak terjadi masalah antara pihak pengusaha dengan pekerja karena tunjangan hari raya (THR). Saat itu, pandemi COVID-19 mulai melanda secara global hingga menyebabkan banyak usaha yang tutup. Sehingga banyak pengusaha tak mampu membayar THR.

Dikatakan Elly, THR  telah memiliki aturan tetap yang diatur dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 6 Tahun 2016 tentang tunjangan hari raya keagamaan bagi buruh dan Pekerja. walaupun telah ada aturan jelas, namun pemberian THR oleh pengusaha pada pekerjanya di mana pandemi COVID-19 masih melanda, tentu bukan sesuatu yang mudah. Hal ini disebabkan, banyaknya pengusaha yang bangkrut akibat terdampak pandemi.

Menurut Anggota DPRD Kaltim Dapil Kukar ini, meski sudah ada aturan di Disnaker, Kondisi COVID sekarang, tentu ini juga berat. Daya beli menjadi turun. Sedangkan daya beli itu rantai konsumen. Keadaan ini membuat produksi pabrik turun, gaji turun serta produktivitas turun.

“Kita tunggu saja. Nanti ada beberapa yang tidak mampu membayar THR. Kalau sekarang belum ada. Intinya kita tunggu dulu lah. Kami juga belum ada komunikasi dengan Disnaker, apakah sudah ada perusahaan yang mengajukan ke Disnaker, terkait tidak ada yang bisa bayar THR. Karena memang situasinya sulit begini,” katanya. (*/adv)

Next Page »