Baznas Berau Antar Daging Kurban ke Rumah Penerima

July 22, 2021 by  
Filed under Berau

TANJUNG REDEB – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Berau menyelenggarakan penyembelihan hewan kurban dalam Program Kurban Bersama Baznas di 4 kecamatan dan 2 kampung di Kabupaten Berau, saat Idul Adha 1442 H.

Ketua Baznas Berau Busransyah mengatakan, lembaga yang dipimpinnya menyalurkan 1 ekor sapi dan 4 ekor kambing sebagai hewan kurban. Sebanyak 2 ekor kambing disalurkan ke Kampung Melati Jaya dan 2 ekor disalurkan ke Kampung Muallaf Bapinang.

Sementara 1 ekor sapi dipotong di UPTD Rumah Pemotongan Hewan (RPH) untuk dibagikan kepada mereka yang membutuhkan di kecamatan terdekat, yakni Tanjung Redeb, Teluk Bayur, Sambaliung dan Gunung Tabur.

Dalam proses kurban itu, setelah disembelih dan dikemas, daging kurban langsung didistribusikan dengan mendatangi rumah warga. Sebelumnya, telah dilakukan pendataan terhadap penerima daging kurban. Sehingga tidak ada lagi pembagian kupon kepada masyarakat. Cara ini juga dinilai efektif untuk mencegah berkumpulnya massa pada saat pembagian daging kurban.

Sebanyak 123 paket daging kurban didistribusikan langsung ke rumah penerima. Antusiasme dan kebahagiaan terpancar di wajah penerima.

Pelaksanaan qurban ini merupakan bentuk kepedulian Baznas Berau kepada masyarakat yang selama ini boleh jadi jarang merasakan dan menikmati lezatnya daging.

“Terima kasih kepada para muzakki yang sudah berkurban bersama Baznas,” pungkas Busransyah. (*)

Kampung Talisayan Berau Perketat Disiplin Prokes 5 M

June 30, 2021 by  
Filed under Berau

TALISAYAN-Penyebaran virus Covid-19 di Indonesia begitu cepat dan semakin mengkhawatirkan, untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 diperlukan sinergitas dan tindakan tegas dalam mendisplinkan masyarakat terhadap protokol kesehatan – Prokes 5 M (memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas).

Penegakkan disiplin Prokes 5 M di daerahpun digencarkan, di mana Pemerintah Kampung Talisayan, Kecamatan Talisayan, Kabupeten Berau Kaltim terus mengetatkan Prokes 5 M di lapangan. Minimal masyarakat tetap memakai masker ketika keluar rumah.

Pemerintah Kampung Talisayan bersama pihak Puskesmas berserta tim gugus tugas kecamatan serta kepolisian, dan koramil kembali turun ke lapangan, untuk melaksanakan penyemprotan, Selasa (29/6/21).

Sasaran penyemprota adalah lingkungan khususnya yang sering menjadi tempat kerumunan warga, seperti tempat ibadah, pasar, kawasan pelabuhan, gedung olahraga termasuk tempat layanan publik pemerintahan, SPBU.

“Selain inisiatif kampung Talisayan, hal ini dilakukan juga atas permintaan masyarakat untuk mengambil langkah penangan penyebaran wabah covid 19 ini,” ujar Kepala Kampung Talisayan, Rachmat Setiawan.

Dia pun menghimbau semua kalangan tetap menjaga diri, menahan diri untuk tidak melakukan perjalanan keluar daerah. Demikian juga yang datang dari luar daerah untuk tidak masuk Talisayan dulu, sebelum memastikan dirinya tidak terjangkit covid 19.

Disebutkan kepala kampung yang akrab disapa Wawan ini, dalam penyebarannya, korban virus ini tidak memandang siapapun korbannya.

“Kami ingatkan, bahwa wabah covid 19 belum usai. Tetap waspada. Jangan sampai kita lengah dengan mengabaikan prokes yang dicanangkan pemerintah. Terakhir kami ucapan terimakasih kepada semua pihak yang sudah terlibat dalam pelaksanaan kegiatan hari ini, dan juga masyarakat sudah bersikap koperatif dan dapat diajak bekerja sama,” pesan Wawan.

Berdasarkan data yang dikeluarkan Pemkab Berau melalui Dinas Kesehatan Berau lalu, jumlah penderita Covid 19 di Kampung Talisayan terdapat 24 kasus. Dua orang diantaranya sudah dirujuk ke RSUD Abdul Rivai, sedangkan yang lainnya menjalani isolasi mandiri di rumah. (yoi/hel)

Ketua Umum TP PKK Pusat Kunjungi Berau

May 21, 2021 by  
Filed under Berau

Tanjung Redeb – Tim Penggerak (TP) PKK menjadi mitra pemerintah dari tingkat pusat hingga desa guna melaksanakan programnya membantu program-program pemerintah, khususnya program pelayanan kesehatan bagi semua lapisan masyarakat. Melayani ibu-ibu hamil, anak balita. Sehingga kesehatan masyarakat terutama perempuan dan anak-anak balita dapat terwujud.

Hal itu disampaikan Ketua Umum TP PKK, Tri Tito Karnavian melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Berau, Jumat (21/5/2021) tadi pagi. Dalam kunjungan ini dirangkai juga dengan pemberian bantuan masker sebagai bentuk dukungan dalam menanggulangi pandemi Covid-19 di Bumi Batiwakkal, dan kegiatan dipusatkan di Balai Mufakat.

Hadir dalam kunjungan kerja ini Sekretaris II TP PKK Pusat Lisna Ardian, Ketua Umum TP PKK Kaltim, Norbaiti Isran Noor, Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas dan para pengurus TP PKK Berau.

Ketua Umum Tim Penggerak PKK, Tri Tito Karnavian juga menyampaikan apresiasi atas sambutan yang telah diberikan. “Kunjungan ini untuk melihat dari dekat kegiatan pemberdayaan masyarakat di daerah, sekaligus memberikan masukan atas program yang dijalankan TP PKK di daerah – daerah” ujarnya.

Ditegaskan juga bahwa TP PKK siap memberikan dukungan kepada daerah yang memiliki program unggulan. Terlebih dalam pemberdayaan balita, generasi muda dan ibu hamil.

“Anak-anak kitaa adalah generasi yang akan membangun daerah dan negara ke depan. Karena di tangan merekalah, kita titipkan negara Indonesia, sebagai manusia yang sehat yang kuat, bisa bersaing dengan negara-negara yang lebih maju” pungkasnya. (*/rz)

Harkitnas Semangatkan Kebangkitan Bangsa

May 20, 2021 by  
Filed under Berau

Tanjung Redeb – Bupati Berau, Sri Juniarsih bersama Forkompimda mengikuti upacara peringatan Harkitnas Ke-113 yang digelar secara virtual melalui videoconfrence di Balai Mufakat Tanjung Redeb, Kamis (20/5/2021).

Peringatan ke-113 Hari Kebangkitan Nasional ini dipimpin Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Jhonny G Plate sebagai inspektur upacara.

Dalam sambutannya, Menkominfo mengajak seluruh lapisan agar momentum Harkitnas dengan tema “Bangkit Kita Bangsa Yang Tangguh ” dapat dijadikan untuk menggalang semangat kebangkitan bangsa dan selalu optimis menghadapi masa depan.

Menurutnya, tangguh dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang telah melanda secara global lebih dari setahun ini. Sekaligus bersiaga menghadapi ancaman gelombang baru dengan tetap menerapkan Prokes secara ketat dan disiplin.

Tangguh juga dalam menghadapi beragam tantangan selama masa pandemi. Dengan beredar banyaknya misinformasi, disinformasi dan hoax.

“Mari kita manfaatkan ruang digital secara tepat dan secara bijak, dengan mengatakan tidak dengan segala informasi hoax, ujaran kebencian dan berbagai jenis ruang digital yang dapat mencinderai semangat persatuan dan kesatuan bangsa, ” jelasnya. (*/rz)

Diskominfo Berau Selaraskan Renstra OPD

May 20, 2021 by  
Filed under Berau

Tanjung Redeb – Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Berau melaksanakan diskusi Pendampingan Penyusunan dan Penyelarasan Renstra Diskominfo 2021 – 2026, dengan menghadirkan nara sumber Direktur Utama PT Re Design Consulting, Yogyakarta, Risky Adtya yang dihadiri Kadiskominfo Berau, Susila Harjaka, para Kabid, Kasi dan para staf lainnya, Kamis (20/5) tadi pagi.

Risky menjelaskan, Renstra merupakan dokumen perencanaan lima tahunan dan menjadi acuan kerja setiap bidang dan seksi, maka perlu dilakukan penyusunan dan penyelarasan dalam melaksanakan rencana kerja tahunan, guna mendukung pembangunan di Kabupaten Berau.

Diterangkan Risky, selain mengidentifikasikan sesuatu yang krusial yang merupakan usulan dan kebutuhan masyarakat dalam pelayanan publik, sarana dan prasarana teknologi informasi dan komunikasi yang menjadi kewenangan daerah, juga memetakan program kegiatan yang menjadi prioritas utama dengan mengacu kepada Peraturan menteri dalam negeri nomor 86 tahun 2017 tersebut.

Menurutnya, ketika membahas Renstra tidak terlepas dari aturan-aturan diatasnya seperti permendagri, Kepres dan RPJMD Kabupaten Kutai Barat tahun 2021-2026. Di dalamnya terdapat Visi Misi dari Kepala Daerah terpilih itu menjadi landasan dan acuan dalam penyusunannya, kemudian dilakukan penjabaran untuk rencan kerja setiap tahun.

“Harapan kita ini semua dapat mengakomodir segala bentuk kebutuhan dimasyarakat terkait dengan tugas dan fungsi Diskominfo sehingga kedepan menjadi lebih baik,”pungkasnya.

Terkait penginputan Diskominfo di bagian program sifatnya hanya mengkomfilasi dan menginput, dengan harapan Renstra 2021-2026 nantinya selaras dengan apa yang telah direncanakan dan sesuai dengan visi misi kepala daerah. (*/rz)

Next Page »