Pemda Kubar Lepas Kepergian Vino

August 2, 2021 by  
Filed under Berita

SENDAWAR – Bupati Kutai Barat FX. Yapan bersama Wakil Bupati H. Edyanto Arkan, Dandim 0912/Kbr Letkol Kav. Yudi Prasetyo Purnomo, M.I Pol, Kapolres AKBP. Irwan Yuli Prasetyo, S.Ik. melepas kepergian Vino menuju Kabupaten Sragen Jawa Tengah, di lobi Kantor Bupati Kubar, Minggu (1/8/2021).

Vino anak yatim piatu yang ditinggal kedua orang tuanya meninggal dunia karena covid 19, kini diambil kedua kakek dan nenek dari Sragen yang diwakili pak De dan Ibu De nya, didampingi Dinsos Srangen menjemput Vino untuk kembali pulang ke kampung halaman kedua orang tuanya di Jawa Tengah.

Yapan menyampaikan, atas nama pribadi dan juga pemerintah Kubar mohon maaf yang sebesar besarnya kepada pihak keluarga adik Vino dan juga perwakilan Dinsos Sragen yang sudah bersusah payah menjemput Vino ke Kubar untuk di bawa pulang ke Sragen, Jawa Tengah.

“Saya selaku kepala daerah mengutus Kepala Dinas Kesehatan, Sosial dan Pendidikan untuk selalu memantau keadaan Vino,”kata FX. Yapan seraya meneteskan air mata karena terharu.

Ia menyampaikan, Vino memang sudah selesai melakukan isolasi mandiri. Namun demikian, secara harus terus dikontrol karena Vino belum mengerti apa apa dan masih berusia 9 tahun serta perlu bimbingan dari semua pihak.

“Jika pihak keluarga mengijinkan saya siap mengasuh Vino dan menjadikannya anak angkat saya,”ujar FX. Yapan.

Ditanya terkait pendidikan Vino, Yapan mengatakan Pemda Kubar siap mananggung biaya pendidikan adik Vino, tergantung payung hukumnya.

“Jika Dinas Sosial Sragen tidak sanggup membiayai pendidikannya, kita di Kubar ini sanggup membiayai pendidikan Vino sampai selesai, dan siap mempekerjakan adik Vino di Kubar,”tegas FX. Yapan.

Yapan juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan juga para donatur atas dukungan dan sumbangannya kepada Vino. Ia juga menyampaikan istrinya membuat rekening atas nama Vino, dan jumlahnya sudah mencapai seratus juta lebih.

“Semoga apa yang sudah diberikan kepada Vino ini dibalas oleh Tuhan Yang Maha Esa,”ungkapnya.

Sementara itu Wakil Bupati H. Edyanto Arkan menambahkan, saat ini Kubar lagi mengalami krisis oksigen dalam menangani pasien covid 19. Segala daya dan upaya sudah dilakukan oleh Pemda, meminta bantuan ke perusahaan bahkan ke Pemprov Kaltim.

“Sekarang kita akan membeli mesin dan tangkinya untuk mengisi oksigen sendiri. Secepatnya kita realisasikan,”janjinya.

Ia menjelaskan, biaya ini yang akan dipakai untuk membeli mesin oksigen ini adalah Biaya Tidak Terduga (BTT), dan nanti akan dianggarkan di APBDP. Agar cepat terealisasi pemda memakai biaya tersebut.

“Kalau kita menunggu APBDP keluar masih lama sekali. Kita akan upayakan pake uang BTT ini dulu, karena kita mengingat nyawa manusia yang dipertaruhkan,”jelasnya.

Bupati dan Wakil menegaskan sekali lagi agar masyarakat sadar dengan keadaan covid yang banyak merenggut nyawa.

Masyarakat diingatkan selalu mentaati prokes yang ada, tunda dulu kegiatan apapun yang mengumpulkan orang banyak, seperti pernikahan, acara lembo lestari dan semua kegiatan yang bisa mendatangkan kerumunan. (arf)

Sebanyak 111.526 KPM di Kaltim Dapat Bantuan Beras

July 31, 2021 by  
Filed under Berita

HM Jauhar Efendi

SAMARINDA- Sebanyak 111.536 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) mendapat bantuan beras 10 kg selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di wilayah Provinsi Kaltim

Jumlah penerima tersebut berdasarkan data Program Penerima Harapan (PKH) sebanyak 60.454 KPM dan Penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) sebanyak 51.082 KPM.

Hal tersebut diungkapkan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Prov. Kaltim HM Jauhar Efendi, saat dikonfirmasi melalui via WhatsApp, Sabtu (31/7).

Jauhar mengatakan, jumlah beras yang akan disalurkan Kaltim sebanyak 1.115.360 kg atau ekuivalen dengan 1.115,360 ton.

Berdasarkan data yang masuk dari bulog jelas Jauhar, realisasi penyaluran bantuan beras bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) baru mencapai 37,04 persen.

“Secara teori pelaksanaan penyaluran bantuan beras per KPM sebanyak 10 kg mulai tanggal 1 s.d. 31 Juli 2021,”katanya

Namun demikian, lanjutnya pelaksanaan di lapangan baru dimulai 18 Juli lalu. Untuk pemenang tender penyaluran bantuan tersebut adalah PT. Pos Indonesia.

Sesuai janji Kakanwil Bulog, tanggal 31 Juli realisasinya bisa meningkat menjadi 80 persen. Untuk sisanya yang 20 persen dipastikan molor. Kemungkinan tercepat sampai minggu pertama Bulan Agustus.

Sementara yang terlambat penyalurannya adalah Kabupaten Mahakam Ulu dan beberapa wilayah kecamatan yang sulit dijangkau moda transportasi. (*)

Jasa Raharja Gelar Pelatihan Layanan Prima

July 24, 2021 by  
Filed under Berita

SAMARINDA – Pandemi tidak menjadi halangan untuk terus meningkatkan kualitas layanan. Itulah yang dilakukan PT Jasa Raharja Cabang Kaltim dengan menggelar pelatihan service excellent (sex) alias layanan prima menggandeng Semesta Academy, Sabtu (24/7/2021) melalui virtual zoom.

Membuka kegiatan tersebut, Eva Yuliasta SE, MSc, kepala PT Jasa Raharja Cabang Kaltim memberikan apresiasi atas pelatihan yang dilakukan Jasa Raharja Perwakilan Samarinda.

“Kegiatan ini merupakan rangkaian diklat untuk menunjang performance dalam melaksanakan tugas dan pekerjaan di Jasa Raharja. Ini juga sesuai program pengembangan pegawai yang sudah disusun kantor pusat,” sebut Eva.

Apresiasi juga diberikan pada jajarannya karena bersedia meluangkan waktu di akhir pekan. “Biasanya ini adalah waktu untuk keluarga, tapi ternyata semua berdedikasi mau mengikuti kegiatan ini, mudah-mudahan majelis ilmu ini jadi ladang amal,” harapnya.

Dikatakan, tugas Jasa Raharja selalu bersentuhan dengan masyarakat. Salah satu yang perlu ditingkatkan adalah bagaimana cara melayani masyarakat termasuk ketika melayani keluhan atau komplain.

Eva menyampaikan, kinerja Jasa Raharja Kaltim pada semestar pertama tahun ini berhasil membukukan laba positif. “Walaupun pandemi, ternyata kita bisa membukukan laba. Ini adalah pencapaian yang luar biasa,” sebut Eva.

Atas pencapaian itu, Eva berharap tidak hanya bagus di atas kertas. Tapi berharap kinerja itu adalah hasil dari kemampuan staf dan pejabat serta jajaran manajemen yang memiliki kapasitas yang unggul.

“Kompetensi yang sudah disusun kementerian BUMN semakin kompleks, bahkan akan ada perubahan. Tuntutan ke depan, kita harus kompeten di segala bidang. Harus bisa multitasking, untuk mendukung pengembangan diri dan penyelesaian masalah,” beber wanita yang ramah dan gaul ini.

Tak ketinggalan, Eva juga berpesan pada jajarannya agar tidak cepat merasa nyaman atau merasa puas. “Begitu merasa cepat puas, itu akan menghapus harapan untuk terus berkembang,” ucap pemilik hobi bersepeda ini.

Terakhir, Eva juga berharap, setelah pelatihan ini, seluruh jajarannya dimonitor dan terus diberikan pembinaan sekaligus tantangan, sehingga ilmu yang dipelajari hari ini tidak hilang begitu saja. “Kita ingin peserta Diklat ini tidak sekadar kewajiban, tapi benar-benar ada yang bisa dipelajari,” pungkasnya.

Sebelum acara pelatihan berlangsung, sempat ada kejutan ulang tahun yang diberikan untuk Eva Yuliasta. Seluruh peserta diklat mengganti latar virtual dengan ucapan ulang tahun, serta beberapa pantun pun terucap sebagai hadiah. Tak lupa, video pun diputarkan dalam ruangan media maya itu.

Hadir dalam pelatihan virtual tersebut Kepala Bagian Administrasi PT Jasa Raharja Cabang Kaltim Hadi Triyono, Kepala Perwakilan PT Jasa Raharja Samarinda Agung Abimanyu, serta Kepala Perwakilan PT Jasa Raharja Tarakan Ahmad Arkan Nugraha.

Narasumber yang dihadirkan dalam pelatihan ini adalah I Made Kertayasa dan Endro S. Efendi. Keduanya adalah master trainer dari Semesta Academy. (*)

Puslatbang KDOD Samarinda Gelar Pelatihan Kepemimpinan Nasional 2021

July 22, 2021 by  
Filed under Politik dan Pemerintahan

Vivaborneo.com, , Samarinda — Kepala Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI) , Adi Suryanto menegaskan di tengah situasi pandemi Covid-19 yang terus meningkat dan meluas, maka dipersilahkan untuk melakukan pembelajaran secara virtual, sebagai ganti pembelajaran classical. Read more

Terjaring Operasi Yustisi, Satgas Ingatkan Patuhi PPKM

July 18, 2021 by  
Filed under Berita

TANA PASER – Satuan Gugus Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Paser melakukan operasi yustisi sebagai tindak lanjut Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Sabtu (18/07/2021) malam,

Operasi Penegakkan Disiplin Protokol Kesehatan ini dipimpin oleh Kabag Ops Polres Paser, Kompol Sarman. dengan sasaran titik-titik keramaian seperti Pipii coffee, Wisata belanja (Wisbel), dan Siring Kandilo, Warkop Loyal Celebes.

Saat operasi, 33 pelanggar yang terjaring operasi dilakukan tes antigen oleh tim kesehatan, dan hasilnya 1 orang reaktif dan langsung dilakukan karantina ke rumah sakit..

Kepala Satpol PP Paser Heriansyah Idris mengatakan Operasi Penegakkan Disiplin Protokol Kesehatan merupakan tindak lanjut dari instruksi Presiden, Gubernur, dan Bupati nomor 11 tahun 2021 terkait pembatasan kegiatan masyarakat berbasis mikro khususnya di angkringan dan Cafe hingga pukul 22.00 WITA.

Heriansyah Indris menjelaskan PPKM dilaksanakan 5 kali dalam seminggu, bertujuan mengawasi pergerakan masyarakat agar tak melakukan mobilitas serta taat program kesehatan (Prokes) terutama penggunaan masker.

“Kegiatan dilaksanakan bergantian pada siang dan malam. PPKM bertujuan menekan angka penambahan positif Covid-19 karena akhir ini meningkat secara signifikan,” ujar Heriansyah.

Heriansyah mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan seperti selalu memakai masker baik ada atau tidak ada petugas.

Kepala Bagian Operasional Polres Paser Kompol Sarman menjelaskan yang menjadi sasaran operasi ini adalah masyarakat yang berkumpul terutama yang melanggar jam malam dan protokol kesehatan.

“Kita cek seluruh masyarakat yang berada di cafe, rumah makan saat melewati waktu pembatasan kegiatan,” kata Sarman.

Sarman menegaskan tidak ada lagi teguran bagi masyarakat yang melanggar, pihaknya langsung menswab dan mendenda.

Bagi pelanggar akan di data, dan di denda administratif sesuai dengan Peraturan Bupati Paser Nomor 78 Tahun 2020 yang termuat dalam Pasal 18.

“Tindakan tegas ini karena kami prihatin Kabupaten Paser telah mencapai 319 masyarakat yang reaktif Covid-19,” jelasnya.

Ia berharap masyarakat mematuhi aturan yang ada dan tidak perlu dikejar-kejar aparat, protokol kesehatan harus selalu dilaksanakan. (*)

Next Page »