Wisata Sawah Desa Akan Tambah Pusat Oleh-oleh

July 16, 2021 by  
Filed under Wisata

Salah satu sudut destinasi wisata sawah di Desa Gunung Mulia, Kecamatan Babulu, Kabupaten PPU

Satu-satunya destinasi wisata sawah di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Wisata Sawah Desa Gunung Mulia akan ditambah fasilitas pendukung berupa pusat oleh-oleh.

“Tingkat kunjungannya cukup tinggi, bahkan melebihi target, karena dari target rata-rata 100 pengunjung per hari, ternyata rata-rata 150 per hari, bahkan bisa 200 pengunjung di hari libur,” ujar Kepala Desa Gunung Mulia, Kecamatan Babulu, Oddang di desanya, Jumat. (16/7/2021)

Mengingat tingginya pengunjung tersebut, maka pihaknya akan membangun satu kios lagi di lokasi wisata itu, yakni kios yang khusus menjual oleh-oleh khas Kabupaten PPU, bahkan akan diproduksi sovenir khas Desa Gunung Mulia.

Oleh-oleh khas tersebut antara lain kaos dengan sablon khusus dengan gambar dan kalimat unik yang mencirikan PPU maupun desa setempat, karena SDM di desa sudah terlatih membuat berbagai jenis dan bentuk sablon.

“Ada beberapa warga desa yang sudah piawai, karena mereka sudah mengikuti pelatihan menyablon dari hasil pendampingan Program Pembangunan, Pemberdayaan Kelurahaan dan Perdesaan Mandiri (Pro-P2KPM) tahun lalu,” ucap Oddang.

Pelatihan yang diikuti sejumlah warga tersebut, lanjut dia, tentu senada dengan potensi dan kearifan lokal desa, sehingga tinggal dipadukan dengan objek wisata yang kini cukup diminati pengunjung, baik baik dari dalam daerah maupun dari luar PPU.

Hal lain yang juga mendukung ekonomi masyarakat sekaligus mendukung keberadaan objek wisata, lanjutnya, yakni jalan menuju Desa Gunung Mulia sedang tahap pembangunan bengkel.

Saat ini bangunan tersebut tinggal dipasang dinding, karena lantai dan atap sudah jadi, sehingga dalam waktu dekat bisa dioperasikan karena SDM dan peralatannya sudah tersedia.

“Anggaran dari Pro-P2KPM tahun lalu juga kami gunakan untuk pelatihan perbengkelan dan pengadaan alat, sehingga sekarang tinggal menyelesaikan bangunan bengkel dan pengadaan sparepart,” katanya.

Ia menjelaskan, tahun lalu Desa Gunung Mulia memperoleh anggaran Rp200 juta dari Pro-P2KPM Kabupaten PPU. Anggaran ini digunakan untuk pelatihan menyablon, perbengkelan, dan menjahit berikut peralatannya.

“Saya yakin objek wisata sawah yang dibangun dari Dana Desa yang kini dikelola BUMDes ini, ke depan akan terus berkembang dan banyak pengunjung, karena kami mendapat penguatan pendampingan dari dua unsur.

Dua unsur yang dimaksud Oddang adalah dari pusat dan daerah. Dari pusat adalah Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD), sementara pendampingan dari daerah adalah Pro-P2KPM Kabupaten PPU. (*)

Sopir di Kota Balikpapan Dapatkan Pelatihan Service Excellence

July 1, 2021 by  
Filed under Wisata

Vivaborneo.com, Balikpapan – Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur, bekerjasama dengan Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI), Dinas Perhubungan Kota Balikpapan. Kegiatanyang digelar yaitu Service Excellence Bagi Sopir Angkutan Wisata Kalimantan Timur pada Selasa, 29 Juni 2021 bertempat di Hotel Mega Lestari.

Kegiatan yang pertama kali dilaksanakan ini bertujuan untuk memberi pemahaman lebih kepada para sopir angkutan, agar mengetahui obyek-obyek wisata di Kaltim yang dapat kenalkan kepada para penumpang. Selain itu, para sopir juga dibekali dengan cara berkendara yang aman (Safety Driving) oleh Satlantas Kota Balikpapan.

Kepala Dinas Pariwisata Kaltim, Sri Wahyuni yang diwakili oleh Kepala Bidang Pengendalian Usaha Jasa & Sarana Pariwisata (PUJSP), Asrani Rasidi, mengatakan output dari kegiatan ini ke depannya para sopir dapat menambah kenyamanan penumpang dalam berwisata.

“Kami berharap setiap sopir akan mampu melayani para wisatawan. Tentunya juga akan menambah kenyamanan penumpang dalam informasi berwisata. Kita berharap penumpang akan merasa puas saat mereka berkunjung ke Kaltim sehingga dapat berkunjung kembali,” tutur Asrani.

Kegiatan ini menghadirkan 31 peserta yang terdiri dari sopir biro perjalanan, sopir taksi bandara dan sopir bus Balikpapan City Tour. Menghadirkan empat narasumber yang kompeten dibidangnya, yaitu Kasatlantas Kota Balikpapan, Kepala Dinas Perhubungan Kota Balikpapan, Praktisi HPI dan Kepala Dinas Pariwisata Kaltim yang dalam hal ini diwakilkan oleh Asrani Rasyidi selaku Kepala Bidang PUJSP.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kota Balikpapan, Doortje Marpaung yang membuka acara mewakili Kepala Dinas Pariwisata Katim dalam sambutannya menuturkan sangat mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan ini.

“Sebuah kehormatan bagi kami, Balikpapan menjadi kota pertama diselenggarakannya kegiatan ini. Dan teman-teman kita semua disini, saya berharap sopir-sopir di Kota Balikpapan khususnya dan Kaltim pada umumnya, dapat melayani para wisatawan dengan menawarkan “service extra”, tidak hanya menyetir saja tetapi juga dapat menjelaskan kepada tamunya tentang wisata di Kaltim ini,” tutur Doortje.

Selain itu, Doortje berharap kepada para sopir yang mengikuti kegiatan ini selain menambah ilmu dan pengetahuan juga pastinya menambah jejaring baru. “Kalau tamu nyaman pasti mereka akan berkesan dan akan mencari kita lagi,” ujar Doortje.(Vb/Yul)

Pokdarwis Swarga Bara Terima Bantuan Tenda dari Dispar Kaltim

June 26, 2021 by  
Filed under Politik dan Pemerintahan, Wisata

Vivaborneo.com, Kutai Timur — Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Swarga Bara menerima bantuan tenda expo dari Dinas Pariwisata (Dispar)  Provinsi Kaltim yang diberikan secara simbolis oleh Gubernur Kaltim Isran Noor, M.Si kepada Ketua Pokdarwis Swarga Bara, Kamis (24/8/2021). Read more

“Jangan Berbohong”, Wakili Kaltim di Lomba Film Animasi Islami

June 24, 2021 by  
Filed under Seni

Vivaborneo.com, Samarinda — Film Pendek Animasi Islam berjudul “Jangan Berbohong” karya Reza Fauzan, direncakan akan mewakili Provinsi Kaltim di tingkat nasional pada Agustus 2021 mendatang. Film animasi “Jangan Berbohong’ mampu menyisihkan lima film animasi lainnya, dalam lomba yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kaltim. Read more

POLNES Ajarkan Dekorasi Rumah Percantik Homestay Warga

June 21, 2021 by  
Filed under Profil, Wisata

Seperti rumah di desa pada umumnya, rumah-rumah warga di Desa Wisata Pela di Kecamatan Kota Bangun, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Indonesia, terbilang sederhana dan memiliki bentuk tata ruang yang hampir seragam. Read more

Next Page »