DKP3A Kaltim Deklarasi Rencana Aksi Keberlanjutan Ojol Berlian

May 5, 2021 by  
Filed under Religi, Sosial & Budaya

SAMARINDA – Kepala Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Kaltim Noryani Sorayalita menyatakan pihaknya siap melanjutkan program kegiatan Ojek Online Bersama Lindungi Anak (Ojol Berlian) sebagai mekanisme yang dibnagun untuk melakukan perlindungan kepada perempuan, anak dan penyandang disabilitas terhadap kekerasan.

Rencana aksi keberlanjutan kegiatan Ojol Berlian diantaranya, sosialisasi perlindungan dan pemenuhan hak anak pada 8 Manajemen Aplikator, dan menambah manajemen aplikator lain serta akan dilakukan di Kota Samarinda, Balikpapan dan Kabupaten Kutai Kartanegara.

Pembuatan website dan aplikasi khusus Ojol Berlian yang terhubung dengan kepolisian dan Dinas Perhubungan. Selain itu, menyiapkan call center aduan yang terkoneksi dengan UPTD PPA kabupaten/kota lokus kegiatan dan pembuatan film dokumentasi perjalanan Ojol Berlian;

“Selanjutnya pengembangan Pusat Informasi dan Edukasi di tiga kabupaten/kota. Pelatihan bagi anggota Ojol Berlian berupa pelatihan jurnalistik, UMKM dan penjualan online,” ujar Soraya pada Rapat Persiapan Kegiatan Ojol Berlian, berlangsung di Ruang Rapat Kartini. Selasa (4/5/2021).

Soraya menambahkan, pihaknya juga akan melakukan penyedian mobil dan motor edukasi serta mobil operasional bagi Ojol Berlian.

“Kita juga akan memberikan penghargaan melalui Penganugerahan Ojol Berlian Award dan pemberian bantuan pendidikan bagi anggota, keluarga Ojol Berlian yang kurang mampu, berprestasi, dan yang sedang menempuh pendidikan,” imbuhnya.

Diketahui Ojol berlian masuk dalam TOP 45 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) tahun 2020. Penerimaan Anugerah KIPP di terima langsung oleh Gubernur Kaltim di Jakarta pada 25 November 2020 lalu. (dell)

DKP3A Kaltim Terima Audiensi Disdukcapil Kutai Timur

May 5, 2021 by  
Filed under Religi, Sosial & Budaya

SAMARINDA – Kepala Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Kaltim Noryani Sorayalita menerima Audiensi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Kutai Timur, Selasa (4/5/2021).

Pada kesempatan tersebut Soraya yang didampingi Kasi Monitoring dan Evaluasi Pelaporan DKP3A Kaltim Rusna Paputungan memaparkan target kinerja perekaman KTP-el kabupaten/kota tahun 2021 sebesar 99,20%. Berdasarkan data laporan per tanggal 30 April 2021 capaian target perekaman KTP-el kabupaten Provinsi Kaltim sudah mencapai 96,93%. Sementara untuk Disdukcapil Kutai Timur telah mencapai 84,40%.

Soraya menambahkan, untuk target kinerja kepemilikikan Akta Kelahiran Anak 0-18 tahun sebesar 95%. Berdasarkan laporan kinerja per tanggal 30 April 2021, Kaltim telah melampaui target yang telah ditetapkan Ditjen Dukcapil yaitu 96,98%.

“Untuk Kutai Timur telah mencapai 97,04%. Kedepan harus terus ditingkatkan pelayanan yang menbahagiakan masyarakat ini,” katanya kepada Kepala Dinas Dukcapil Kutai Timur Sulastin bersama rombongan.

Sementara untuk target kepemilikan Kartu Identitas Anak (KIA) tahun 2021 sebesar 30%. Berdasarkan laporan per tanggal 30 April 2021, Kaltim telah mencapai target nasional sebesar 41,10%. Kabupaten Kutai Timur saat ini telah mencapai target yaitu 35,82%.

Saat ini Dinas Dukcapil Kutai Timur berada pada Level 3 penilaian kinerja Pelayanan Dukcapil. Terdapat beberapa indikator yang menjadi tolok ukur keberhasilan pelayanan Dukcapil di daerah. antara lain, perekaman e-KTP ditargetkan minimal 98 persen, pencetakan Kartu Identitas Anak (KIA) minimal 20 persen, pencetakan akta kelahiran ditargetkan 92 persen, pelayanan tanda tangan elektronik terhadap minimal 18 dokumen, serta pelayanan dokumen memanfaatkan kertas putih. (dell)

Humas Setkab PPU Serahkan Bantuan ke Panti Asuhan

May 5, 2021 by  
Filed under Religi, Sosial & Budaya

PENAJAM – Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menyerahkan santunan kepada anak yatim piatu yang berada di Panti Asuhan Uswatun Khasanah di Kelurahan Gunung Seteleng, Kecamatan Penajam, Kabupaten PPU, Selasa, (4/5/2021) siang.

Bantuan yang diberikan tersebut berupa Sembilan Bahan Pokok (Sembako) seperti beras, mie instan, gula, minyak makan dan sebagainya. Bantuan ini diserahkan langsung oleh Kepala Sub. Bagian Data dan Dokumentasi, Humas dan Protokol Setkab. PPU, M. Amin, S.STP didampingi sejumlah stafnya.

” Alhamdulillah bantuan ini merupakan sumbangan dari rekan-rekan Humas dan Protokol Sekretariat Kabupaten PPU. Walapun jumlah yang di berikan nilainya tidak besar, namun kami berharap dapat membantu saudara-saudara kita yang ada di Panti Asuhan ini, ” kata M. Amin.

Sementara itu bantuan ini diterima oleh Ketua Panti Asuhan Uswatun Khasanah, Hasnawati disaksikan oleh puluhan anak yatim dan pengasuh Yayasan ini.

” Melalui bantuan ini kami atas nama pihak Panti Asuhan menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada jajaran Humas dan Protokol Kabupaten PPU, ” ucap Hasnawati.

Hasnawati menambahkan bahwa Panti Asuhan Uswatun Khasanah saat ini menampung dan mengasuh anak yatim piatu serta anak kurang mampu sebanyak 28 anak dan 5 orang pengasuh.

” Alhamdulillah saat ini juga ada anak-anak kami yang telah menghafiz Al-quran sebanyak 9 anak, ” tambah dia.

Dalam kesempatan ini dia juga menyebut bahwa Panti Asuhan Uswatun Khasanah saat ini juga membuka pintu penyaluran Zakat Fitra, Infaq dan Shodaqo.

” Dengan bantuan tersebut insya Allah akan kami gunakan untuk pembiayaan anak-anak dan rencana pembangunan tempat menghafiz Al-quran, ” tutupnya. (*/adv)

YJI Kaltim Bagi Paket Sembako

May 4, 2021 by  
Filed under Religi, Sosial & Budaya

SAMARINDA – Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Utama Kaltim berbagi kebahagian di bulan penuh keberkahan Ramadhan 1442 Hijriah. Sebanyak 136 paket sembako dibagikan bagi warga Samarinda yang membutuhkan.

“Fokus kita guru ngaji, ustad pondok pasantren, duafa, yatim piatu, dan kaum masjid,”sebut Ketua YJI Kaltim Zainuddin Fanani ketika dikonfirmasi, Senin (3/5/2021).

Dia berharap paket sembako yang diberikan membantu masyarakat penerima bantuan memenuhi kebutuhannya selama puasa Ramadhan. Terlebih dalam kondisi pandemi COVID-19 seperti sekarang yang serba terbatas.

Pembagian paket sembako sendiri diakui sudah dilakukan YJI Kaltim sejak beberapa tahun terakhir. Ini sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan di tengah pandemi COVID-19 seperti sekarang. “Jangan melihat isinya karena nilainya tidak seberapa. Bantuan yang dibagikan bentuk kepedulian kita,” katanya.

Target penerima tahun ini berbeda dengan sebelumnya. Lebih fokus kepada ustad, guru ngaji, dan pengurus pasantren. Berbeda dengan tahun sebelumnya yang diarahkan bagi anggota klub jantung sehat yang terbilang aktif dan kurang beruntung dari segi ekonomi. Selain itu, bantuan juga disalurkan bagi warga masyarakat eks penderita jantung bawaan.

“Semoga kita semua senantiasa diberikan Kesehatan dan keluasan rizki agar bisa terus berbagi kebahagian terhadap sesama,”harapnya.(AM)

PT Pama Rutin Berbagi di Bulan Ramadan

May 3, 2021 by  
Filed under Religi, Sosial & Budaya

SENDAWAR – PT Pama Persadanusantara menyalurkan sebanyak 350 paket sembako di bulan suci ramadhan. Ini merupakan salah satu kepedulian karyawan dan juga manajemen perusahaan yang disalurkan melalui Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) dan juga Corporate Social Responsibility (CSR).

Manajeman PT Pama melalui IT Section Head Bapak Tulus didampingi CSR Officer Rudyanto menyampaikan, kegiatan berbagi di bulan suci ramadan rutin dilakukan setiap tahun. Salah satu sumber dananya adalah sumbangan karyawan dan sebagian juga dari manajeman. Penyalurannya melalui DKM yang ada di perusahaan.

“Kalau dulu sebelum ada pandemi covid 19 kami selalu berbagi di bulan suci ramadan dibarengi dengan buka puasa bersama dan safari ramadan,”kata Tulus selaku ketua panitia safari ramadhan DKM, Minggu (2/5/2021).

Lanjut Tulus, dengan adanya pandemi covid 19 ini pembagian hanya dilakukan dengan membagikan sembako saja ke masjid – masjid, selanjutnya para pengurus masjidlah yang lebih tahu untuk menyalurkannya agar tepat sasaran.

‘’Kami hanya menyerahkan sembako ini secara simbolis saja, karena kami harus tetap menjaga protokol kesehatan,’’ujarnya.

Dijelaskan Rudy untuk sembako yang dapat di bagi tahun ini sebanyak 350 paket yang dibagikan ke lima masjid. Paket diberikan di Kecamamatan Muara Lawa yaitu masjid yang berada di Kampung Siwo 60 paket, masjid di Muara Lawa 80 paket, masjid Lambing 60 paket. Sementara yang berada di Kecamatan Damai yaitu Masjid Al-Huda 50 paket, Masjid Jengan Danum 50 paket.

“Untuk yang 50 paket tahun ini kami bagikan kepada para pegawai pengurus mess kami,”jelas Rudi.

Rudy berharap kepada masyarakat penerimanya jangan melihat dari nilai pemberian tetapi semangatnya dan diharapkan dapat terasa kebermanfaatannya bagi warga sekitar. Juga bertepatan dengan momen saat ini bulan suci ramadan, manajeman jug memohon maaf bila ada yang kesalahan yang disebabkan hidup berdampingan selama ini baik langsung maupun tidak langsung, juga memohon doa agar selalu dilancarkan dalam bekerja dan tetap bisa berbagi.

“Di bulan yang penuh berkah dan ampunan ini manajeman beserta seluruh karyawan PT. Pama mengucapkan minal aidzin wal faidzin mohon maaf lahir dan bathin,” katanya.

Sementara itu ketua Masjid Al – Huda Kampung Damai Kota, Yusuf Effendi mengucapkan terima kasih kepada PT. Pama, baik kepada manajeman maupun kepada seluruh karyawan yang telah sudi menyisihkan sedikit rejekinya di bulan suci ramadan yang penuh berkah dan ampunan ini.

“Bingkisan Ini sangat berarti sekali bagi masyarakat fakir miskin dan muallaf serta kaum dhuafa di masa pandemi dan masa sulit seperti ini,”ujar Yusuf.

Dijelaskan Yusuf, paket sembako ini didistribusikan ke empat kampung yang ada di Kecamatan Damai, mulai dari Kampung Damai Sebrang, Sempant, Mendika dan Damai Kota.

“Kami bagikan paket ini kepada warga yang betul betul membutuhkan,”kata Yusuf.

Yusuf mengatakan, dimasa pandemi covid 19 seperti diibaratkan PT. Pama ini memberikan setetes air ditengah padang pasir bagi masyarakat miskin, kaum dhuafa dan muallaf. Paket ini sangat besar sekali manfaatnya bagi mereka dimasa pandemi dan juga di bulan suci ramadan.

“Kami atas nama masyarakat Kecamatan Damai hanya bisa membalas dengan doa, agar manajemen dan karyawan di beri kesehatan dan keselamatan dalam bekerja, dan tetap bisa berbagi dengan kami,”harapnya. (arf)

Next Page »