Wali Kota Samarinda Resmikan IPA Gunung Lingai 2

May 5, 2021 by  
Filed under PDAM Samarinda

SAMARINDA – Permasalahan distribusi air ke palanggan Perusahaan Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Kencana Samarinda untuk wilayah Jalan Damanhuri dan Jalan DI Panjaitan perlahan mulai diatasi.

Hal tersebut seiring dengan beroperasinya IPA Gunung Lingai 2 dengan kapasitas 50 liter/Detik berlokasi di Kelurahan Gunung Lingai Kecamatan Sungai Pinang oleh Wali Kota Samarinda Andi Harun, Selasa ( 4/5/2021)

Hadir dalam acara peresmian Sekdakot Sugeng Chaerudin, Kepala PUPR Hero Mardianus, Asisten 2 Dr Nina Endang Rahayu, Kabag Ekonomi Dinvi , Ketua Dewan Pengawas Aji Syarif Hidayatullah, Anggota Dewan Pengawas Hargono dan Abdullah , jajaran direksi serta manager Perumdam Tirta Kencana Kota Samarinda.

“Alhamdulillah permasalahan air pelan pelan kita atasi, hari ini kita resmikan IPA Gunung Lingai 2 kiranya bisa mengurangi jadwal aliran bergilir wilayah Panjaitan dan Damanhuri,” kata Andi Harun.

Dikatakan Andi Harun, kedepan akan terus dikebut penyelesaian pembangunan IPA Sei Kapih yang masih terhambat baik masalah anggaran dan finansial. Jika sudah beroperasi akan bisa dibuka penyambungan baru untuk pelanggan.

Terpisah Direktur Utama Perumdam Tirta Kencana Kota Samarinda Nor Wahid Hasyim mengucapkan terima kasih atas suport dan dukungan Pemkot Samarinda melalui Dinas PUPR Kota Samarinda sehingga bisa terselesainya pembangunan IPA Gunung Lingai 2 untuk menambah kapasitas produksi air bersih di wilayah Samarinda Utara dan Sungai Pinang.

“Bertahap kapasitas produksi bertambah hal ini bisa mengurangi jadwal bergilir untuk wilayah Panjaitan dan Damanhuri,” katanya.(*/luk)

Perumdam Lakukan Test Operasional IPA Gunung Lingai 2

April 29, 2021 by  
Filed under PDAM Samarinda

SAMARINDA – Ketua Dewan Pengawas Aji Syarif Hidayatullah bersama Anggota Dewan Pengawas Hargono dan Abdullah didampingi Direktur Utama Nor Wahid Hasyim dan Direktur Teknik Ali Rachman AS didampingi Manager Produksi Syarif Rachman Hakim, Manager Perencanaan, Pengawasan & Penelitian Adi Fachrudy dan team terkait baik dari team Laboratorium, ME dan Distribusi melakukan Comisioning Test di IPA Gunung Lingai 2 Kapasitas 50 liter/detik, Selasa, (27/4/2021).

“Alhamdulillah hasil comisioning test rencana pengoperasian IPA Gunung Lingai 2 kapasitas 50 liter/detik berjalan lancar tanpa ada kendala, hasil produksi sangat memuaskan, ” kata Ali Rachman di lokasi IPA Gunung Lingai 2.

Ditambahkannya sesuai rencana Insya Allah akan diresmikan oleh Wali Kota Samarinda Andi Harun bersama Wakil Wali Kota Samarinda Rusmadi Wongso mudahan bisa segera terlaksana.

“Alhamdulillah persiapan sudah 90 %, untuk kontruksi IPA aman tinggal finishing penyelesaian dan operasional. Paling cepat awal bulan Mei 2021 siap di resmikan,” terangnya.

Diterangkanya jika kedepan IPA Gunung Lingai 2 ini sudah di operasionalkan sangat didambakan oleh warga Samarinda terutama wilayah Jalan Panjaitan dan Jalan Damanhuri dan sekitarnya bisa menikmati sarana air bersih mengalir 24 jam tanpa bergilir lagi.

“Semoga bisa menambah pasokan ke wilayah Jalan Panjaitan dan Jalan Damanhuri yang selama ini masih bergilir aliran per 2 hari sekali, jika IPA Gunung Lingai 2 ini dioperasionalkan akan mengalir kontinyu 24 jam,” harapnya.

Ucapan terima kasih atas suport dan dukungan anggaran pemerintah Kota dan propinsi serta pemerintah pusat yang telah banyak membantu terlaksananya pembangunan IPA Makroman Kapasitas 50 liter/Detik yang sudah beroperasi bulan lalu. Dalam waktu dekat juga beroperasi IPA Gunung Lingai 2 kapasitas 50 liter/detik. Juga saat ini masih terus di kebut penyelesaian Intake dan IPA Sei Kapih kapasitas 200 liter/detik dan IPA Kalhold kapasitas 250 liter/detik. Ke 2 IPA ini di target bisa selesai tahun 2022 mendatang.

“Diharapkan tahun 2022 ke 2 IPA Sei Kapih dan IPA Kalhold juga bisa selesai dan di serahkan ke Perumdam untuk dioperasionalkan untuk menambah pasokan air bersih untuk warga kota Samarinda,” tuturnya. (*/lk)

 

HUT ke 47, Perumdam Tirta Kencana Utamakan Peningkatan Pelayanan dan Kualitas

April 12, 2021 by  
Filed under PDAM Samarinda

SAMARINDA – Peringatan HUT Perumdam ke 47 Tirta Kencana Kota Samarinda yang jatuh pada tanggal 13 April 2021 dirayakan secara sangat sederhana. Kegiatan dilaksanakan Dharma Wanita Kesatuan Perumdam Tirta Kencana Kota Samarinda yang dirangkai dalam acara silaturahim dan pemberian santunan dan tali asih.

Acara Silaturahim dan pemberian santunan ini juga dihadiri istri Wali Kota Samarinda Hj Rinda Waahyuni Andi Harun dan Istri Wakil Wali Kota Hj Herly Warsita Rusmadi Wongso Ketua Dharma Wanita Persatuan Pemkot Samarinda Hj Titin Qomariyati Sugeng Chaerudin, Ketua Dharma Wanita Persatuan Perumdam Tirta Kencana Kota Samarinda Ny Senita Jaya Nor Wahid Hasyim, Ketua 1 Ny Andi Irmawati Yusfian Nor, Ketua 2 Ny Dewi Irawati Ali Rachman dan seluruh Jajaran Pengurus di Halaman Mess Perumdam Tirta Kencana Kota Samarinda.

Ketua Dharma Wanita Ny Senita Jaya Nor Wahid Hasyim mengucapkan terimakasih atas kehadiran ibu Walikota , Ibu Wakil Walikota dan Ketua PKK Pemkot Samarinda.

“Tak kenal maka tak sayang, hari ini ada kegiatan tali asih dan santunan dalam rangka HUT Perumdam Tirta Kencana Kota Samarinda. Semoga pelayanan akan air bersih ke masyarakat makin baik dan maju,’” kata Senita.

Santunan pada HUT kali ini diberikan kepada wakar, cleaning servis, security, tukang gali serta rumah tahfiz Quran berupa sembako sejumlah 106 buah .Selain itu juga bantuan pembayaran rumah kontrak tahfiz selama 6 bulan dan bantuan hambal untuk digunakan di rumah tahfiz di lingkungan Perumahan Perumdam Jl Cendana.

Sementara itu Direktur Utama Nor Wahid Hasyim juga menyampaikan permohonan maaf, karena hingga saat ini belum bisa melayani air bersih 100 persen kepada masyarakat Kota Samarinda. Hal ini karena terbatasnya kapasitas IPA yang di miliki Perumdam Tirta Kencana. Perumdam saat ini memiliki 15 IPA dengan 2.435 liter per detik.

“Produksi kami optimalkan sampai 2.500 liter perdetik. Idealnya bisa melayani 150 ribu pelanggan,” kata Wahid Hasyim.

Dikatakan, pelanggan saat ini sudah hampir 160 ribuan sehingga ada sekitar 10 ribu pelanggan yang aliran bergilir tidak mengalir 24 jam seperti wilayah Jalan Wahid Hasyim 1 dan 2, Jalan PM Noor, Jalan Panjaitan dan Jalan Damanhuri serta wilayah Sambutan Pelita 4, 5 6 dan 7.

“Alhamdulillah kami terus berjuang dan bergerak untuk mengajukan pembangunan IPA,” ujar Wahd Hasyim.

Dalam bulan Ramadhan ini nanti sudah rencananya sudah bisa diresmikan IPA Lingai 2. Jika telah beroperasi nantinya bisa mengalir 24 jam wiilayah Jalan DI Panjaitan, Jalan Damanhuri dan sekitarnya.

Sementara yang saat ini masih dlam proses pekerjaan yaitu IPA dan Intake Sungai Kapih dan IPA Kalhold. Perumdam juga telah mengajukan pembangunan IPA Bengkuring 2.

Wahid Hasyim juga menjelaskan langkah yang diambil Perumdam Tirta Kencana dalam penanganan Covid 19 dengan melaksanakan protokol kesehatan. Selama pandemi tercatat sebanyak 32 pegawai dinyatakan positif serta 1 orang meninggal.

“Saat ini ada 937 orang kita daftarkan untuk vaksin dan menunggu antian dari Dinas Kesehatan,” ujarnya.

Sementaraa Hj Rinda Wahyuni Andi Harun mengucapkan selamat HUT Perumdam Tirta Kencana Kota Samarinda dan berharap pelayanan semakin baik dan maju.

” Alhamdulillah saat ini pelayanan sudah makin baik, walaupun aliran bergilir yang penting ngalir dan jernih. Memang sebagai pelayanan pasti tidak ada kesempurnaannya,” ujarnya. (**)

IPA Gunung Lingai Kembali Dikuras

April 7, 2021 by  
Filed under PDAM Samarinda

SAMARINDA – Instalasi Pengolahan Air (IPA) Gunung Lingai kembali dijadwalkan dilakukan pengurasan, Kamis (/4/2021). Pengurasan ini dimaksudkan untuk menjaga kualitas produksi air bersih di IPA Gunung Lingai.

padanhari Kamis, 8 April 2021 mulai akan dilakukan yang berimbas gangguan produksi dan aliran distribusi. Hal ini seperti disampaikan

Direktur Teknik Ali Rachman AS didampingi Manager Produksi Syarif Rahman Hakim dan Asissten Manager IPA Gunung Lingai Encik Denny Haryadi melalui Asisten Manager Kesektariatan dan Humas Perumdam Tirta Kencana Kota Samarinda HM Lukman menyampaikan, pengurasan bak reservoir dan bak sedimentasi dilakukan pukul 08.00 sampai selesai

Imbas pekerjaan pengurasan ini beberapa wilayah dari jalur tersebut akan mengalami gangguan distribusi. Adapun wilayah yang terganggu aliran distribusi selama pengurasan antara lain Gunung Lingai, Wilayah Lempake, Jalan Kebon Agung, Jalan l DI Panjaitan, Jalan Mugirejo, Jalan Damanhuri, Jalan Gerilya Solong, Jalan Sentosa Dalam, Jalan PM Noor, Perum Griya Mukti Sejahtera dan sekitarnya. Kegiatan pengurasan tidak menjadikan produksi mati total artinya produksi tetap berjalan akan tetapi kapasitas produksi dikurangi atau tidak maksimal seperti biasanya.

“Kami mengimbau kepada masyarakat dan pelanggan di jalur aliran IPA yang sedang di kuras tersebut untuk bisa menampung air sebagai persediaan selama masih mengalir karena selama pengurasan berlangsung aliran distribusi dihentikan sementara” terang Lukman.

Kegiatan pengurasan ini bertujuan untuk menjaga kualitas agar kejernihan produksi air bersih selalu tetap terjaga kejernihanya.

“Atas nama manajemen kami memohon maaf atas terganggunya aliran distribusi di beberapa wilayah yang di jalur IPA sedang lakukan pengurasan. Semoga berjalan lancar dan sesuai jadwal sehingga hasil produksi akan selalu tetap terjaga kejernihannya,” tutur Lukman.

Untuk informasi dan pelaporan hubungi Hotline 0541-2088100 atau Chat WA ke 0811553536 atau 0811552226. (*/adv)

Perumdam Tirta Kencana Samarinda Putus Sambungan Pelanggan

April 6, 2021 by  
Filed under PDAM Samarinda

SAMARINDA – Perusahaan Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Kencana Samarinda melakukan pemutusan sambungan pelanggan yang telah menunggak pembayaran hingga 25 bulan ke atas. Pemutusan dilakukan setelah tim yang terdiri dari Asisten Manager Kepatuhan Wilayah I HM Muhammad Erwin bersama kuasa hukum Perumdam Tirta Kencana, Roy Hendrayanto melakukan penagihan langsung kepada pelanggan, Senin (5/4/2021).

Di wilayah I ini tercatat ada 11 pelanggan PDAM yang menunggak lebih dari 11 bulan dengan total keseluruhan sebesar Rp571 juta lebih.

Tim tampak mengalami kesulitan saat melakukan penagihan pada salah satu pelanggan di Jalan Danau Toba. Pelanggan yang telah menunggak selama 96 bulan tersebut tidak mau menerima kedatangan tim Perumdam. Tim akhirnya terpaksa memutus sambungan meter PDAM. Tunggakan pelanggan ini mencapai Rp67 juta.

Hal yang sama juga dilakukan pada pelanggan di Jalan Kapuas yang menunggak selama 88 bulan dengan total tagihan Rp48 juta lebih. Tim terpaksa melakukan pemutusn karena pelanggan tidak mau ditemui.

Kepada media Roy Hendrayanto menjelaskan, sebelumnya tim telah memutus aliran air ke pelanggan tersebut. Tetapi ternyata pelanggan melakukan penyambungan sendiri.

“Di sini kita menemukan adanya tindak pidana,” terang Roy.

Roy menjelaskan, dari seluruh wilayah layanan Perumdam Tirta Kencana terdapat tunggakan pelanggan sebesarRp57 milar. Kegiatan penagihan dan tindakan tegas dengan memutus sambungan yang dilakukan Perumdam sejak Desember 2020 lalu telah mampu diselesaikan pelanggan sebesar Rp7 miliar.

Roy berharap para pelanggan Perumdam taat hokum dan melunasi kewajibannya. (**)

Next Page »