Utamakan Protokol Kesehatan Pemkot Bontang Batasi Jumlah Penonton MTQ ke 42 Kaltim

May 31, 2021 by  
Filed under Bontang

BONTANG – Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kalimantan Timur akan bertangsung dari tanggal 3 sampai 9 Juni 2021 dan Pemkot Bontang bertindak selaku tuan rumah. MTQ 2021 yang digelar disaat pandemi covid-19 ini akan dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat termasuk membatasi jumlah penonton lomba.

Aji Erlynawati

“Protokol Kesehatan dengan pembatasan jumlah penonton ini telah menjadi keputusan Pantia Pelaksana,” kata Aji Erlynawati, Sekkot Bontang, Minggu (30/05/2021).

Sebagai penggantinya, MTQ dengan anggaran sekitar Rp 13 miliar ini, dalam pelaksanaan lomba nanti akan disiarkan langsung secar virtual. Agar masyarakat Kaltim khususnya di Bontang juga dapat menyaksikan kemeriahan kegiatan akbar ini.

“Penonton hanya tamu undangan dan peserta di Arena. Kalau masyarakat bisa saksikan lombanya secara virtual,” tambahnya.

Sebelumnya, saat rapat koordinasi persiapan MTQ, Wakil Walikota Bontang Basri Rase yang juga merupakan Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) menekankan parhatiannya pada kondisi pandemi Covid-19 di Kaltim khususnya Kota Bontang.

“Protokol Kesehatan (Prokes) harus menjadi perhatian kita semua. Untuk itu kepada seluruh pihak agar benar-benar memperhatikan sistem yang tepat guna mencegah penyebaran virus semakin luas. Mari bersama-sama kita tunjukkan bahwa Kota Bontang bisa menyambut tamu dari kabupaten/kota Se-Kaltim dan menjadi tuan rumah yang baik,” pintanya.

Sementara itu, persiapan menyambut kedatangan kafilah Musabaqah Tilwatil Qur’an (MTQ) Kaltim ke-42, Dinas Kesehatan (Dinkes) Bontang akan mendirikan posko kesehatan di sekitar arena penyelenggaraan MTQ dan menyiapkan 500 pcs alat rapid antigen serta mempersiapkan sebanyak 40 bed isolasi mandiri di RSUD Taman Husada Bontang.

Kepala Dinskes Bontang, dr Bahauddin mengatakan Stok alat rapid itu untuk persediaan bagi peserta selama sepekan dari 3 hingga 9 Juni di pelaksanaan MTQ. Stok 500 pcs rapid dirasa cukup memenuhi kebutuhan seluruh peserta.Lantaran, dari teknis pemberian rapid hanya diberikan kepada kafilah yang memiliki gejala Covid-19.

Sebab seluruh peserta yang hendak masuk ke Bontang, sebelumnya telah melakukan pemeriksaan rapid antigen di kota masing-masing. “Tidak semua peserta yang akan kami tes rapid antigen, hanya peserta yang dengan gejala dan keluhan saja,” kata Bahauddin Rabu (26/5/2021).

Hal senada dissmpaikan Kepala Kankemenag Kota Bontang H Muhammad Isnaini yang mengatakan bahwa nantinya semua kafilah yang akan mengikuti MTQ sebelum masuk Ke Kota Bontang diwajibkan untuk menunjukkan hasil rapid antigen.

Semua lokasi yang digunakan selama pelaksanaan juga akan diterapkan Prokes secara ketat. Akses masuk dan keluar lokasi dibatasi hanya untuk yang berkepentingan saja guna memastikan Prokes 5 M berjalan dengan baik. (hel)

#Ingat Pesan Ibu ! Jangan Kendor Untuk Sehat dan Terhindar dari Covid-19 yaitu dengan menerapkan 5M (Memakai Masker, Menjaga Jarak, Mencuci Tangan dengan Sabun, Menghindari Kerumunan, Mengurangi Mobilitas) & 3T (Testing, Tracing, Treatment) & Vaksinasi.

Polres Bontang Gelar Focus Group Discussion (FGD) “Jangan Lengah, Tetap Prokes”

May 25, 2021 by  
Filed under Bontang

BONTANG – Walaupun angka penyebaran Virus Covid-19 di Kota Bontang Kaltim semakin menurun bahkan dibawah angka 10 kasus harian, seleuruh element masyarakat diharapkan tidak lengah dan tetap waspada untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Kasat Binmas AKP Jonner Simanjuntak, SH mewakili Kapolres Bontang AKBP Hanifa Martunas Siringoringo, SIK. MH, Jumat (21/5/2021) malam pada acara Focus Group Discussion (FGD) yang digelar Polres Bontang, yang bertemakan “JANGAN LENGAH TETAP LAKSANAKAN PROTOKOL KESEHATAN UNTUK MEMUTUS MATA RANTAI COVID-19”.

Kegiatan FGD dilaksanakan di Ruang Rapat Utama (Rupatama) Lantai 2 Mako Polres Bontang ini selain menggelar dialog yang diikuti 29 orang para Ketua RT se Kelurahan Gunung Elai dan Kelurahan Satimpo Kota Bontang, Kasat Binmas juga membagikan Masker gratis.

Lebih lanjut dikatakan Kasat Binmas AKP Jonner Simanjuntak, saat ini kita masih menghadapi pandemi Covid-19, mari kita bersama-sama ikut berperan dengan melakukan monitoring Zona Covid-19 diwilayah kita masing-masing.

“TNI, Polri dan Pemerintah telah melakukan upaya-upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19 dan tentunya ini membutuhkan dukungan dan peran serta seluruh masyarakat,” ucapnya.

Selian itu, ia meminta para ketua RT dari Kelurahan Gunung Elai dan Kelurahan Satimpo dapat mengetahui apakah Kelurahannya merupakan Zona Merah, Hijau, Orange, atau Kuning dan mengharapkan para Ketua RT ikut berperan aktif melakukan sosialisasi dan menyadarkan warganya agar tetap mematuhi protokol Kesehatan sehingga masyarakat Kota Bontang tidak ada lagi yang terjangkit covid-19.

Diujung penutup Kasat Bimas Polres Bontang ini mengajak masyarakat Bontang, yang sedang beraktivitas diluar rumah agar selalu menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak (3M) serta mentaati himbauan pemerintah dalam penanganan Covid-19. (*/hel)

Setelah Dilantik, Ardiansyah-Kasmidi Fokus Lanjutkan Pembangunan Infrastruktur

February 26, 2021 by  
Filed under Bontang

SANGATTA- Setelah resmi dilantik Gubernur Isran Noor berdasarkan Surat Keputusan (SK) Mendagri yang ditandatangani Tito Karnavian dengan Nomor 131.64-318, Bupati Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah Sulaiman dan Wakil Bupati Kasmidi Bulang mengaku akan langsung bekerja.

“Mengingat periode sekarang sangat singkat, hanya tiga tahun enam bulan, berdasarkan hitungan sementara, tanpa adanya perubahan. Sehingga, mana yang bisa dikerjakan di awal harus dikerjakan. Persiapan kerja 2020, kami fokus pembangunan infrastruktur lanjutan, penataan tata kelola pemerintahan, kepegawaian, dan keuangan. Semua sudah masuk tatanan rencana kerja,” beber Ardiansyah kepada awak media dalam jumpa pers di lobby Kantor Bupati Kutim kawasan Bukit Pelangi, Jumat (26/2/2021).
Intinya Ardiansyah bersama Kasmidi akan fokus dalam pembangunan lanjutan di Kutim.

Sebelumnya, Gubernur Kaltim Isran Noor secara langsung melantik wali kota-wakil wali kota dan bupati-wakil bupati di enam Kabupaten/Kota di Kaltim. Enam kabupaten/kota tersebut yakni Berau, Paser, Mahakam Ulu (Mahulu), Kutai Kartanegara (Kukar), Kutai Timur (Kutim) dan Samarinda. Pelantikan dilangsungkan secara virtual.

Namun hanya kepala daerah Mahulu yang dilantik secara langsung di Pendopo Odah Etam, Kompleks Kantor Gubernur Kaltim Jalan Gajah Mada.

Adapun enam kepala daerah yang dilantik pada hari ini antara lain Andi Harun-Rusmadi Wongso sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Samarinda, Ardiansyah Sulaiman-Kasmidi Bulang sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kutim, Bonifasius Belawan Geh-Yohanes Avun sebagai Bupati dan Wakil Bupati Mahulu.

Kemudian, Fahmi Fadli-Syarifah Masitah sebagai Bupati dan Wakil Bupati Paser, Edi Damansyah-Rendi Solihin sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kukar. Terakhir, Sri Juniarsih- Gamalis sebagai Bupati dan Wakil Bupati Berau.

“Di tengah-tengah kondisi COVID-19 ini, kita dapat melakukan kerjasama dengan pihak-pihak terkait seperti TNI-Polri dan lembaga-lembaga yang menangani penanggulangan COVID-19. Ini tugas mendesak, maka dalam melaksanakan tugas-tugas ini tentu sudah ada pedoman serta petunjuk-petunjuk dari pemerintah pusat,” jelasnya.

Ia mengucapkan terima kasih dan memberi penghargaan sebesar-besarnya kepada kepala daerah yang telah selesai melaksanakan tugasnya beberapa waktu lalu.

Selanjutnya, Isran menegaskan bahwa bupati dan wali kota itu bukan bawahan gubernur, tapi mitra gubernur. Jadi kepala daerah yang baru saja dilantik tidak perlu khawatir, sebab ia sangat senang apabila kepala daerah memberi pandangan-pandangan lainnya.
“Saya siap jika diberikan masukan, mari bersama-sama memperjuangkan dan membangun Kaltim dengan tugas serta tanggung jawab yang dibebankan kepada kita,” tegasnya. (**)

Pupuk Kaltim Capai 28,27 Juta Jam Kerja Aman Tanpa Kecelakaan

January 15, 2020 by  
Filed under Bontang

Bontang – Pupuk Kaltim berhasil mencapai 28.271.679 jam kerja aman tanpa kecelakaan hingga 10 Desember 2019. Capaian ini diraih atas tingginya kesadaran penerapan aspek Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) seluruh karyawan di lingkungan Perusahaan. Read more

Asmudin Hamzah Cuti, Syirajudin Jabat Plt Sekkot

July 2, 2014 by  
Filed under Bontang

BONTANG-vivaborneo.com, Sekkot Bontang H Asmudin Hamzah menyerahkan secara ‘estafet tongkat’ kepemimpinan ‘sementara’ jabatan Sekkot kepada HM Syirajudin. Read more

Next Page »