DPMPD Diajak Terlibat Tingkatkan Indeks Pembangunan Pemuda

August 3, 2021 by  
Filed under Kalimantan Timur

SAMARINDA – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim diajak terlibat meningkatkan Indeks Pembanguan Pemuda (IPP) Provinsi Kaltim. Sebab secara nasional IPP Provinsi Kaltim turun kelas dari peringkat empat pada 2015 dengan angka 52,17 menjadi peringkat tujuh pada 2018 dengan angka 54,83.

“DPMPD diminta ikut mendukung, karena salah satu indikator penilaian yang lemah terkait pemuda desa,” sebut Kepala DPMPD Kaltim M Syirajudin saat menerima kunjungan Kasubag Pemuda dan Olahraga Biro Kesejahteraan Rakyat Setdaprov Kaltim Yusuf, di Ruang Loby Kantor DPMPD Kaltim, Selasa (3/8/2021).

Syirajudin yang didampingi Sekretaris Surono menyebut secara prinsip DPMPD siap mendukung jika dilibatkan dalam upaya meningkatkan IPP dimaksud. Terlebih sasarannya sesuai dengan bidang tugas DPMPD Kaltim terkait pemberdayaan masyarakat desa yang di dalamnya termasuk pemuda.

Sejalan dengan itu, seiring perubahan arah kebijakan pembangunan daerah tugas pokok dan fungsi DPMPD Kaltim dalam RPJMD Kaltim 2019-2023 beralih dari Misi 2 “Berdaulat Dalam Pemberdayaan Ekonomi Wilayah dan Ekonomi Kerakyatan yang Berkeadilan“ menjadi Misi 1 “Berdaulat Dalam Pembangunan Sumber Daya Manusia yang Berakhlak Mulia dan Berdaya Saing, Terutama Perempuan, Pemuda dan Penyandang Disabilitas.

“Pembinaan pemuda desa menjadi bagian tanggung jawab DPMPD. Karenanya kita siap saja jika dilibatkan dalam tim kecil oleh Biro Kesra,”katanya.

Berdasarkan Laporan IPP Indonesia 2019 yang diterbitkan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN), secara angka nilai IPP Provinsi Kaltim mengalami peningkatan dari 52,17 pada 2015 menjadi 54,83 pada 2018. Hanya saja secara peringkat posisinya turun dari peringkat empat menjadi peringat tujuh nasional.

Salah satu tantangan yang dihadapi pada domain lapangan dan kesempatan kerja. Provinsi Kalimantan Timur perlu memberikan perhatian khusus pada domain ini karena nilai indeksnya paling rendah di antara semua domain.

Salah satu tantangan pada domain ini adalah tingkat pengangguran pemuda yang relative tinggi (15,21 persen). Meskipun trennya menurun, tingkat pengangguran pemuda di provinsi ini masih lebih tinggi daripada angka nasional (13,47 persen).

Tantangan berikutnya terdapat pada domain partisipasi dan kepemimpinan, yakni turunnya tingkat partisipasi pemuda dalam kegiatan sosial kemasyarakatan dari 77,25 persen menjadi 70,55 persen. Penurunan ini menyebabkan Provinsi Kaltim berada pada peringkat kelima terendah untuk indikator partisipasi pemuda dalam kegiatan sosial kemasyarakatan.(AM)

Kominfo Blokir 622 Website Perdagangan Berjangka hingga Juni 2021

August 1, 2021 by  
Filed under Kalimantan Timur

SAMARINDA – Sejak Januari 2021, Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika berhasil memblokir 622 situs web tanpa izin. Sikap tegas ini akan terus dilakukan agar masyarakat terlindungi dan mendapatkan pelayanan secara legal dari transaksi perdagangan berjangka komoditi,

Kepala Dinas Kominfo Provinsi Kaltim Muhammad Faisal

“Pada bulan Juni 2021 ini sudah diblokir sebanyak 109 situs web di bidang perdagangan berjangka komoditi (PBK) karena tidak memiliki perizinan dari Bappebti, hal ini tentu saja untuk melindungi dan memberikan rasa aman serta melindungi warga negara Indonesia,” kata Muhammad Faisal mengutip siaran pers yang dikeluarkan oleh Bappebti,(30/7/2021).

Memang biasanya penawaran di bidang PBK ini melalui situs web, sehingga diharapkan masyarakat di Provinsi Kaltim agar tidak mudah percaya dengan penawaran investasi yang menjanjikan keuntungan tinggi tanpa memiliki risiko secara online. Perdagangan berjangka memang dapat memberikan keuntungan yang tinggi, namun juga dapat menderita kerugian yang sangat besar atau high risk high return. Masyarakat diminta tidak mudah tergiur iming-iming pendapatan tetap (fixed income) maupun pembagian keuntungan (profit sharing) dalam investasi PBK,

“Intinya jangan mudah tergiur dengan iming-iming keuntungan yang tinggi dan cepat apalagi jika penawaran tersebut dibumbui dengan iming-iming akan mendapatkan bonus atau komisi apabila berhasil merekrut anggota baru sebagai downline, dapat dipastikan bahwa modus tersebut berujung penipuan,” lanjut Faisal.

Sebaiknya sebelum memutuskan untuk berinvestasi di PBK ataupun menyetorkan sejumlah dana ke rekening tertentu, masyarakat diharapkan selalu melakukan pengecekan legalitas pelaku usaha dan kewajaran keuntungan. Masyarakat juga harus kritis terhadap perusahaan investasi yang menjanjikan keuntungan besar secara persentase serta dalam jangka waktu tertentu,

“Selain itu, masyarakat juga diharapkan untuk tidak mudah tergiur dengan janji keuntungan di luar kewajaran serta mempelajari terlebih dahulu mekanisme transaksi, untung, dan ruginya” ucapnya sambil mengakhiri pembicaraan.

Informasi lengkap mengenai legalitas pelaku usaha di bidang PBK, dapat dilihat melalui situs web https://www.bappebti.go.id. (mf/ky)

Beri Dukungan, Wakil Gubernur Kirim Suplemen

July 31, 2021 by  
Filed under Kalimantan Timur

SAMARINDA – Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi tak tinggal diam. Mendengar ada wartawan sedang menjalani isolasi mandiri karena terpapar Covid19, Wagub mengirimkan obat, bahan makanan dan suplemen untuk mempercepat pemulihan para wartawan.

“Saya ikut mendoakan kesembuhan teman-teman. Semoga segera pulih dan beraktivitas kembali,” sebut Wagub melalui pesan singkatnya. Orang nomor dua di Kaltim yang sebelumnya juga pernah sembuh dari Covid 19 ini memang dikenal dekat dan akrab dengan para wartawan. Tak heran ketika mendengar kabar ada wartawan yang sedang isolasi mandiri di Kantor PWI Kaltim, Hadi Mulyadi langsung memberikan dukungan.

“Beliau tadi pagi memang berkirim pesan ke saya, mengirimkan makanan, obat, dan suplemen ke kantor PWI kaltim,” sebut Endro S. Efendi, ketua PWI Kaltim. Endro mengaku, selama ini Wagub Kaltim memang kerap memberikan support untuk kegiatan PWI Kaltim. Termasuk, menjadi ketua kontingen dalam Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) 2022 mendatang di Jawa Timur.

“Saya mewakili keluarga besar PWI Kaltim, menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan yang diberikan pak Wagub untuk kesembuhan teman-teman. Mudah-mudahan semua cepat pulih dan segera aktivitas kembali,” sebut Endro.

Endro juga mengajak rekan wartawan lain yang sedang mengalami gejala Covid 19 dan membutuhkan ruang isolasi, dipersilakan untuk bergabung ke kantor PWI kaltim. “Lebih mudah dicek dan dikontrol karena di satu tempat,” sebutnya.

Sementara itu, ada juga wartawan yang sedang isolasi mandiri bersama keluarganya yang juga terpapar. “Kami terus pantau dan terus koordinasi. Bahan makanan dan obat-obatan kami antarkan ke rumah wartawan yang sedang isolasi,” ujar Endro. Karena itu, ia meminta rekan wartawan yang mengalami gejala atau sedang isolasi untuk memberikan informasi ke PWI Kaltim.

Hingga sore kemarin, dukungan untuk para wartawan yang sedang isolasi mandiri terus berdatangan. Dinas Pendidikan Kaltim misalnya, mengirimkan stafnya untuk membawa sembako dan bahan makanan lainnya. Begitu juga Wakil Pemimpin Redaksi Kaltim Post Duito Sastro yang juga memberikan dukungan untuk rekannya sesama profesi dengan membawa bahan makanan dan buah-buahan.

Kondisi para wartawan yang sedang menjalani isolasi mandiri terus membaik. Harapannya, bisa segera pulih dan bisa kembali menjalankan aktivitas jurnalistik.

“Sekali lagi, kami berterima kasih atas dukungan yang diberikan semua pihak kepada rekan-rekan wartawan yang saat ini menjalani isolasi mandiri. Semoga semua tetap sehat dan tetap mematuhi protokol kesehatan,” pungkas Endro. (*)

Wartawan Positif, Kantor PWI Jadi Lokasi Isolasi Mandiri

July 29, 2021 by  
Filed under Kalimantan Timur

Endro S. Efendi

SAMARINDA – Kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kaltim di Jalan Biola Samarinda, untuk sementara dijadikan tempat untuk isolasi mandiri. Ini terpaksa dilakukan karena beberapa wartawan dan pengurus PWI Kaltim, terpapar Covid 19.

Ketua PWI Kaltim, Endro S. Efendi, menyebutkan, awalnya mendengar beberapa wartawan yang sakit dengan gejala Covid 19. Setelah dilakukan swab, ternyata memang positif. Beberapa wartawan yang positif itu kemudian disarankan untuk isolasi mandiri saja di kantor PWI Kaltim, agar keluarga di rumah tidak tertular dan tetap aman.

Para wartawan yang terkena Covid 19 ini rata-rata dalam kondisi kehilangan penciuman, disertai demam dan nyeri pada tubuh. “Mudah-mudahan semua dengan gejala ringan, tidak perlu sampai dirawat di rumah sakit,” harapnya.

Saat ini ada 6 wartawan yang isolasi mandiri di kantor PWI. Kemungkinan jumlahnya bisa bertambah. “Karena beberapa teman yang isolasi di rumah, berencana berpindah isolasi ke kantor PWI, agar tidak membahayakan keluarga,” beber Endro.

Endro juga menyebutkan, menjalani isolasi mandiri bersama rekan seprofesi, setidaknya bisa saling memotivasi dan memberikan semangat. Selain itu, masih bisa beraktivitas dengan baik, serta bisa melakukan olahraga ringan.

“Di PWI ada meja biliar. Selama ini, meja biliar itu digunakan untuk berlatih bagi wartawan yang akan mengikuti pekan olahraga wartawan nasional,” imbuh pria yang juga dikenal sebagai hipnoterapis klinis ini.

Terkait kantor PWI yang jadi lokasi isolasi mandiri, Endro meminta wartawan yang akan berurusan di kantor organisasi profesi ini, sementara untuk ditunda dulu. “Sementara bisa komunikasi dulu melalui telpon,” ujarnya.

Untuk kebutuhan selama isolasi mandiri, sementara dilakukan secara swadaya. “Kalau untuk makanan, insya Allah, masih ada persediaan,” sambungnya.

Terakhir, Endro berharap, para wartawan tetap patuh pada protokol kesehatan. “Apalagi wartawan termasuk profesi sangat rentan, karena harus mencari informasi ke luar,” katanya.

Para wartawan yang saat ini sedang menjalani isolasi mandiri, selama ini juga diketahui selalu menjaga protokol kesehatan. “Yang patuh protokol saja masih bisa kena, apalagi yang cuek,” pungkasnya. (*/man)

Ketersediaan Tabung Oksigen Di Kaltim Belum Mencukupi

July 28, 2021 by  
Filed under Kalimantan Timur

HM Jauhar Efendi

SAMARINDA – Ketersediaan tabung oksigen menurut Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Prov. Kaltim HM Jauhar Efendi saat ini masih belum cukup.

Dikatakan Jauhar, berdasarkan data yg masuk lewat Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS), dari 58 Rumah Sakit di Kaltim, 43 Rumah sakit yang sudah melaporkan pemakaian, ketersediaan dan estimasi stok akan habis.

“Secara keseluruhan untuk  jenis oksigen cair diperkirakan stok akan habis dalam dua hari kedepan,” ungkap Jauhar saat dikonfirmasi melalui sambungan handphone, Selasa (27/7/2021).

Sementara tabung kecil (1m3) dua hari, tabung sedang (2m3) dua hari dan tabung besar (6m3) hanya bertahan sampai satu hari ke depan.

Seluruh keperluan oksigen Rumah Sakit dipasok dari PT. Samator. Namun, karena peningkatan yang tajam akan oksigen terjadi defisit pasokan.

Jauhar meminta kepada Pemerintah Pusat untuk menambah peralatan penghasil oksigen konsentrator terutama untuk Rumah Sakit di Kutai Barat dan Mahakam Ulu.

“Kalau pakai tabung oksigen waktunya terlalu lama,” kata Jauhar.

Jauhar pun berharap perusahaan – perusahan besar maupun BUMN yang bisa memproduksi oksigen untuk bisa membantu keperluan Rumah Sakit.

“Jika pimpinan perusahaan tidak bersedia, diminta  melapor ke Direktur Industri Kimia Hulu” tutupnya. (*)

Next Page »