DPMPD Diajak Terlibat Tingkatkan Indeks Pembangunan Pemuda

August 3, 2021 by  
Filed under Kalimantan Timur

SAMARINDA – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim diajak terlibat meningkatkan Indeks Pembanguan Pemuda (IPP) Provinsi Kaltim. Sebab secara nasional IPP Provinsi Kaltim turun kelas dari peringkat empat pada 2015 dengan angka 52,17 menjadi peringkat tujuh pada 2018 dengan angka 54,83.

“DPMPD diminta ikut mendukung, karena salah satu indikator penilaian yang lemah terkait pemuda desa,” sebut Kepala DPMPD Kaltim M Syirajudin saat menerima kunjungan Kasubag Pemuda dan Olahraga Biro Kesejahteraan Rakyat Setdaprov Kaltim Yusuf, di Ruang Loby Kantor DPMPD Kaltim, Selasa (3/8/2021).

Syirajudin yang didampingi Sekretaris Surono menyebut secara prinsip DPMPD siap mendukung jika dilibatkan dalam upaya meningkatkan IPP dimaksud. Terlebih sasarannya sesuai dengan bidang tugas DPMPD Kaltim terkait pemberdayaan masyarakat desa yang di dalamnya termasuk pemuda.

Sejalan dengan itu, seiring perubahan arah kebijakan pembangunan daerah tugas pokok dan fungsi DPMPD Kaltim dalam RPJMD Kaltim 2019-2023 beralih dari Misi 2 “Berdaulat Dalam Pemberdayaan Ekonomi Wilayah dan Ekonomi Kerakyatan yang Berkeadilan“ menjadi Misi 1 “Berdaulat Dalam Pembangunan Sumber Daya Manusia yang Berakhlak Mulia dan Berdaya Saing, Terutama Perempuan, Pemuda dan Penyandang Disabilitas.

“Pembinaan pemuda desa menjadi bagian tanggung jawab DPMPD. Karenanya kita siap saja jika dilibatkan dalam tim kecil oleh Biro Kesra,”katanya.

Berdasarkan Laporan IPP Indonesia 2019 yang diterbitkan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN), secara angka nilai IPP Provinsi Kaltim mengalami peningkatan dari 52,17 pada 2015 menjadi 54,83 pada 2018. Hanya saja secara peringkat posisinya turun dari peringkat empat menjadi peringat tujuh nasional.

Salah satu tantangan yang dihadapi pada domain lapangan dan kesempatan kerja. Provinsi Kalimantan Timur perlu memberikan perhatian khusus pada domain ini karena nilai indeksnya paling rendah di antara semua domain.

Salah satu tantangan pada domain ini adalah tingkat pengangguran pemuda yang relative tinggi (15,21 persen). Meskipun trennya menurun, tingkat pengangguran pemuda di provinsi ini masih lebih tinggi daripada angka nasional (13,47 persen).

Tantangan berikutnya terdapat pada domain partisipasi dan kepemimpinan, yakni turunnya tingkat partisipasi pemuda dalam kegiatan sosial kemasyarakatan dari 77,25 persen menjadi 70,55 persen. Penurunan ini menyebabkan Provinsi Kaltim berada pada peringkat kelima terendah untuk indikator partisipasi pemuda dalam kegiatan sosial kemasyarakatan.(AM)

Stok Darah Plasma Konvalesen Minim, Pasien Menunggu Pendonor

August 3, 2021 by  
Filed under Kesehatan

SAMARINDA – Meningkatnya permintaan darah plasma konvalesen akibat tingginya angka kasus Covid-19 menyebabkan kekosongan di Palang Merah Indonesia (PMI) Samarinda.

“Stok darah plasma konvalesen saat ini masih minim, terdapat 23 pasien harus menunggu antri pendonor dan terbanyak untuk golongan darah B,”ungkap Plt.Direktur Unit Donor Darah (UDD) PMI Samarinda Helda Fitriyani, saat dikonfirmasi melalui sambungan telepone. Senin (3/8/2021)

Helda mengatakan, persediaan darah plasma konvalesen sudah sepekan lebih mengalami kekosongan di PMI. Hal ini terjadi karena tinggi kasus Covid di kota Samarinda.

Dirinya menyebutkan terdapat kendala dalam memenuhi ketersedian seperti mendapatkan penyintas Covid yang memenuhi standar tidak lah mudah. Sementara alat dimiliki PMI sendiri sempat mengalami trouble dan juga ketersediaan kantong mengalami kendala dari pihak suplyer.

Dalam perekrutan dan pendataan penyintas Covid, pihaknya telah bekerja sama dengan Pemerintah Kota dan Rumah Ulin Arya dalam gerakan pahlawan plasma.

“Kami sendiri selama ini memberikan pelayanan plasma konvalesen tidak hanya wilayah Samarinda, tapi juga diluar Samarinda seperti Tenggarong, Balikpapan, Paser, Tarakan dan Nunukan,”ungkapnya

Untuk memenuhi stok plasma PMI juga melakukan rekrutmen kembali dari pendonor penyintas Covid baik yang lama maupun yang baru.

“Kepada masyarakat yang pernah terpapar covid-19 dan sudah dinyatakan sembuh atau negative, agar bisa mendonorkan darahnya, karena darah plasma konvalesen sata ini sangat dibutuhkan,” tutupnya. (*/smr)

Kantor PWI Kaltim Disemprot Desinfektan

August 2, 2021 by  
Filed under Kesehatan

SAMARINDA – Hampir sepekan, kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kaltim di Jalan Biola No. 8 Samarinda dijadikan lokasi isolasi mandiri untuk para wartawan. Sebagai upaya pencegahan, kantor organisasi profesi para wartawan itu pun disemprot desinfektan.

“Kebetulan dapat pinjaman alat semprot dari pengurus PWI Kaltim yang juga jadi ketua RT di Kampung Jawa. Jadi kita semprot setidaknya untuk memberikan rasa aman dan nyaman,” sebut Sekretaris PWI Kaltim Wiwid Marhaendra Wijaya yang sedang menjalani isolasi mandiri.

Dikatakan, secara rutin, kantor PWI Kaltim akan disemprot cairan desinfektan. “Sebagai pencegahan saja. Namanya juga ikhtiar,” tambah Wiwid yang menyemprot seluruh ruangan lantai satu kantor ini.

Di lantai dua, tugas penyemprotan diteruskan wartawan Antara, M Ghofar yang juga pengurus PWI Kaltim. Wartawan yang sehari-hari bertugas di Penajam Paser Utara itu, menyisir ruang aula, dan beberapa ruangan lain di lantai dua. “Sekalian olahraga. Lumayan berkeringat,” sebut Ghofar.

Ia pun terpaksa bertahan di Samarinda sampai dinyatakan negatif, dan kembali melaksanakan tugas peliputan di Penajam Paser Utara.

Sementara itu, Ketua PWI Kaltim Endro S. Efendi, berharap pekan ini wartawan yang sedang menjalani isolasi mandiri bisa dinyatakan negatif dan kembali berkumpul bersama keluarga. “Saat ini kondisi teman-teman sudah semakin membaik. Memang sempat ada yang kehilangan nafsu makan, tapi kini sudah mulai mau makan lagi,” bebernya.

Begitu juga wartawan yang sedang menjalani isolasi di rumah, dikabarkan juga semakin membaik. “Mudah-mudahan semuanya bisa lepas dari proses isolasi, dan dinyatakan negatif,” sambungnya.

Kepada para wartawan yang sedang bertugas di lapangan, Endro kembali mengingatkan untuk selalu taat protokol kesehatan. “Jaga diri sendiri, maka itu akan menjaga orang lain dan keluarga,” pungkasnya. (*)

Pemda Kubar Lepas Kepergian Vino

August 2, 2021 by  
Filed under Berita

SENDAWAR – Bupati Kutai Barat FX. Yapan bersama Wakil Bupati H. Edyanto Arkan, Dandim 0912/Kbr Letkol Kav. Yudi Prasetyo Purnomo, M.I Pol, Kapolres AKBP. Irwan Yuli Prasetyo, S.Ik. melepas kepergian Vino menuju Kabupaten Sragen Jawa Tengah, di lobi Kantor Bupati Kubar, Minggu (1/8/2021).

Vino anak yatim piatu yang ditinggal kedua orang tuanya meninggal dunia karena covid 19, kini diambil kedua kakek dan nenek dari Sragen yang diwakili pak De dan Ibu De nya, didampingi Dinsos Srangen menjemput Vino untuk kembali pulang ke kampung halaman kedua orang tuanya di Jawa Tengah.

Yapan menyampaikan, atas nama pribadi dan juga pemerintah Kubar mohon maaf yang sebesar besarnya kepada pihak keluarga adik Vino dan juga perwakilan Dinsos Sragen yang sudah bersusah payah menjemput Vino ke Kubar untuk di bawa pulang ke Sragen, Jawa Tengah.

“Saya selaku kepala daerah mengutus Kepala Dinas Kesehatan, Sosial dan Pendidikan untuk selalu memantau keadaan Vino,”kata FX. Yapan seraya meneteskan air mata karena terharu.

Ia menyampaikan, Vino memang sudah selesai melakukan isolasi mandiri. Namun demikian, secara harus terus dikontrol karena Vino belum mengerti apa apa dan masih berusia 9 tahun serta perlu bimbingan dari semua pihak.

“Jika pihak keluarga mengijinkan saya siap mengasuh Vino dan menjadikannya anak angkat saya,”ujar FX. Yapan.

Ditanya terkait pendidikan Vino, Yapan mengatakan Pemda Kubar siap mananggung biaya pendidikan adik Vino, tergantung payung hukumnya.

“Jika Dinas Sosial Sragen tidak sanggup membiayai pendidikannya, kita di Kubar ini sanggup membiayai pendidikan Vino sampai selesai, dan siap mempekerjakan adik Vino di Kubar,”tegas FX. Yapan.

Yapan juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan juga para donatur atas dukungan dan sumbangannya kepada Vino. Ia juga menyampaikan istrinya membuat rekening atas nama Vino, dan jumlahnya sudah mencapai seratus juta lebih.

“Semoga apa yang sudah diberikan kepada Vino ini dibalas oleh Tuhan Yang Maha Esa,”ungkapnya.

Sementara itu Wakil Bupati H. Edyanto Arkan menambahkan, saat ini Kubar lagi mengalami krisis oksigen dalam menangani pasien covid 19. Segala daya dan upaya sudah dilakukan oleh Pemda, meminta bantuan ke perusahaan bahkan ke Pemprov Kaltim.

“Sekarang kita akan membeli mesin dan tangkinya untuk mengisi oksigen sendiri. Secepatnya kita realisasikan,”janjinya.

Ia menjelaskan, biaya ini yang akan dipakai untuk membeli mesin oksigen ini adalah Biaya Tidak Terduga (BTT), dan nanti akan dianggarkan di APBDP. Agar cepat terealisasi pemda memakai biaya tersebut.

“Kalau kita menunggu APBDP keluar masih lama sekali. Kita akan upayakan pake uang BTT ini dulu, karena kita mengingat nyawa manusia yang dipertaruhkan,”jelasnya.

Bupati dan Wakil menegaskan sekali lagi agar masyarakat sadar dengan keadaan covid yang banyak merenggut nyawa.

Masyarakat diingatkan selalu mentaati prokes yang ada, tunda dulu kegiatan apapun yang mengumpulkan orang banyak, seperti pernikahan, acara lembo lestari dan semua kegiatan yang bisa mendatangkan kerumunan. (arf)

Perumdam Tirta Kencana Kebut Pembangunan SPAM Sungai Kapih

August 1, 2021 by  
Filed under PDAM Samarinda

SAMARINDA – Perumdam Tirta Kencana Kota Samarinda terus kebut penyelesaian pembangunan SPAM Sungai Kapih. Direktur Teknik Ali Rachman AS bersama Manager Perencanaan Teknik H M Ady Fachrudy melalui Asisten Manager Humas dan Kesektariatan HM Lukman, saat mendampingi Anggota Dewan Pengawas H Abdullah dan Hargono saat meninjau ke lokasi pembangunan SPAM Sungai Kapih mengatakan pembangunan SPAM ini sebagai uapaya peningkatan pelayanan akan air bersih.

“Alhamdulillah kita kebut penyelesaian SPAM Sungai Kapih seiring di tahun ini adanya bantuan anggaran Keuangan dari Pemerintah Kota melalui PUPR Kota Samarinda yang Insya Allah akhir tahun 2021 sudah bisa kita operasikan untuk melayani kebutuhan air bersih masyarakat Kecamatan Sambutan dan sekitarnya,” kata Ali Rachman, Minggu (1/8/2021)

Dijelaskan, IPA Sungai Kapih kapasitas 200 liter/detik ini sudah lama mangkrak sejak tahun 2014. Bahkan beberapa peralatan sarana dan prasarana banyak tidak ada. Karenanya Perumdam bekerja keras berjuang mencari dukungan anggaran baik ke Pemerintah Kota maupun Pemerintah Provinsi agar bisa dilengkapi kembali sarana dan prasarana sehingga SPAM Sungai Kapih nantinya bisa dioperasionalkan untuk melayani dan menambah kapasitan prosuksi air bersih untuk Kota Samarinda.

“Alhamdulillah dukungan Walikota Andi Harun dan jajarannya serta Gubernur Isran Noor, dukungan anggaran dikucurkan untuk penyelesaian SPAM Sungai Kapih ini, semoga proyek berjalan lancar dan target akhir tahun selesai dan bisa dioperasinalkan,” terang Ali.

Jika SPAM Sungai Kapih sudah bisa beroperasi diharapkan akan bisa menambah pasokan produksi air bersih untuk melayani masyarakat di kecamatan Sambutan termasuk Perumahan Sambutan Asri dan Handil Kopi yang selama ini aliran masih bergilir. Selain itu saat ini juga sedang proses pekerjaan pipa DN 300 mm dari jalur SPAM Makroman menuju Sambutan. Target akhir tahun ini juga perpipaan bisa terkoneksi.

“Mohon doa dan dukungannya Insya Alllah jika SPAM Sungai Kapih beroperasi akan mengurangi jadwal bergilir di wilayah Sambutan Asri dan sekitarnya. Diupayakan bisa mengalir 24 jam dan lancar jika pipa sudah terkonek dari jalur SPAM Makroman,” tutur Ali Rachman.

Bila pekerjaan tersebut telah selesai, maka Perumdam Tirta Kencana akan membuka penyambungan pelanggan baru di wilayah tersebut. (*/lk)

 

Next Page »