ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Tanam Pohon Lengkeng Tandai Puncak Acara

December 1, 2009 by  
Filed under Samarinda

SAMARINDA – vivaborneo.com -Gerakan Perempuan Menanam dan Memelihara Pohon dilaksanakan oleh berbagai Organisasi Wanita

di Kaltim bekerjasama dengan Dinas Tanaman Pangan Provinsi Kaltim ditandai dengan penanaman pohon buah Lengkeng di kebun Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Kaltim di Samarinda Selasa (1/12).

Emilia Suharni Faroek

Emilia Suharni Faroek

Istri Gubernur Kaltim selaku Ketua PPK, Ny. Dra. Hj Emilia Suharni Faroek dalam sambutannya mengatakan bahwa gerakan ini merupakan kebersamaan tujuh organisasi perempuan yaitu, Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB), Dharma Wanita, Tim Penggerak PKK, Korp Wanita KOWANI, Dharma Pertiwi, Bhayangkari dan Aliansi Perempuan Untuk Pembangunan Berkelanjutan (APPB) yang diprakarsai Ibu Negara Ani Yudhoyono.

“Kegiatan ini Kita lakukan setiap tahun sepanjang bulan Desember dan biasanya terpusat di Jakarta saja, namun tahun ini puncak acara juga dilakukan disetiap daerah,” ujarnya.

Dengan kegiatan ini diharapkan masyarakat, ibu rumah tangga, mahasiswa, anak-anak dan remaja dapat termotivasi untuk menanam pohon, baik tanaman langka, tanaman produktif, hortikultura di sekitar tempat tinggal dan kebun yang dimiliki.

Gerakan Wanita Tanam dan Pelihara Pohon merupakan gerakan nasional yang dimulai sejak tahun 2007 dengan mengambil tema yang berbeda-beda. Tahun 2007 bertema Perubahan Iklim dan berhasil menanam 15 Juta pohon yang tersebar di seluruh Indoonesia. Pada 2008 bertema Ketahanan Pangan dengan menanam 17 Juta pohon dan menebar 42 Juta benih ikan. Sedangkan tahun ini, bertema Konservasi Air dengan gerakan menanam pohon dan tebar ikan untuk revitalisasi Situ dan Hutan Kota.

Acara ini selain menanam secara simbolis bibit Lengkeng, di kebun PKK ini juga telah di buat kebun sayuran seperti kacang panjang, terong, cabe, dan sejumlah kebun anggrek. Dalam waktu dekat akan dibangun juga kolam ikan.(vb-01)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.