ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Samarinda Sukses Tampil di Pekan Budaya Dayak Nasional II

December 1, 2016 by  
Filed under Budaya

VIVABORNEO.COM, Kota Samarinda berpartisipasi dan memperkenalkan budaya Dayak di tingkat nasional pada acara Pekan Budaya Dayak Nasional II (PBDN2) tanggal 24-27 November 2016 di Jogjakarta Expo Center (JEC). Penampilan yang sangat apik sukses memukau warga Jogya.“Kami turut serta di promosi bersama se Kalimantan ini sesuai undangan dari Majelis Adat Dayak Kalimantan. Kegiatan ini  sebagai sarana untuk menunjukan bahwa kita, Kaltim  punya kebudayaan yang luar biasa. Apalagi,  kegiatan ini cukup efisien dan efektif,” kata Muhammad Faisal kepala Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif dan Kominfo kota Samarinda.

Seperti juga gelaran yang pertama tahun 2013 di Jakarta, kali ini Kota Samarinda juga ikut di beberapa rangkaian acara yang diselenggarakan,  seperti hari yang ditampilkan yaitu  mengikuti Parade Budaya (25/11) dengan start di Halaman Balaikota menuju JEC ,

Seluruh peserta PBDN2 tampil mengikuti pawai budaya sejauh kurang lebih 2,5 km dari Balaikota menuju JEC dengan sebelumnya tampil (performance)  di depan panggung kehormatan.  Warga Jogja pun antusias menyaksikan acara langka ini di sepanjang jalan yang dilewati oleh peserta.

Selanjutkan pada Jum’at (25/11) malam, juga ditampilkan “Samarinda Sampe Music”. Di Panggung Budaya JEC Kota Samarinda mempersembahan Musik Sampe Kaloborasi, dengan tiga musisi sampe sambil di iringi para penari Dayak, masing-masing Markus Laden dengan musik original, Asfian Gusprada dengan musik etnic fusion dan  Muhammad Budhi Setiyawan mahasiswa Kaltim yg sedang menempuh S2 di Jogja dng etnic world music.

Faisal mengatakan Kota Samarinda  ingin memberikan tampilan berbeda dalam upaya mengenalkan alat musik petik tradisional Sampe. Selain bisa menyajikan musik tradisional yang lembut juga mampu dipadukan dengan  alat musik modern.

“Alhamdullilah menarik perhatian pengunjung pameran di JEC, tampilan yang memukau dari  Tim Samarinda yang menyuguhkan suasana musik etnik dengan kemasan baru dan kaloborasi modern,” ujar  Faisal bersemangat kepada awak media.(vb/del)

 

 

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.