ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Pj. Bupati Mahulu Apresiasi Pemanfaatan Pekaranan Warga

December 23, 2015 by  
Filed under Agrobisnis

MAHAKAM ULU – Pertanian merupakan bidang prioritas dalam program pembangunan di Provinsi Kaltim. Untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat di Kabupaten Mahakam Ulu yang merupakan kabupaten perbatasan di Kaltim, Badan Pembangunan Perbatasan daerah (BPPD) Kaltim telah membangun Demontrasi Plot (Demplot) Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (MKRPL) di Kampung Batu Majang Kecamatan Long Bagun.Pj Bupati Mahakam Ulu, Ir. Frederik Bid, MSi, saat meninjau langsung pemanfaatan toping off MKRPL sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya kegiatan ini dapat menciptakan peluang usaha untuk meningkatkan perekonomian masyarakatdalam peningkatan kesejahteraan.

“Jika setiap rumah tangga memiliki demplot rumah pangan lestari dan disisinya ada kolam ikan dengan memanfaatkan pekarangan rumahnya. Wah, tentu gizi keluarga dapat terpenuhi,” ujarnya, Jumat (11/12).

Frederik berharap, tanaman di demplot dapat tumbuh subur sehingga dapat memenuhi kebutuhan pasar lokal Kabupaten Mahakam Ulu. “Karena selama ini pasar kita selalu kosong,” imbuh Frederik.

Secara terpisah, Kabid Pembinaan Ekonomi dan Dunia Usaha Drs. Husaini  mengatakan, salah satu yang digiatkan yaitu tanaman cabai. Pemenuhan kebutuhan pangan terutama cabai yang saat ini permintaannya sedang meningkat tetapi pekebun cabai Kaltim belum mampu memenuhi konsumen pasar. Akibatnya, harus mendatangkan cabai dari luar daerah yang terbilang lebih mahal dari harga lokal karena biaya transportasi yang lebih tinggi.

“Hal ini terkait dengan keinginan Pj Bupati untuk meningkatkatkan produksi cabai di Mahulu karena melonjaknya harga cabai dapat mempengaruhi inflasi daerah,” ungkap Husaini.

Sementara itu, Petinggi Kampung Batu Majang Yosep Merang merespon keinginan Bupati dengan sangat antusias. Dikatakannya, selama ini masyarakat memang telah menanam baik pohon maupun sayuran tetapi dalam skala kecil.

“Tentunya kita akan terus upayakan agar masyarakat dapat memberdayakan pekarangan rumahnya untuk menanam sayur” ujarnya. (vb/RDG/BPPD)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.