ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Kodim 0901 Samarinda Lakukan Tanam Padi Serempak

December 8, 2015 by  
Filed under Agrobisnis

SAMARINDA, vivaborneo.com, Tentara Nasional Indonesia (TNI) Komando Distrik Militer (Kodim) 0901/Samarinda melaksanakan program Upaya Khusus (Upsus) tanam padi serentak guna mendukung program swasembada pangan nasional yang dicanangkan Pemerintah Pusat.

Mengusung tema “Tingkatkan Produksi Padi untuk Kesejahteraan Petani dan Ketahanan Pangan, ” bersama Dinas Pertanian Kota Samarinda dan kelompok tani Berkat Usaha, dilakukan tanam padi serempak yang dilaksanakan di Jalan Al Hasnie RT.06 Kelurahan Bentuas Kecamatan Palaran Samarinda.

Kasrem 091/ASN Kol Inf Handoko Nurseta mengatakan dengan upaya khusus yang dicanangkan pemerintah, TNI di seluruh Indonesia siap mendukung dengan bebrabaga upaya termasuk pelatihan dan pendampingan kepada petani.

“TNI telah dilatih oleh Pemprov Kaltim dalam hal ini Badan Pelatihan Pertanian. Sehingga para anggota TNI juga telah memilki pengetahuan dalam penanaman padi, jagung dan kedelai dalam rangka upaya khusus swasembada pangan,” ujarnya.

Penanaman serempak menggunakan bibit unggulan dari jenis Ciherang dan Mikongah, menggunakan sistem tanam jajar legowo di lahan sawah Kelompok Tani Berkat Usaha dengan luas Lahan seluruhnya  41 hektar. Namun dalam acara  tanam padi serentak kali ini hanya menanam padi di lahan seluas 4 Hektar yang melibatkan berbagai elemen masyarakat di Desa Bentuas Kecamatan Palaran Samarinda.

“Selain untuk meningkatkan produktivitas padi untuk kesejahteraan petani dan ketahanan pangan, kegiatan ini juga bertujuan untuk mempererat kebersamaan antara rakyat dan TNI AD, yang harus terus dipupuk, karena TNI memiliki motto `Bersama Rakyat TNI Kuat,” tegasnya.

Hadir dalam kegiatan tanam padi serentak yang dilaksanakan di desa Bentuas Kecamatan Palaran tersebut antara lain  Dandim 0901/Smd Letkol Inf Sriyono, Danyonif 611/Awl Mayor Inf Budi Permana, Kadistanbunhut Kota Samarinda Marwansyah, Kadispertan Kaltim Sisworo, Asisten I pemkot Smd H. Hermanto, Camat Palaran Eko Suprayitno, Danramil Palaran Mayor Edi S, Kapolsek Palaran Yos Salatta, Ketua Kelompok Tani Berkat Usaha Desa Bentuas  Ramli dan diikuti lebih kurang 150 orang masyarakat dan petani. (vb/yul/SerkaRizal)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.