ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Dinas Sosial Latih Anggota Tagana Angkatan 2009

December 16, 2009 by  
Filed under Berita

SAMARINDA –  Dinas Sosial Provinsi Kaltim  bekerjasama dengan sejumlah pihak memberikan pembekalan dan latihan pada 140 anggota Taruna Tanggap Bencana (Tagana) dari berbagai kabupaten/kota di Kaltim Selasa-Kamis (15-18) di Samarinda. Tagana merupakan tenaga sukarelawan yang dibentuk di 33 provinsi di Indonesia oleh Dinas Sosial Republik Indonesia.

Ketua Panitia, Drs. Ayi Hikmat

Ketua Panitia, Drs. Ayi Hikmat

Kepala Dinas Sosial Drs Bere Ali yang diwaliki oleh Pelaksana Tugas Harian (Plh) Drs Darmansyah dalam sambutannya mengatakan pembentukan Tagana ini merupakan program yang dibuat dari unsur masyarakat, yang dikelola oleh masyarakat dan diperuntukkan bagi masyarakat juga.

“Kalangan generasi muda khususnya dan  masyarakat umumnya memiliki keinginan yang sangat kuat ikut terlibat dalam penanggulangan bencana seperti munculnya berbagai perkumpulan-perkumpulan sejenis atas nama kemanusian dan penanggulangan bencana,” jelasnya.

Potensi-potensi yang ada di generasi muda menurut Darmansyah perlu digalang dan dikoordinir dalam satu wadah dengan format yang lebih dinamis dan memiliki misi yang sama.  “Inilah yang melatarbelakangi terbentuknya Taruna Siaga Bencana (Tagana). Sehingga penanggulangan bencana dari potensi masyarakat harus dilakukan oleh orang-orang terlatih dan tidak amatiran,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana, Drs Ayi Hikmat menjelaskan tujuan dari pelatihan ini untuk menyiapkan peserta yang berasal dari organisasi kepemudaan dan organisasi sosial, yang terlatih dalam penanggulangan bencana serta membangun kesiapansiagaan masyarakat u ntuk menghadapi bencana yang akan terjadi.

“Jumlah anggota Tagana saat ini sebanyak 470 orang yang tersebar di seluruh Kaltim, antara lain Samarinda, Balikpapan, Kabupaten Paser dan Kabupaten Bulungan masing-masing sebanyak 100 orang dan Kabupaten Kutai Timur sebanyak 70 orang anggota. Dengan dilatihnya anggota Tagana baru angkatan 2009 ini berarti anggota tagana kini berjumlah 610 orang,” jelas Ayi.

Jumlah peserta angkatan 2009 ini sebanyak 140 orang yang berasal dari Samarinda 70 orang, Kota Balikpapan dan Bontang masing-masing 10 orang, Kutai Kartanegara dan Kabupaten Kutai Barat masing-masing  20 orang dan  Kabupaten Penajam Paser Utara 10 orang.

Para anggota Tagana ini selain mendapat pelatihan teori juga akan melakukan  praktek di Kebun Raya Unmul Samarinda. Narasumber kegitan ini diantaranya dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaltim, Dinas Kesehatan, Kepolisian, Badan Meteorologi dan Geofisika,  Badan SAR Nasional dan dari Universitas Mulawarman.(vb-01)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.