Subscribe to Vivaborneo.com  Informatif, Santun, Tak TerbatasNews FeedSubscribe to Vivaborneo.com  Informatif, Santun, Tak TerbatasComments

ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Wisata Mangrove Teluk Lombok Jadi Referensi untuk Liburan

November 20, 2021 by  
Filed under Wisata

SANGATTA – Salah seorang Anggota DPRD Kutim Hj Fitriyani belum lama ini berkesempatan mengunjungi wisata perahu Bahtera Sangkima dan Ekowista Mangrove di Teluk Lombok, Sangatta Selatan bersama Unsur Muspika Sangatta Selatan. Dari pengamatannya di lapangan, destinasi wisata tersebut sangat baik untuk dikembangkan.

 

Fitriyani

Fitriyani mengungkapkan, Kamis (18/11/2021), bahwa wisata Mangrove yang ada di Teluk Lombok mempunyai daya tarik sendiri dalam sektor pariwisata. Terutama saat akhir pekan bersama keluarga atau kerabat bisa jadikan referensi liburan.

“Warga Sangatta tidak perlu jauh-jauh berwisata, di sana (Teluk Lombok) juga keren habis kok. Ada Wisata kapal di Teluk Lombok dan  daerah pepohonan Mangrove,” beber Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tersebut.

Bagi Hj Fitriyani, hutan mangrove di Teluk Lombok saat ini sudah bagus dan asri. Dikatakannya, sudah terdapat fasilitas jalan dan jembatan kayu, hanya tinggal penambahan spot-spot foto serta akses jalan menuju ekowisata mangrove.

“Karena akses jalan masih menggunakan akses perusahaan pertamina, maka ke depannya akan dibuka akses jalan baru yang tidak melewati jalur perusahaan. Sehingga masyarakat yang ingin berkunjung lebih mudah dan cepat untuk menuju ke lokasi ekowisata mangrove tersebut,” katanya.

Dikatakannya pengembangan ekowisata itu harus terus digalakkan sebagai upaya melestarikan keberadaan hutan mangrove. Disisi lain juga berfungsi sebagai pencegah abrasi dan juga menjaga hewan endemik sekitar.

Untuk diketahui, bahwa di hutan mangrove Teluk Lombok terdapat 42 jenis pohon mangrove. Terdiri dari 17 jenis mangrove sejati dan 25 spesies asosiasi mangrove serta 33 jenis burung. (adv)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.