ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Siswa SMK 7 Samarinda Juara Sains ICT

November 16, 2010 by  
Filed under Kalimantan Timur

Samarinda-vivaborneo.com, Siswa SMK 7 Samarinda, Bagus Rianto memperoleh juara 1 untuk bidang sains ICT (Information and Comunication Technology) dengan menyisihkan tuan rumah Jawa Tengah yang menempati juara 2 di arena Olimpiade Sains Terapan (OSTN III – SMK2010) yang diselenggarakan di Fakultas MIPA Universitas Diponegoro Semarang, 8 – 13 November 2010. Bagus berhasil menyisihkan tuan rumah Jawa Tengah yang menempati juara 2. Kepala SMK 7 Nisun NR mengatakan, ia selalu memberi dorongan dan motivasi kepada guru serta siswanya untuk selalu berupaya menjadi yang terbaik. Prestasi ini merupakan hasil kerja keras siswa dalam belajar dan berlatih dengan bimbingan guru Nanang Dwi Hendratmo.

Dalam kegiatan OSTN III SMK Tingkat Nasional tahun 2010 yang dilaksanakan di Kota Semarang, selain ICT Sains Terapan yang dilombakan diantaranya Matematika Teknologi, Matematika Non Teknologi, Biologi Terapan, Fisika Terapan, Kimia Terapan dan Karya Ilmiah Siswa (KIS).  OSTN III SMK tahun 2010 menggunakan tema “Dengan Semangat Nasionalisme Kita Tingkatkan Mutu Pendidikan SMK Untuk Memperkuat Daya Saing Global”.

Kepala Bidang Pembinaan SMK dan Dikti Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur Basmen Nainggolan didampingi Kasi Kurikulum dan Kesiswaan, M Syapri memberi apresiasi yang positif atas prestasi yang diraih ini. Kepada Siswa yang berprestasi tingkat nasional ini dan guru yang telah berjasa membimbing ini akan menerima penghargaan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur pada puncak peringatan hari guru mendatang.  Kegiatan OSTN SMK Tahun 2010 berlangsung selama 5 hari tersebut Provinsi Jawa Tengah menjadi juara umum setelah mendapatkan 3 emas dari 7 bidang lomba.

Selain kegiatan OSTN III SMK Tingkat Nasional tahun 2010 di Semarang, Direktorat Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah dalam waktu bersamaan (8-13 November 2010) menyelenggarakan Lomba Debat Berbahasa Indonesia dan Debat Berbahasa Inggris SMK Tingkat Nasional Tahun 2010 di Bandung – Jawa Barat. Dalam Debat Berbahasa Indonesia dan Berbahasa Inggris ini Provinsi Kalimantan Timur belum mendapatkan juara. Debat berbahasa Indonesia sebagai juara I Provinsi DKI, untuk Debat Berbahasa Inggris Provinsi Bali keluar sebagai juara I.

Lomba Debat bahasa Indonesia dan bahasa Inggris merupakan sarana unjuk kemampuan siswa SMK untuk mengkomunikasikan ide dan pikiran dalam bentuk aktualisasi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris yang mengedepankan cara-cara berfikir logis, rasional, efektif, argumentative, serta cara penyampaian yang santun, bertatakrama sebagai bagian dari nilai-nilai luhur Bangsa Indonesia. (vb/*)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.