ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Peringatan Hari Nusantara Kembalikan Kejayaan Laut Indonesia

November 16, 2010 by  
Filed under Berita, Religi, Sosial & Budaya

SAMARINDA – vivaborneo.com –  Bangsa Indonesia ingin membangkitkan kejayaan pelaut  dan budaya bahari  Indonesia pada puncak peringatan Hari Nusantara, 13 Desember yang dijadwalkan berlangsung di Balikpapan, Kaltim. Demikian disampaikan Staf Ahli Menteri Kelautan RI, Rizal Rompes dalam dialog di TVRI Kaltim, Jum’at malam (12/11). Terkait pelaksanaan puncak peringatan Hari Nusantara 2010 di Balikpapan.Menurut Rizal, diperingatinya Hari Nusantara, hendaknya dapat menyadarkan Bangsa Indonesia  yang memiliki potensi laut begitu besar, sebagai modal untuk membangun kejayaan negara melalui kekayaan alam laut.

“Potensi kekayaan laut Indonesia bisa dieksploitasi rata-rata Rp3 triliun pertahun. Ini yang belum banyak kita sadari. Dengan Hari Nusantara tahun ini dapat menjadi satu momen penyadaran tentang potensi tersebut. Secara filosofi Hari Nusantara juga sebagai kerangka  pemersatu NKRI,” ujarnya.

Rizal menambahkan, trend transportasi dunia pada masa mendatang tidak melalui udara dan darat, melainkan mengandalkan transportasi laut. Indonesia merupakan negara dengan letak strategis alur pelayaran laut dunia.

Sementara itu, Asisten II Sekprov Kaltim, Moh Sya’bani mengatakan ditunjuknya Kaltim  sebagai tuan rumah merupakan kehormatan sebagai sarana mempromosikan potensi dan sumber daya laut Kaltim dimata tamu-tamu yang akan hadir.

Diperkirakan 3.000 undangan dari 33 provinsi di Indonesia, termasuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan menghadiri puncak peringatan Hari Nusantara, di Kaltim. Daerah ini memiliki potensi laut besar untuk dikembangkan, sehingga dengan kekayaan laut tersebut membuat Kaltim termotivasi menggali hasil laut.(yul/adv)

Respon Pembaca

Satu Komentar untuk "Peringatan Hari Nusantara Kembalikan Kejayaan Laut Indonesia"

  1. ARFIANNOER on Mon, 22nd Nov 2010 10:53 am 

    Kesadaran masyarakat indonesia terhadap potensi laut masih sangat rendah.Semangat kebaharian harus terus dikobarkan, kepada generasi muda Indonesia.Potensi laut masih dinikmati oleh bangsa lain.

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.