ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Masih Banyak Instansi Belum Sediakan Perpustakaan

November 26, 2010 by  
Filed under Berita

SAMARINDA – vivaborneo.com – Jumlah Perpustakaan di Kaltim saat ini hanya sebanyak 1.048 buah perpustakaan. Padahal jumlah  instansi, baik  pemerintah maupun swasta dan lembaga masyarakat yang ada di Kaltim sebanyak 17.000 buah. Demikian ditegaskan Kepala Bidang Pengembangan dan Pembinaan, Perpustakaan Kaltim, Sumindar, di ruang kerjanya Senin (22/11).“Menurut persyaratan atau standar,  sebuah tempat baca disebut perpustakaan adalah apabila jumlah judul bukunya mencapai  seribu buah judul buku. Jadi tidak semua tempat baca di kantor atau sekolah dapat disebut sebagai sebuah perpustakaan. Dan ini jumlahnya masih minim dibandingkan jumlah instansi, lembaga dan perusahaan yang ada di Kaltim,” ujar Sumindar.

Untuk meningkatkan jumlah perpustakaan di Kaltim, maka sejak tahun 2009, Perpustakaan Provinsi Kaltim telah mengembangkan Perpustakaan Desa sebanyak 35 buah. Kemudian meningkat  menjadi 135 buah pada 2010 dan ditargetkan akan terbangun lagi 150 buah perpustakaan pada 2011 mendatang.

Selain mengembangkan Perpustakaan Desa, Badan Perpustakaan Provinsi Kaltim juga tengah memprioritaskan pengembangkan Perpustakaanpada  Puskesmas 24 Jam. Saat ini terdapat 10 Puskesmas dengan pelayanan 24 jam di 10 Kabupaten/kota di Kaltim.

“Perpustakaan Puskesmas 24 Jam ini diharapkan dapat berguna bagi pasien rawat inap, pengunjung, petugas medis dan keluarga pasien untuk menambah pengetahuan dan wawasan disaat  mereka berada di lingkungan Puskesmas 24 tersebut,” ujarnya.(vb/yul/foto;ist)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.