ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Kasau Bangga Dukungan Kaltim Latihan Angkasa Yudha Sukses

November 2, 2010 by  
Filed under Serba-Serbi

SANGATA – vivaborneo.com – Latihan Angkasa Yudha 2010 yang dipusatkan di Air Weapon Range (AWR) Sangatta, Kutai Timur, Rabu (27/10) berlangsung sukses. Para penerbang TNI Angkatan Udara sukses menghancurkan target penyerangan yang telah disiapkan pada sejumlah titik sebelumnya. Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU), Marsekal TNI Imam Sufaat tampak bangga melihat sukses pasukan-pasukannya.“Saya sampaikan terimakasih kepada Gubernur Kaltim, Bupati Kutai Timur dan semua pihak yang telah membantu penyelenggaraan Latihan Angkasa Yudha 2010 ini. Kepada seluruh prajurit saya juga ingin menyampaikan rasa bangga dan teruslah memperbaiki kemampuan diri demi kejayaan NKRI,” kata Marsekal Imam Sufaat, usai pelatihan yang disaksikan dari Bukit Tinjau, Sangata, Kutai Timur.

Pemkab. Kutai Timur memang menyiapkan AWR sebagai sarana latihan baik bagi TNI maupun latihan untuk masyarakat. Sementara KSAU, Gubernur, Bupati dan para petinggi TNI yang lain berada di posisi Bukit Tinjau dimana seluruh aktifitas latihan dapat dipantau.

KSAU menambahkan latihan puncak TNI AU yang dipusatkan di AWR, Sangata tersebut mengangkat tema “Komando Tugas Udara dan Komando Pertahanan Udara Nasional Melaksanakan Operasi Udara di Kalimantan Timur Dalam Rangka Menegakkan Integritas Kedaulatan NKRI.

Tujuan latihan ini kata KSAU Iman Sufaat adalah untuk menguji dan meningkatkan kemampuan operasi udara sebagai manifestasi dari pelaksanaan tugas pokok TNI Angkatan Udara.

Latihan kemarin diawali dengan aksi para penerbang pesawat Hawk 100/200 dengan roket FFAR 2,75 inch, dilanjutkan dengan para pilot pesawat Sukhoi dengan peluru GSH-300 30 mm. Aksi berikutnya adalah serbuan dari pilot pesawat F-5 Tiger dan diakhiri dengan aksi menawan para penerbang F-16 Fighting Falcon dengan bom MK-82.

Selain diisi berbagai taktik dan strategi penyerangan melalui pesawat-pesawat tempur, latihan kemarin juga mempertunjukkan kemampuan pasukan TNI AU dalam aksi penyelamatan dan pertolongan korban dengan helicopter.

Gubernur Awang Faroek yang turut menyaksikan puncak latihan bersama KSAU Imam Sufaat  mengatakan Pemprov Kaltim akan mendukung upaya TNI untuk meningkatkan profesionalitasnya, termasuk dalam latihan yang dilakukan. Gubernur juga mengungkapkan sukses pembangunan di daerah akan sangat ditentukan oleh terciptanya kondisi keamanan yang baik, dimana diantaranya didukung oleh TNI Angkatan Udara.(vb/sul)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.