ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

HUT PGRI ke-65 dan Hari Guru 2010 Dirangkai dengan Penghijauan dan Pemberian Penghargaan

November 5, 2010 by  
Filed under Berita

SAMARINDA–vivaborneo.com, Dalam rangka peringatan Hari Guru dan Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-65 tahun ini, Dinas Pendidikan (Disdik) Kaltim bekerjasa dengan Dewan Pendidikan Kaltim menyelenggarakan berbagai kegiatan.

“Peringatan Hari Guru dan HUT PGRI ke-65 tahun ini akan diselenggarakan berbagai rangkaian kegiatan. Dimana semua kegiatan tersebut akan melibatkan sekolah dan para guru, serta stakeholder di sector pendidikan,” kata Kepala Disdik Kaltim H Musyahrim.

Menurut Musyahrim, diantaranya penghijauan dipusatkan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 12 Samarinda, gerak jalan dan donor darah di stadion Segiri Samarinda, malam penganugerahan (Malam Anugerah Education Award) dan upacara peringatan HUT PGRI  di Stadion Sempaja Samarinda.

Memang peringatan HUT PGRI dan Hari Guru tahun ini agak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Diantaranya kegiatan penghijauan yang dilaksanakan dengan melibat seluruh guru di kabupaten dan kota se-Kaltim sebanyak 58 ribu guru dan dipimpin langsung Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak.

Walaupun penghijauan tersebut dipusatkan di SMPN 12 Samarinda, namun secara serentak akan diikuti 14 kabupaten dan kota se-Kaltim. Dan dilaksanakan dimasing-masing sekolah, dari tingkat taman kanak-kanak dan sekolah dasar, hingga sekolah tingkat atas (SMA).

“Makna yang ingin kita ambil dari kegiatan penghijauan tersebut, untuk memberikan contoh secara mendasar kepada anak didik untuk memelihara dan mencintai lingkungan agar tetap hijau dan asri demi kelangsungan hidup yang sehat,” jelasnya.

Selain itu, dilaksanakan pula malam penganugerahan atau Anugerah Education Award yang diberikan kepada para Guru Berpretasi dan Guru Berjasa. Penganugerahan bagi para guru di Kaltim  ini merupakan kegiatan tahun ketiga pada tahun ini.

Anugerah yang diberikan ini berupa uang tunai maupun sertfikat bagi para guru yang terpilih sebagai guru berprestasi dan guru berjasa, serta pengawas sekolah dari semua jenjang pendidikan dari guru dan pengawas sekolah  taman kanak-kanak, guru dan pengawas sekolah dasar, guru dan pengawas sekolah menengah pertama, serta guru dan pengawas sekolah menengah atas.

“Dana yang dialokasikan untuk diberikan kepada guru berprestasi dan guru berjasa tahun ini sebesar Rp900 juta. Seperti untuk tahun lalu penghargaan yang diberikan kepada guru berprestasi sekitar Rp25 juta, sedangkan guru berjasa sebesar Rp15 juta. Untuk jumlah guru yang akan menerima penghargaan tersebut masih terus dilakukan pendataan dan penilaian dilakukan secara objektif yang melibatkan seluruh guru di 14 kabupaten dan kota se-Kaltim,” ujar Musyahrim.(vb/mas)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.