ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Distamben Kukar Gelar Sosialisasi IUP

November 17, 2010 by  
Filed under Serba-Serbi

Tenggarong-vivaborneo.com, Dinas Pertambangan dan Energi  Kutai Kartanegara (Kukar) mengadakan Sosialisasi Izin Usaha Pertambangan (IUP) Batu Bara. Sosialisasi di buka Wakil Bupati Kukar (Wabup) HM Ghufron Yusuf di Hotel Grand Elty Tenggarong,Jumat(12/11)Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kukar, Assobirin mengatakan sosialisasi ini merupakan agenda rutin Dinas Pertambangan dan Energi Kab Kukar, karena semakin kedepan dunia pertambangan batubara dihadapkan pada permasalahan-permasalahan yang cukup pelik dan rumit,perlu penegasan komitmen bersama dalam merealisasikan kegiatan penambangan yang baik dan benar(good Mining Practice).

“Koordinasi tidak akan tercapai bilamana komunikasi intensif tidak dilakukan antara pelaku sektor usaha pertambangan dan pemerintah dalam hal ini Dinas Pertambangan dan Energi Kab Kukar selaku pembina dan pengawas,”tegasnya
Dalam kesempatan itu Wakil Bupati (Wabup) HM Ghufron Yusuf mengatakan pembangunan sektor usaha pertambangan dapat berjalan seimbang dan bermakna apabila seluruh pemangku kepentingan (stakeholder) memahami dan melaksanakan kaidah pertambangan yang baik dan benar. Hal ini mengingat bahwa komoditi  ini merupakan sumber daya alam yang tidak terbarukan.

Dikatakan Ghufron, koordinasi dan konsolidasi sangat diperlukan dalam penyelesaian permasalahan lintas sektroral dengan mengutamakan aspek hukum yang tepat dan benar,sehingga dunia usaha dapat berjalan dengan aman dan lancar sesuai dengan rencana dan keinginan daerah dalam pengelolaan sumber daya alam yang tepat guna,tepat hasil dan tepat waktu.
Sosialisasi ini diharapkan menjadi sarana penyampaian informasi bagi pelaku kegiatan usaha pertambangan dan Kepala Tehnik Tambang (KTT) maupun saluran informasi bagi pemerintah daerah dan masyarakat berkenaan dengan dinamika usaha pertambangan yang dilakukan secara baik dan benar sesuai prinsip-prnsip yang ada pada pedoman “Good Mining Practice” yang diterapkan kegiatan sektor pertambangan di wilayah kukar.

Sosialisasi Izin Usaha Pertambangan (IUP) ini diikuti para pemegang izin usaha pertambangan serta Kepala Tehnik Tambang yang ada di Kab Kukar,sedangkan nara sumber didatangkan dari Jakarta. Sosialisasi berlangsung selama dua hari dari tanggal 12 sampai dengan 13 Nopember 2010. (vb/*)

Respon Pembaca

Satu Komentar untuk "Distamben Kukar Gelar Sosialisasi IUP"

  1. suriadi on Sun, 2nd Nov 2014 5:01 pm 

    Ass.wr.wb…..salam sejahtera.
    Dgn hormat.-
    Mohon info peraturan tentang jarak ideal pemukiman warga atau fasilitas umum dengan stock File ( Penumpukan batubara ).
    Terima kasih.

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.