ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

21 Pemuda Ikuti PPBN

November 17, 2009 by  
Filed under Kutai Kartanegara

TENGGARONG – Sebanyak 21 pemuda/pemudi perwakilan dari 18 Kecamatan se Kutai Kartanegara (Kukar), Senin (16/11) kemarin, mengikuti  Pelatihan Pendidikan Pendahuluan Bela Negara (PPBN), yang dibuka secara resmi oleh PJ Bupati Kukar H Sjachruddin MS dalam suatu upacara di halaman Kantor Bupati Kukar, dan ditandai dengan pengalungan tanda peserta PPBN.

KHIDMAT : Para peserta PPBN mengikuti upacara pembukaan secara Khidmat

KHIDMAT : Para peserta PPBN mengikuti upacara pembukaan secara Khidmat

Pj Bupati Kukar H Sjachruddin MS dalam amanatnya mengatakan perubahan nilai-nilai budaya bangsa, salah satunya karena dampak globalisasi kemajuan teknologi diberbagai bidang seperti komunikasi dan informasi, yang  sangat berpengaruh terhadap aspek sosial yang mencakup tata nilai dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

Produk-produk ilmu pengetahuan dan teknologi yang masuk dari luar akan membawa nilai-nilai tertentu yang secara langsung atau tidak akan bersinggungan dengan nilai-nilai yang sudah ada yang pada akhirnya akan mempengaruhi dan perlahan-lahan dapat merubah tata nilai yang sudah menjadi identitas maupun pedoman kehidupan bangsa indonesia .

Berbagai teori maupun tindakan riil untuk mengembalikan citra bangsa kita yang penuh kedamaian, kerukunan, serta menciptakan keadilan dan kemakmuran yang bisa dinikmati hingga masyarakat bawah nampaknya masih memerlukan upaya yang sungguh-sungguh.

“Salah satu program dalam rangka pembinaan potensi ketahanan sdm tersebut adalah melalui penyelenggaraan PPBN,” kata Sjachruddin MS.

Sjachruddin berharapdari program PPBN akan dihasilkan kader-kader dalam mensosialisasikan kesadaran bela negara di masyarakat minimal dilingkungan tugas atau keluarga masing – masing. Karena lingkungan keluarga merupakan sasaran yang mendasar bagi pemahaman bela negara, mengingat keluarga bisa dikatakan sebagai unit organisasi terkecil dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) H Syafruddin HS dalam laporannya mengatakan program PPBN digelar dalam upaya meningkatkan serta mengembangkan rasa kesadaran nasionalisme dan rasa kebangsaan di kalangan pemuda di wilayah Kukar khususnya, serta mengembangkan sikap taqwa terhadap Tuhan yang maha Esa, disiplin, jujur, cermat, dan bertanggungjawab baik terhadap diri pribadi, masyarakat maupun pemerintah. Kegiatan PPBN sendiri, kata Syafruddin peserta juga di berikan pengetahuan tentang bahayanya narkoba, selain meningkatkan rasa disiplin baris-berbaris dan peraturan penghormatan, serta mempersiapkan figur-figur kader pemnimpin pembangunan di wilayah Kukar. “Rangkaian kegiatan pelatihan berlangung selama enam hari dimulai sejak 16 s/d 21 Nopember yang akan dating,” Syafruddin. (hmp02)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.