ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

14 Ribu untuk Masyarakat Pedalaman

November 11, 2010 by  
Filed under Berita

SAMARINDA -vivaborneo.com, Sebagai upaya membangun kemudahan komunikasi dan demi mendukung program Kaltim Bebas Buta Internet, tahun depan Pemprov Kaltim akan membagikan 14.000 telepon seluler (handphone) ke 14 kabupaten dan kota. Program ini diharapkan akan membantu masyarakat untuk mengakses informasi sekalipun mereka berada di daerah-daerah pedalaman. Dengan akses jaringan telekomunikasi yang saat ini sudah hampir menjangkau seluruh kawasan di Kaltm, program ini diyakini akan sangat membantu masyarakat untuk dapat mengakses data dan informasi, baik data lama yang terkait maupun update data terbaru yang dibutuhkan masyarakat. Misalkan, soal pertanian, peternakan, perikanan, kerajinan dan lainnya.

“Saat ini sedang dalam perencanaan, mudah-mudahan 2010 sudah bisa direalisasikan,” kata Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak, belum lama ini.

Perkembangan era globalisasi seperti sekarang kata Awang Faroek menuntut kecepatan dan akurasi informasi termasuk untuk para petani dan nelayan. Tanpa itu, maka kecenderungannya masyarakat Kaltim akan terus tertinggal.
Berbagai kebutuhan informasi akan sangat mudah diakses dalam portal-portal resmi pemerintah dan lembaga-lembaga yang terkait lainnya. Semua departemen memiliki website yang bisa disimak setiap saat. Begitu pun dengan kebutuhan informasi-informasi lainnya.

“Soal pupuk, bibit yang baik dan sebagainya ada di internet. Bahkan masyarakat juga bisa melakukan komunikasi langsung dengan pihak-pihak yang saling berkepentingan melalui berbagai fasilitas yang tersedia di internet,” jelas Awang Faroek.

Selain akan memudahkan askses internet, Awang Faroek juga telah merencanakan program call center khusus dengan nomor 3148 yang  manfaatnya untuk membantu komunikasi langsung antara masyarakat dengan gubernur.

“Saya termotivasi oleh Mama Loren. Kaltim jangan mau kalah. Dengan program ini nantinya masyarakat di pedalaman sekalipun  bisa langsung mengirimkan SMS ke gubernur,” kata gubernur.
Program 14.000 handphone ini sedang dalam proses perencanaan Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kaltim. Jika rencana ini berjalan lancer,  14.000 handphone tersebut akan dibagikan tepat pada peringatan hari ulang tahun (HUT) Kaltim, 9 Januari 2010. (vb/sam)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.