ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

“”Piku-piku” Panganan Khas Muara Badak Siap Bersaing

November 11, 2011 by  
Filed under Agrobisnis

Share this news

Buah pisang tak hanya sebatas dikonsumsi sebagai buah segar saja, Tetapi dapat juga dijadikan olahan  lezat dan menjadi peluang usaha.  Pisang yang merupakan Jenis buah yang tidak mengenal musim ini memiliki kemampuan hidup yang tinggi dan perkembangbiakan yang tergolong cepat menjadikan ketersedian buah pisang melimpah ruah di Muara Badak.

Hal ini yang coba dimanfaatkan oleh camat Muara Badak Sunggono dan masyarakat Muara badak. Dengan memanfaatkan bahan baku pisang Rutai(pisang asli dari Kutai kartanegara), masyarakat muara Badak mencoba menyajikan produk Piku-piku dengan berbagai macam panganan olahan pisang yang lezat  sebagai oleh-oleh khas Kutai Kartanegara.

“Dengan mempertimbangkan buah pisang yang cepat rusak, Petani mencoba mencari jalan agar produksi pisang yang berlimpah  tak menjadikan harga pisang turun dan masih memiliki nilai jual yang tinggi maka tercetuslah ide piku-piku ini di tengah masyarakat muara badak” ujar Sunggono  Camat Muara badak saat ditemui usai acara Penilaian lomba camat berprestasi tingkat propinsi Kaltim tahun 2011 di kantor camat Muara Badak.

Melalui pelatihan yang lakukan oleh pihak kecamatan dibantu oleh salah satu perusahaan yang ada di Kecamatan Muara badak, masyarakat  muara badak khususnya 3 desa yaitu desa Batu-batu, Tanah Datar dan Badak Mekar  yang tergabung dalam kelompok Petani Pisang Rutai Kudungga Madani memanfaatkan  hasil pertaniannya untuk dijadikan olahan yang lebih memiliki nilai jual tinggi.

Tak hanya rasa, piku-piku juga di jaga kualitasnya baik kesehatanya, komposisinya dan pengemasannya sudah layak untuk dipasarkan  dan siap bersaing.

”Tak perlu cemas, kualitasnya tak kalah dengan kualitas pabrik,” celetuk Sunggono

Untuk saat ini pemasaran Piku-piku sudah mencapai Kalimantan timur dan sudah merambah keluar Kalimantan.  Untuk saat ini, piku-piku hadir dengan beberapa varian seperti brownies kukus pisang, lidah kucing pisang, nastar pisang, dodol pisang, banana rol, banana cheese cake, banana finger, selai pisang dan juga kriuk banana pedas

“Saya sangat berharap piku-piku dapat menjadi produk unggulan dan menjadi brand image baru bagi produk home industry diKukar dan menambah inkam pendapatan bagi masyarakat Muara Badak,” tambahnya.

Selain piku-piku masyaakat muara badak juga menolah panganan lain seperti kerupuk kepiting dan  amplang ikan bandeng (vb/lina)


Share this news

Respon Pembaca

Satu Komentar untuk "“”Piku-piku” Panganan Khas Muara Badak Siap Bersaing"

  1. novi on Tue, 17th Jan 2012 8:30 am 

    kalo mau kerja sama dalam hal pendistributoran piku-piku ini saya harus menghubungi siapa ya…

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.