Subscribe to Vivaborneo.com  Informatif, Santun, Tak TerbatasNews FeedSubscribe to Vivaborneo.com  Informatif, Santun, Tak TerbatasComments

ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Mahasiswa Samarinda Dilatih Tata Tulis Karya Ilmiah dengan Efisien

October 31, 2021 by  
Filed under Kalimantan Timur, Religi, Sosial & Budaya

Vivaborneo.com, Samarinda — Tidak semua mahasiswa mampu membuat tata tulis karya ilmiah, termasuk tugas akhir kuliah dengan baik, benar dan efisien menggunakan Program Microsoft Word. Menghadapi tantangan tersebut, Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Samarinda (POLNES) melakukan tugas pengabdian kepada masyarakat melalui Pelatihan Tata Tulis Karya Ilmiah.

Ketua Tim Pengabdian pada Masyarakat Jurusan Administrasi Bisnis Polnes, Dyah Kusrihandayani, SE, MM mengatakan pelatihan ini bertujuan untuk membantu mahasiswa memiliki keterampilan dalam merancang tata tulis karya ilmiah secara otomatis. 

“Manfaat yang didapat para mahasiswa adalah untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mahasiswa dalam mengatasi berbagai permasalahan dalam mengotomasi tata tulis karya ilmiah,” ujarnya. 

Dijelaskan Dyah, kegiatan ini merupakan pengabdian kepada masyarakat sebagai salah satu bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi. Sehingga menjadi kewajiban untuk dilaksanakan bagi setiap dosen. 

Dyah Kusrihandayani yang didampingi Dr.Indah Martati,S.E.,MM  yang memberikan materi Pembuatan Proposal Bisnis, menjelaskan jika  pelatihan ini membekali keterampilan dalam menggunakan paket program otomatisasi dengan Microsoft Word untuk keperluan penulisan karya tulis ilmiah. 

Tujuan lain yang ingin dicapai dari program pelatihan ini adalah membantu mahasiswa perguruan tinggi di Samarinda,  sehingga dapat memiliki keterampilan dalam merancang tata tulis karya ilmiah secara otomatis.

“Jadi pelatihan ini membantu mayoritas mahasiswa menemukan solusi  permasalahan yang dihadapi dalam menyusun laporan karya ilmiah secara efektif dan efisien,” ucapnya.

Berdasarkan kewajiban tersebut, maka tim pengabdian pada masyarakat dari Jurusan Administrasi Bisnis memberikan pelatihan secara zoom meeting pada Sabtu, 2 Oktober 2021 lalu.

Pelatihan diikuti sekitar 30 orang peserta yang merupakan perwakilan dari beberapa perguruan tinggi di Samarinda, diantaranya, Universitas Mulawarman, Universitas Widyagama, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) PGRI, Politeknik Kesehatan dan mahasiswa Polnes sendiri.

“Manfaat yang ditimbulkan adalah meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mahasiswa dalam mengotomasi tata tulis karya ilmiah. Otomasi tata tulis digunakan untuk menyusun skripsi atau membuat tugas makalah yang diberikan oleh dosen secara lebih mudah dan rapi,” jelas Dyah.(Vb/Yul)

 

 

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.