ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Bandol – Dodol Pisang Oleh Oleh Khas Samarinda

October 4, 2012 by  
Filed under Gaya Hidup

SAMARINDA-vivaborneo.com,  Dodol sebagai camilan bukan barang baru bagi masyarakat indonesia, namun dodol yang satu ini berbeda.  Dodol pada umumnya dibuat dengan bahan dasar tepung beras, namun Ibu Rina yang beralamat di jalan Telkom RT 19 Sambutan Samarinda  ini membuat Dodol dengan bahan dasar Pisang yang kaya akan vitamin yang dibutuhkan tubuh kita.

Soal rasa, Dodol Pisang ini memiliki cita rasa yang lezat bahkan Dodol Pisang yang dilabel dengan nama Bandol ini tanpa bahan pengawet sedikitpun namun dapat bertahan antara 1-2 bulan. Sangat cocok untuk dijadikan oleh oleh khas kota Samarinda.

Ibu Rina menuturkan, awal usaha Dodol pisang ini dimulai saat tim CSR PT. EMP Semberah atau yang lebih dikenal dengan Semco mengundang nya untuk mengikuti pelatihan pangan olahan pisang ditahun 2011 lalu. Dia pun dengan antusias mengikuti pelatihan pembuatan berbagai jenis kue dengan berbahan dasar pisang. Salah satu jenis kue yang dilatih kepada peserta adalah pembuatan Dodol Pisang.

Dodol Pisang akhirnya menjadi pilihan Ibu Rina utuk memulai usaha kulinernya. Salah satu alasannya adalah dimana bahan baku pisang sangat mudah didapatkan di pasar tradisional kota Samarinda, apalagi pisang merupakan produk yang melimpah dan umumnya hanya dijual sebagai buah meja. Program CSR dari EMP Semberah untuk meningkatkan nilai tambah dari buah pisang ini, bak gayung bersambut karena sudah lama Ibu Rina ingin melakukan bisnis yang relatif mudah namun mampu memberikan hasil dan prospek yang menjanjikan.

Sebagai produk makanan yang harus menjaga kualitas baik dari segi rasa dan layak dikonsumsi Bandol telah mendapat pengakuan dari  Dinas Kesehatan Kota Samarinda dengan mendapat sertifikat makanan laik sehat.

Bandol Dodol pisang dengan omzet 30 Kg perbulan ini, kini dengan mudah dijumpai di berbagai outlet kue oleh oleh khas  Samarinda dibilangan jalan RE Martadinata Samarinda. Dodol pisang kini menjadi alternatif oleh oleh khas Samarinda selain amplang bagi tamu wisatawan dari luar kota Samarinda. Jika Garut terkenal dengan Dodol Garut, Kudus dengan Jenang Kudus maka kini Samarinda mulai dikenal dengan produk Bandol – Dodol Pisang. Diakui Ibu Rina, saat ini Bandolnya telah mengikuti berbagai pameran nasional dan sangat diminati konsumen, tidak saja di Samarinda bahkan hingga pelanggan dari Jakarta yang rutin memesan produknya sebagai buah tangan. (vb/hel/adv)

Info pemesanan : Bandol – Dodol Pisang, Ibu Rina Jalan Telkom RT 19 Sambutan Samarinda. No Hp : 0813 4700 8013.

Respon Pembaca

Satu Komentar untuk "Bandol – Dodol Pisang Oleh Oleh Khas Samarinda"

  1. juli ainun on Wed, 17th Oct 2012 7:51 pm 

    saya pingin usaha pembuatan dodol pisang, tp caranya belum ketemu,bantu dong bu rina.

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.