ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Gubernur Kaltim Terima “Anugerah Aksara“

September 8, 2009 by  
Filed under Berita

Gubernur Kalimantan Timur Drs. Awang Faroek Ishak menerima penghargaan Anugerah Aksara dari Presiden RI karena Kaltim dianggap berkomitmen terhadap pendidikn dengan mengganggarkan 20 persen dana APBD dan Kaltim juga mampu memberantas buta aksara atau buta huruf lebih cepat dari target yang ditetapkan.

Awang Faroek Ishak

Awang Faroek Ishak

Penghargaan ini diberikan dalam rangka peringatan Hari Aksara Internasional yang di Indonesia dipusatkan di Cilegon Banten, Selasa (08/09). Gubernur Kaltim menerima penghargaan bersama para bupati dan walikota, pendidik, dan masyarakat se Indonesia yang dianggap berjasa dalam bidang pendidikan.

Jumlah buta aksara di Indonesia saat ini mencapai angka 5 persen, dan di Kaltim jumlah buta aksara 1,72 persen. Kaltim juga telah eksis memberantas buta aksara ini sejak tahun 2005, diperkirakan pada 2011 jumlah ini akan dapat diturunkan lagi. Padahal target pemberantasan buta aksara di Kaltim tahun 2015.

“Jumlah Buta aksara tidak dapat diberantas habis,” ujar Syarifuddin Pernyata, Ini disebabkan Kaltim merupakan daerah terbuka yang menjadi tujuan perantauan sejumlah orang dari provinsi lain di Indonesia.

Sehingga jumlah buta aksara akan tetap ada seirig dengan datangnya para pekerja ekonomi rendah atau buruh kasar yang rata-rata hanya memiliki pendidikan rendah atau samasekali buta aksara.(vb-01)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.