ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Tim Assisten II Tinjau Lapangan Proyek Air Bersih Sanga-sanga

August 24, 2011 by  
Filed under Kutai Kartanegara

TENGGARONG-vivaborneo.com, Tim gabungan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dipimpin Assisten II Bidang Ekonomi dan pembangunan Edi Damansyah dengan jajaran Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Mahakam, Selasa (23/8), meninjau lapangan proyek air bersih di Kecamatan Sanga-Sanga. Turut hadir dalam rombongan Direktur Utama PDAM Tirta Mahakam Fathoni Rozaki, Kadis PU Kukar Didi Ramyadi, Kabag Ekonomi Chairul Padlan, dan Kasubag Pemberitaan Hendra Wardana.

Kepala PDAM Cabang Sanga-sanga Samadi memandu langsung dan meninjau unit produksi Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) yang terdiri 3 (tiga) unit Instalasi pengelolaan Air (IPA), selanjutnya rombongan meninjau bangunan Unit Penangkapan Air Baku, dan jaringan instalasi pipa PDAM di Kelurahan Pendingin.

Menurut Edi Damansyah turunnya tim meninjau rencana peningkatan kapasitas air bersih di Kecamatan Sanga-Sanga, adalah komitmen yang kuat dari pemerintah daerah dalam upaya memenuhi kebutuhan masyarakat, yaitu kebutuhan akan air bersih. Dari beberapa laporan yang diterimanya, PDAM Cabang Sanga-sanga sudah tidak mampu lagi menerima pemasangan baru, sedangkan masyarakat yang membutuhkan air PAM sangatlah banyak. Untuk itu, peningkatan dan pengembangan unit produksi SPAM Ibu Kota Sanga-sanga menjadi salah satu prioritas untuk dapat terealisasi.

“Saya berharap, peningkatan kapasitas unit produksi SPAM Ibu Kota Sanga-sanga dapat segera terbangun, sehingga masyarakat Sanga-sanga dan sekitarnya dapat terlayani seluruhnya. Apalagi pemerintah Kukar dari Dinas PU, telah memasang jaringan instalasi di beberapa kelurahan di Kecamatan Sanga-sanga, salah satunya di Kelurahan Pendingin,” kata Edi Damansyah.

Sementara itu, Kepala PDAM Cabang Sanga-sanga Samadi dalam laporannya mengatakan SPAM-IKK Sanga-sanga telah beroperasi semenjak tahun 2000 lalu, yang dikelola oleh PDAM Tirta Mahakam Kabupaten Kukar. Kapasitas IPA 20 liter/detik, presentase pelayanan baru mencapai 40 persen dari jumlah penduduk kecamatan Sanga-sanga.

“Dari kapasitas IPA 20 liter/detik tersebut baru 3 kelurahan yang bisa terlayani air PAM, yaitu Kelurahan Jawa, Sanga-Sanga Dalam, dan Sarijaya, dengan jumlah sambungan sebanyak 1732 sambungan, itupun telah melampaui batas kemampuan IPA yang hanya diperuntukkan bagi 1600 pemasangan,” kata Samadi.

Menurutnya, untuk mencakup kebutuhan masyarakat Sanga-sanga secara keseluruhan, SPAM-IKK Sanga-sanga, masih membutuhkan peningkatan kapasitas IPA sampai 30 liter/detik. Jika hal tersebut terpenuhi, maka PDAM Cabang Sanga-sanga dapat menambah 2000 pemasangan baru, sampai ke Kelurahan Pendingin.

“Kami berharap, Pemerintah Kukar dapat segera membangun IPA baru dengan kapasitas 30 liter/detik beserta Intakenya. Adapun lokasi pembangunannya dapat dibangun bersebelahan dengan IPA yang sudah ada di lokasi Kantor PDAM Cabang Sanga-sanga,” kata Samadi lagi. (hmp02)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.