ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Poltekkes Kaltim Gelar PPS Mahasiswa Baru

August 10, 2011 by  
Filed under Kesehatan

SAMARINDA – vivaborneo.com, Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Kalimantan Timur menyelenggarakan Pengenalan Program Studi (PPS) bagi 325 mahasiswa baru yang terbagi dalam tiga jurusan, yakni Jurusan Kebidanan dan Jurusan Keperawatan serta  Jurusan Analisis Kesehatan.

“Kegiatan PPS ini dilaksanakan sebagai bentuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam terhadap para mahasiswa baru yang telah memilih program pendidikan ini. Sehingga, dengan pemahaman yang mereka peroleh tersebut lebih menguatkan pendiriannya dalam mengabdikan diri kepada masyarakat nantinya,” kata direktur Poltekkes Kaltim H Lamri, disela pelaksanaan PPS di Aula Poltekkes Kaltim, Rabu (10/8).

Menurut dia, setiap tahunnya politeknik ini menerima ratusan mahasiswa baru dengan melalui beberapa jalur diantaranya jalur umum atau sistem regular, jalur Perluasan Minat dan Prestasi (PMDP), jalur Keluarga Miskin (Gakin) dan jalur Daerah Tertinggal, Perbatasan dan Kepualauan (DTPK).

Sedangkan setiap tahunnya ratusan mahasiswa Diploma III Keperawatan, Kebidanan dan Analisis Kesehatan yang lulus di Politeknik ini. Sesuai dengan keinginan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak untuk mewujudkan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau di masyarakat yang didukung dengan ketersediaan tenaga kesehatan yang andal.

Karenanya, sektor kesehatan masih terbuka bagi generasi muda di Kaltim untuk menggelutinya. Selain dapat mengabdikan diri kepada masyarakat, juga bermanfaat untuk meningkatkan jenjang karirnya yang tidak bergantung harus menjadi PNS tetapi di swasta.

“Poltekkes terus berupaya mendukung dan mewujudkan program Gubernur Kaltim  khususnya dalam peningkatan kualitas tenaga kesehatan di daerah. Bahkan sejak 1998 lalu, lembaga pendidikan tinggi ini telah bekerjasama dengan pemerintah kabupaten dan kota se-Kaltim melalui program khusus guna ketersediaan tenaga kesehatan di daerah-daerah,” jelas Lamri.

Ditambahkannya, untuk sektor ini sangat diperlukan ketersediaan tenaga-tenaga yang andal serta mampu memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Walaupun orientasinya pengabdian, pemerintah daerah sudah mulai memberikan perhatian yang besar untuk insentif dan kesejahteraan para tenaga kesehatan ini.

Sementara itu Pembantu Direktur Bidang Kemahasiswaan Poltekkes Kaltim Edi Sukamto menjelaskan tahun ini lembaga pendidikan tinggi ini menerima 320 mahasiswa yang lolos seleksi dari ribuan pendaftar dari berbagai daerah di Kaltim.

“Untuk masing-masing jurusan dialokasikan 80 mahasiswa, khusus untuk jurusan Kebidanan 160 mahasiswa sebab terbagi dalam dua wilayah yakni Balikpapan dan Samarinda masing-masing 80 orang. sedangkan sistem perkuliahan nanti akan dibagi per kelas masing-masing 40 orang,” ujar Edi Sukamto.

Kegiatan PPS bagi para mahasiswa dilaksanakan selama empat hari sejak 8-11 Juli dan  diberikan materi berupa pemahaman terhadap kebijakan rektorat, kedisiplinan selama mengikuti pendidikan dan mindset terhadap program kesehatan yang menjadi program prioritas Pemerintah Provinsi maupun Kabupaten dan Kota di Kaltim. (vb/mas)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.