ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

PMI Kukar Habiskan 250 Kantong Darah Perbulan

August 13, 2012 by  
Filed under Kesehatan

TENGGARONG – vivaborneo.com,  Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kukar menerima pendonor darah dalam satu bulan rata – rata mencapai 250 – 300 pendonor, dengan kebutuhan darah perbulan rata – rata mencapai 250 kantong, hal ini diungkapkan Direktur UDD Dr. Hadi Masto, di ruang kerjanya.

Lebih lanjut Ia mengatakan walaupun  bulan suci ramadhan  dimana mayoritas para pendonor  menjalankan ibadah puasa, tidak ada penurunan jumlahnya rata perhari antara 5 – 9 orang, namun terjadi perubahan jadwal, yakni  biasa donor pada pagi hari, pada  bulan puasa  jadwal donor jadi malam hari. “Namun bagi pendonor aktif mereka tetap memilih donor pada pagi hari.

Menurutnya lagi selama ini UDD PMI Kukar tidak pernah mengalami kekosongan stok darah, bila ada pasien memerlukan darah UDD siap menyediakan, namun harus ada permintaan dari dokter yang menangani, untuk  pasien  Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) diharuskan melengkapi persyaratannya antara lain: Photo Copy Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan surat jaminan dari Askes.

Biaya perkantong darah ukuran 350 cc, sebesar RP. 250 ribu, biaya tersebut antara lain digunakan untuk kantong darah double bag, biaya pemeriksaan golongan darah (hb) dan Uji silang serasi, reagen uji saring rapid test, konsumsi dan vitamin pendonor, dan lain – lain.

“Yang dihargai itu bukan darahnya, tetapi biaya – biaya yang ditimbulkan sehingga darah siap dipakai, kita tidak boleh memperjual belikan darah” tambahnya.

Golongan darah yang banyak dibutuhkan yakni golongan darah O, kemudian golongan darah B,dan yang terakhir golongan darah AB, hal ini dikarenakan kebanyakan masyarakat indonesia bergolongan darah O dan B, untuk golongan AB sendiri sangat jarang.

Syarat – syarat untuk menjadi pendonor yang utama harus sehat, berat badan sesuai standar yang ditentukan, tekanan darah normal, tidak mengidap penyakit tertentu, seperti Diabetes Militus (Kencing manis), HIV Aids, Kusta (Lepra), dan lain – lain. (vb/ 12)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.