ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Parkir Pasar Ramadan Sedot Pendapatan Rp 48 Juta

August 27, 2012 by  
Filed under Samarinda

SAMARINDA – vivaborneo.com, Tingkat kunjungan warga Samarinda ke Pasar Ramadan di GOR Segiri Jl Kesuma Bangsa, selama bulan Ramadhan kemarin diluar perkiraan. Betapa tidak, dari hasil rekapitulasi parkir kendaraan baik roda dua dan empat selama satu bulan berjumlah 21.087 kendaraan. Hal ini tentu saja menyedot pendapatan daerah dari sektor parkir.

”Harus diakui tingkat kunjungan warga selama ramadan untuk berbelanja di kawasan area GOR Segiri memang begitu tinggi. Tentunya hal ini sangat memberikan keuntungan bagi para pedagang juga kontribusi dari pendapatan parkir.” kata Kasubag Tata Usaha UPTD Sarana dan Prasarana Dispora Samarinda M Fadli kepada wartawan, Senin (27/08) di ruang kerjanya.

Ia menyebutkan sebanyak 14.526 kendaraan roda dua, dan  6.561 kendaraan roda empat telah memanfaatkan kawasan parkir di GOR Segiri selama ramadan saat berbelanja makanan untuk berbuka. Dan dari hasil pengelolaan parkir yang dihimpun pihaknya, terkumpul dana  sejumlah Rp. 48.683.000.

Dimana rincinya, untuk restribusi parkir kendaraan roda dua, terkumpul sebesar Rp.29.000.000. Sedangkan dari restribusi kendaraan roda empat Rp 19.683.000.

”Dari hasil dana pengelolaan parkir ini tidak semuanya masuk ke UPTD, melainkan masih kita bagi lagi.” kata Fadli.

Dari total jumlah tadi 60 persenya dibayarkan pihaknya untuk petugas parkir di lapangan, 25 persen untuk pajak. ”Sedangkan UPTD hanya menerima  15 persennya saja yakni berkisar Rp 7.302.450, yang mana dari dana itu tadi juga kita gunkan untuk mengganti biaya cetak karcis, ” jelasnya.

Dia menambahkan dengan adanya pemanfaatan  pengelolaan parkir di kawasan GOR Segiri oleh UPTD setidaknya setidaknya memiliki nilai tambah bagi  sumber PAD kota Samarinda, tentunya selain membuka kesempatan penghasilan bagi warga setempat.(vb/hm5)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.