ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Mobil Perpustakaan Keliling Ubah Rute Selama Ramadan

August 9, 2012 by  
Filed under Kutai Kartanegara

Tenggarong – vivaborneo.com, Demi memenuhi kebutuhan  masyarakat selama Bulan Ramadhan Badan Kearsipan dan Perpustakaan (BKP) Kukar melalui Perpustakaan Umum (Perpum) mengubah rute mobil perpustakaan keliling  yang pada hari-hari biasa beroprasi di sekolah-sekolah.

Kepala BKP Kukar Heldiansyah melalui Awang Febrian Sopyar selaku kepala Bidang organisasi dan minat baca masyarakat saat ditemui diruang kerjanya mengatakan bahwa ada perubahan rute mobil perpustakaan keliling yang biasanya melayani para pelajar ke sekolah-sekolah pada bulan ini berubah haluan untuk melayani masyarakat di desa-desa.

Menurutnya hal ini dilakukan karena pada bulan ramadhan para pelajar tidak melakukan kegiatan belajar mengajar seperti biasanya oleh karena itu ia berinisiatif memanfaatkan momen  tersebut  untuk menjangkau masyarakat pedesaan di sekitar wilayah Tenggarong dan sekitarnya.

Dua mobil perpustakaan keliling yang berisikan sekitar 1000-2000 judul buku pada bulan ramadhan ini dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pedesaan seperti pengolahan bahan pangan, masalah pertanian hingga budidaya.

“Antsusias masyarakat memang tinggi sekali, apa lagi para ibu-ibu yang dengan cepat menyerbu mobil perpustakaan keliling untuk mencari buku-buku masakan atau keterampilan lain”ungkapnya.

Saat ini memang antusias masyarakat pantai lebih tinggi dibandingkan dengan masyarakat hulu Mahakam dikarenakan banyak masyarakat yang masih belum mengetahui keberadaan mobil perpustakaan keliling dan juga akses yang cukup sulit untuk mencapai lokasi pemberhentian mobil perpustakaan keliling.

Ia juga sangat berharap Pemkab Kukar dapat segera merealisasikan penggunakan perpustakaan terapung agar masyarakat di Hulu Mahakam juga dapat dijangkau.

“Bila terealisasinya perpustakaan terpung , kami berharap dapat menjeput bola memberikan pelayanan kepada masyarakat pedalaman hulu Mahakam yang saat ini masih dalam proses perizinan”harapnya. (vb/lina)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.