ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

LDII Kutim Sembelih 158 Hewan Kurban

August 23, 2018 by  
Filed under Kutai Timur

Share this news

SANGATTA-  Seperti tahun-tahun sebelumnya, kepedulian sosial pengurus dan warga Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kutim cukup besar. Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriah atau hari raya kurban, dinilai sangat tepat bagi sesama umat Muslim untuk berbagi. Yakni berbagi daging hewan kurban setelah penyembelihan sapi maupun kambing.

“Sebanyak 106 sapi dan 52 kambing disembelih sebagai hewan kurban. Total ada sebanyak 158 hewan kurban terkumpul pada Idul Adha kali ini,” jelas Ketua DPD LDII Kutim H Muflihun Assidiqy, didampingi Ketua Panitia Kurban LDII H Siswahyudi.

Masih dilokasi penyembelihan hewan kurban, Muflihun menambahkan bahwa jika dirupiahkan maka total harga hewan kurban yang disembelih mencapai  Rp 2.135.000.000. Jumlah tersebut lebih banyak dibanding Idul Adha tahun lalu sebanyak 96 sapi dan puluhan kambing. Semua hewan langsung disembelih pada hari itu juga. Setelah disembelih, daging kurban lantas dibagikan kepada masyarakat di Kota Sangatta dan sekitarnya yang berhak menerimanya. Juga didistribusikan melalui Baznas, MUI, Stais, Masjid-Masjid di Sangatta. Bahkan sampai didistribusikan ke Kecamatan Muara Wahau, Bengalon, Kaubun, Sangkulirang dan beberapa kecamatan lain.

Di Masjid Ulul Albaab, Gang Permai Raya tersebut, 40 ekor sapi disembelih, sementara sisanya dibagi ke lokasi penyembelihan kurban lainnya di Sangatta. Agar tali silaturahmi yang sudah ada semakin erat diantara sesama umat Muslim.

Muflihun  menjelaskan fakta bahwa jumlah hewan kurban yang selalu meningkat tiap tahunnya  disebabkan tingkat perekonomian serta pemahaman arti berkurban warga lebih baik. Masyarakat semakin mampu menyisihkan rezeki untuk berkurban. Sekedar diketahui, LDII termasuk ormas Islam yang terkenal banyak dalam menyediakan dan menyembelih hewan kurban.

Muflihun yang juga didampingi Sekretaris DPD LDII Kutim H Imam Sujono Lutfi berharap, momentum kali ini menumbuhkan rasa saling berbagi, saling mengisi, dan saling meningkatkan rasa persaudaraan sesama umat Islam. Sehingga di Hari Raya Idul Adha ini umat Muslim semakin kompak dengan meneladani nilai-nilai positif yang diwariskan para Rasul.

“Penyembelihan hewan kurban ini juga merupakan salah satu ibadah sesuai yang dilaksanakan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail ‘alaihissalaam. Sehingga umat Islam diharapkan mengikuti jejak Nabi yang menjadi tauladan umat muslim sejagad tersebut. Serta menciptakan kepekaan dan kepedulian sosial kepada sesama umat,” tutupnya. (*/h3)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.