ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Kenohan Prioritaskan Pembangunan Pasar Kecamatan

August 22, 2011 by  
Filed under Kutai Kartanegara

TENGGARONG – vivaborneo.com, Keinginan masyarakat Kecamatan Kenohan untuk memiliki pasar kecamatan, akan terealisasi di tahun 2012 yang akan datang. Selain beberapa prioritas lainnya yaitu pembangunan terminal,  sekolah perikanan, dan mendirikan SMU Negeri.  Hal ini diungkapkan Camat  Kenohan Murjani beberapa waktu lalu.

Menurut Murjani, agar pasar kecamatan bisa terealisasi di tahun 2012, pihaknya telah mengajukan melalui Musyawarah Rencanan Pembangunan (Musrenbang) untuk anggaran tahun 2012. Ia juga telah melakukan koordinasi dengan instansi terkait yaitu Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi (Deperindagkop) Kukar tentang rencana akan dibangunnya pasar kecamatan di Kecamatan Kenohan.

“Kami berharap, Pemerintah Kabupaten Kukar, dapat menyetujui rencana pembangunan pasar tersebut. Untuk lokasi pembangunannya sudah kami siapkan di ibukota kecamatan yaitu Desa Kahala, “ kata Murjani.

Menurutnya, untuk menopang kebutuhan sehari-hari, untuk saat ini masyarakat Kenohan dan sekitarnya masih mengandalkan pasar mingguan yang hanya beroperasi setiap hari Rabu, atau masyarakat setempat menyebutnya pasar kaget yang berada di Desa Tuana Tuha, berjarak 8 (delapan) kilometer dari ibu kota kecamatan. Mengingat hanya beroperasi seminggu sekali, akibatnya perekonomian masyarakat di Kecamatan Kenohan dan sekitarnya kurang berjalan dengan baik, karena masyarakat untuk menjual hasil panennya  harus menunggu hari pasar.

“Sudah saatnya Kecamatan Kenohan  memiliki pasar kecamatan yang bisa beroperasi setiap hari, agar bisa menopang perekonomian masyarakat. Apalagi di Kecamatan Kenohan telah banyak perusahaan yang beroperasi, ” kata Murjani. (vb/rudi)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.