ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Kaltim Komitmen Bangun Perumahan Layak Huni

August 15, 2011 by  
Filed under Religi, Sosial & Budaya

BONTANG – vivaborneo.com, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kaltim melakukan pembangunan perumahan berupa bantuan perumahan layak huni bagi masyarakat kabupaten dan kota di Kaltim.

“Pemprov Kaltim telah berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang maksimal terhadap kebutuhan dasar masyarakat, baik sandang, pangan dan papan serta pendidikan dan kesehatan,” kata Gubernur Kaltim  Awang Faroek Ishak, usai meninjau kawasan perumahan lokasi eks kebakaran Pasar Guntung di Kelurahan Guntung Kecamatan Bontang Utara bersama Walikota Adi Dharma dan Wakil Walikota Usro Umarghani, Sabtu (13/8).

Menurut dia, khususnya untuk kebutuhan dasar masyarakat seperti papan atau perumahan yang masuk dalam program prioritas pembangunan di daerah. Sebagai upaya pemerintah untuk memberikan perhatian dalam ketersediaan rumah layak huni.

Bagaimana mungkin ujarnya, masyarakat dapat meningkat taraf hidupnya serta menikmati hidup yang sejahtera kalau tempat tinggal saja dalam kondisi yang tidak layak huni. Bahkan, kondisi ini akan menurunkan kualitas hidup masyarakat yang dikhawatirkan akan berimbas pada kesehatan masyarakat.

Terhadap pembangunan perumahan bagi warga yang terkena bencana maupun membangunkan rumah bagi warga miskin tidak layak huni sudah menjadi tekad pemerintah. Hal ini dapat dilakukan dengan pola pembangunan yang bersinergis antara Pemprov dengan pemerintah kabupaten maupun kota.

Diantaranya, pemerintah kabupaten dan kota menyediakan lahan atau kawasan untuk pembangunan rumah layak huni, sedangkan Pemprov akan menyediakan anggaran untuk  pembangunan fisiknya atau membangunkan rumah layak huni tersebut.

“Misalnya yang dilakukan terhadap korban kebakaran di Kelurahan Guntung Kecamatan Bontag Utara ini. Pemprov Kaltim membangunkan 30 unit rumah layak huni, sedangkan lahannya Pemkot Bontang yang menyiapkannya,” jelasnya.

Hal ini lanjutnya, dapat dilakukan kabupaten maupun kota lainnya. Sebab, sudah menjadi tekad pemerintah untuk meningkatkan sumber daya menusia Kaltim, salah satunya ketersediaan kebutuhan dasar masyarakat berupa rumah layak huni.

“Silahkan Bupati maupun Walikota untuk mengusulkan kepada Pemprov untuk dilakukan pembangunan rumah layak huni bagi warganya. Terlebih dulu dilakukan inventarisasi terhadap rumah-rumah warganya  dari lingkungan  RT secara berjenjang di daerahnya. Selanjutnya secara bersama-sama kita laksanakan program ini. Khusus untuk di Kelurahan Guntung ini sebanyak 30 unit rumah sesuai anggaran 2010 dan dalam alokasi anggaran tahun ini tersedia 60 unit tersebar yang dipruntukkan bagi kabupaten dan kota se-Kaltim,” harap Awang Faroek Ishak.

Dalam kunjungan ke kawasan pematangan lahan dan perumahan lokasi eks kebakaran Kelurahan Guntung, Gubernur bersama jajaran Pemerintah Provinsi Kaltim didampingi Walikota Bontang  H Adi Dharma dan Wakil Walikota Usro Umarghani beserta jajaran Pemkot Bontang berkesempatan bertemu dan berdialog dengan Syahrin Sartono salah seorang penghuni perumahan tersebut. (vb/mas)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.