ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Drainase di Sangatta Bakal Dibenahi

August 5, 2011 by  
Filed under Kutai Timur

SANGATTA- vivaborneo.com, Sepanjang jalan Yos Sudarso dan jalan Pendidikan bakal dibangun drainase yang baik, sehingga air bisa mengalir sesuai yang diharapkan. Langkah ini dimaksudkan untuk membenahi kota Sangatta agar kelak tidak banjir.

Bupati Kutim Isran Noor mengatakan hal itu dihadapan kepala dinas dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD). Orang nomor satu ini meminta kepada dinas dan instansi terkait untuk segera melakukan sosialisasi ini, agar masyarakat mengetahuinya dan mematuhi jika bangunannya nanti terkena pembangunan drainase tersebut.

“Saya minta dinas instansi terkait segera mensosialisasikan hal ini. Sebab, di sepanjang jalan Yos Sudarso dan Jalan Pendidikan banyak bangunan rumah yang tidak mematuhi ketentuan seperti menjorok ke parit dan badan jalan,” kata Bupati Isran Noor.

Dengan dilakukan sosialisasi sejak dini, masyarakat diharapkan mau membongkar bangunannya sendiri, demi kepentingan umum dan kepentingan masyarakat banyak. Jika kota Sangatta tidak ditatak sejak dini, dikhawatirkan tumbuh kumuh dan bisa banjir apabila hujan deras.

Guna mengantisipasi terjadinya banjir dan kota Sangatta terlihat rapi dan bersih serta asri, pembangunan drainase sangat mendesak untuk dilakukan. Pihaknya juga mengimbau kepada seluruh masyarakat yang memiliki bangunan di pinggir jalan, hendaknya mematuhi ketentuan yang berlaku.

Seperti diketahui, di Kutim sudah ada Peraturan Daerah (Perda) tentang Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) nomor 32 tahun 2003. Dalam Perda itu antara lain disebutkan bahwa bangunan yang berada di pinggir jalan harus mematuhi ketentuan yang berlaku.

Saat ini, banyak bangunan di sepanjang jalan Yos Sudarso dan jalan Pendidikan yang menjorok sampai ke badan jalan sehingga menutup drainase. Hal ini menyebabkan terjadinya bajir jika turun hujan dan dapat menganggu aur lalu lintas serta pemandangan menjadi terkesan kumuh.

Isran menginginkan, kondisi jalan Yos Sudarso yang merupakan jantung kota Sangatta serta merupakan jalan utama, perlu dibenahi agar terlihat rapi dan apik. Terutama drainase yang selama ini sebagian buntu dan kurang berfungsi dengan baik. Apabula dibenahi, diharapkan drainase yang ada dapat berfungsi dan air mengalir serta tidak terjadi genangan sampai ke jalan utama. (vb/wr)

Respon Pembaca

Satu Komentar untuk "Drainase di Sangatta Bakal Dibenahi"

  1. andy sangat on Sun, 16th Oct 2011 11:15 am 

    Smoga kutim selalu maju dalam gerak pembangunan,selalu menjaga ekosistim linkungan.Karna apa yg kita nikmati sekarang ini adalah titipan kepada generasi yg akan datang.viva kutim

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.