ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Bupati Kukar Pimpin Peringatan Detik-detik Proklamasi

August 17, 2012 by  
Filed under Kutai Kartanegara

TENGGARONG – vivabrneo.cm, Peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI yang ke 67 tahun ini bertepatan dengan bulan suci Ramadhan. Namun hal ini sedikitpun tidak menyurutkan nasionalisme masyarakat khususnya di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) untuk ikut serta memeriahkan dan memperiangati hari kemerdekaan yang jatuh pada Jumat 17 Agustus 2012. Salah satunya nampak di setiap perkantoran hingga rumah warga, berdiri tiang-tiang bendera merah putih berkibar sambut kemerdekaan.

Di pagi yang cerah seluruh jajaran Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida), terdiri dari Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari, Wakil Bupati HM Ghufron Yusuf, Ketua DPRD Kukar H Awang Yacoub Luthman, Dandim 0906/Tgr Letkol INF Dendi Suryadi, Kapolres Kukar AKBP I Gusti Kade Budhi Harryarsana, Ketua Pengadilan Negeri Tenggarong Rasikin Aziz, Kejari Tenggarong Riwayadi, Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dilingkungan pemkab Kukar serta undangan lainnya berkumpul di halaman Kantor Bupati Tenggarong bersama-sama memperingati detik detik proklamasi Jumat (17/8).

Upacara itu juga diikuti oleh ratusan peserta, mulai dari pelajar tingkat SMP dan SMA, Organisasai Masyarakat/Pemuda, Pegawai Negeri Sipil (PNS), hingga personel TNI dan Polri, Satpol PP.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) peringatan detik detik proklamasi Kemerdekaan RI ke-67 dipimpin Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari, yang berlangsung tertib dan khidmat. Dalam rangkaian itu, dimulai sekitar pukul 09.45 wita, dengan diawali pembacaan naskah Proklamasi oleh Ketua DPRD Kukar Awang Yacoub Luthman, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin Irup Rita Widyasari.

Usai mengheningkan cipta, dilanjutkan dengan pengibaran bendera Merah Putih oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) terdiri dari 38 pelajar SMU/Sederajat 19 putra, 19 putri dari 18 Kecamatan se-Kukar. Para anggota paskibraka tersebut didampingi dari unsur TNI dan Polri yang berjumlah sekitar 26 anggota Alteleri Medan (Armed) dan 25 anggota dari Polres Kukar (Pasukan 45).

Sedangkan petugas yang mengambil bendera pusaka langsung dari tangan Irup Bupati Rita Widyasari adalah Ropika Sari siswi SMAN 1 Sebulu kelahiran 7 Februari 1996. Pelaksanaan pengibaran bendera itu berjalan lancar, hal itu tak lepas dari latihan secara intensif yang dilakukan selama kurang lebih sebulan. (vb/ir)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.