ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Anggota Paskibra Mulai Latihan

August 2, 2011 by  
Filed under Kalimantan Timur

SAMARINDA – vivaborneo.com, Sebanyak 39 orang siswa-siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) dari 14 kabupaten dan kota se-Kaltim masuk dalam pelatihan untuk Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) tingkat Provinsi Kaltim 2011 dalam Peringatan HUT Kemerdekaan Proklamasi Indonesia.

Menurut Asisten IV Bidang Administrasi Umum Sekretariat Provinsi Kaltim  HM Aswin kegiatan pelatihan yang diberikan kepada para calon Paskibra Provinsi Kaltim 2011 ini sebagai upaya untuk memberikan pelatihan fisik sekaligus guna meningkatkan disiplin kepribadian.

“Pelatihan yang diberikan kepada para calon PaskibraKaltim ini memiliki beberapa makna yang pada dasarnya untuk menciptakan pribadi yang berdisiplin tinggi,” kata Aswin, pada Pembukaan Pelatihan Paskibra Tingkat Provinsi Kaltim 2011 di Aula Diklat Dinas Pemuda dan Olahraga Kaltim, Senin (1/8).

Tentunya lanjutnya, pelatihan disiplin ini akan memberikan kesan tersendiri bagi peserta Paskibraka Kaltim yang berasal dari daerah-daerah di Kaltim. khususnya dalam menerapkan pengetahuan dan wawasan yang telah diterimanya selama mengikuti pelatihan kedisiplinan ini.

“Pelatihan ini diharapkan mampu diterapkan secara baik untuk pribadinya maupun orang lain atau masyarakat sebagai contoh yang baik. Untuk jangka pendek pelatihan ini agar sukses dalam mengemban tugas pada hari pelaksanaan 17 Agustus 2011 nanti, sedangkan jangka panjangnya akan memberikan dampak positif bagi diri dan prilakunya yang baik bahkan untuk masyarakatnya, apalagi sebagai calon pemimpin di masa mendatang,” harap Aswin.

Sementara itu Kepala Bidang Kepemudaan Dispora Kaltim Adnandar Samad mengatakan selama dua tahun berturut-turut pelaksanaan pelatihan maupun peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan Indonesia masuk pada bulan Ramadhan.

“Sehingga dalam pelatihan diberikan beberapa pola yang nantinya tidak mengganggu pelaksanaan ibadah puasa bagi peserta calon Paskibra Kaltim 2011 ini. karenanya, untuk pelatihan fisik diberikan pada malam hari setelah sholat Tarawih, sedangkan untuk pada siang hari hanya diberikan pelajaran atau materi tertulis namun sore hari sebelum berbuka puasa diberikan latihan ringan berupa baris-berbaris saja,” ujar Edmunandar Samad.

Peserta atau calon Paskibraka Kaltim 2011 ini berjumlah 39 orang berasal dari masing-masing daerah atau kabupaten dan kota mengirimkan dua orang siswanya, kecuali Samarinda sebanyak 13 orang. sementara itu yang mewakili Kaltim untuk Paskibraka Nasional sebanyak dua orang masing-masing dari Balikpapan dan Kabupaten Kutai Kartanegara satu orang. (vb/mas)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.